Cara lengkap instalasi windows xp sp2

Gue pernah ada masalah ma OS Windows XP gue. Klo saat mulai restart loadingnya lama banget ibaratnya klo gue tinggalin buat mandi dulu ma makan sistem operasi windows masih loading juga. Pernah terpikir mau ganti laptop karena tadinya gue pikir mungkin karena laptop gue sudah di makan zaman. Tapi ada temen yang gue yang bilang mungkin karena OS gue ada masalah, apakah karena kena virus atau hal lain ?.
Nah temen gue anjurin buat instal ulang lagi sistem OS Windows XP gue. Pikir coba pikir ternyata gue ga bisa mikir ya udah gue putusin untuk instal ulang sendiri walaupun pada saat itu gue belum benar - benar paham tentang menginstal Windows di sistem komputer.

Tapi berhubung gue tipe orang yang mau belajar ya gue  nekat aja, option yang ada di kepala gue cuma ada 2 pilihan :
1. Cari tempat/orang yang bisa menginstal OS Windows XP dengan membayar jasa mereka yang lumayan untuk menghargai kemampuan yang mereka kuasai. 
2. Instal ulang sendiri dengan resiko kegagalan dan masalahnya jadi parah.

Mungkin bagi sebagian orang pilhan yang kedua sangat jarang di ambil, mereka cenderung mengambil pilihan pertama karena lebih aman dan apabila terjadi sesuatu yang ga di inginkan mereka bisa claim atas masalah yang terjadi. Dalam situasi ini gue ga menyalahkan orang yang mengambil pilihan pertama untuk rasa aman itu dan gue juga ga mau menutup rezeki orang lain yang bisa mendapatkan uang dari jasa installasi mereka dengan harga yang sepantasnya. Karena gue berpikir kalo ilmu itu mahal,  untuk  mendapatkan keahlian itu mereka rela waktunya tersita agar mereka bisa paham dalam bidang tersebut. Oleh karena sudah sepantasnya jasa mereka dapat di hargai dengan layak.
Tetapi pada saat itu gue ambil pilihan yang kedua, Kenapa.....? kembali ke pemikiran yang gue jelasin di atas bahwa ilmu itu mahal, ( oh jadi gue pelit bayar jasa mereka.......) bukan....bukan....sekali lagi gue tegasin bukan seperti itu maksud gue. Maksud gue seperti ini lo .......gue berfikir klo mereka bisa pastinya gue juga bisa  tergantung bagaimana gue mau belajar. Nah klo gue bisa suatu  saat ada masalah yang sama gue udah mengerti jadi untuk ke depannya gue lebih hemat karena bisa gue selesaikan sendiri dan juga bisa membantu teman yang kebetulan ada masalah yang sama.  Dengan begitu selain menolong diri sendiri juga menolong untuk orang lain, ya syukur - syukur bisa di kasih imbalan ( lumayan lah walau cuma rokok Sampoerna  Mild  1 bungkus ) itu juga ga gue minta  tapi di kasih aja ma teman gue. 
Di saat gue turun gunung untuk mencari ilmu itu, tanpa sengaja di hutan Google gue menemukan sebuah mustika yang sangat berharga di dalam sebuah rumah yang di huni oleh seseorang yang bernama Yustian. Ini alamat lengkapnya ada di gang http://yustian.web.id . Setelah gue temukan mustika itu akhirnya gue mempelajarinya dan langsung mempraktekannya. Bagaimana hasilnya ?.....wah fantastis ternyata sangat mudah karena di lengkapi dengan gambar tutorialnya.
Nah bagi kalian para sobat yang sudah sudi berkunjung ke sini , mustika ilmu itu bisa kalian pelajari juga di sini agar bisa bermanfaat untuk orang banyak.
Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan:
  • Prosesor Pentium 1.5 Ghz/AMD yang setara
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 128 MB
  1. Sebelumnya kamu membutuhkan CD master Windows XP terlebih dahulu kemudian masukan di CDROM/DVDROM kamu. Lalu restart komputer kamu, kemudian nampak tampilan seperti gambar lalu tekan tombol Delete pada keybord agar kamu dapat masuk di BIOS(Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Mainboard harus menekan tombol F2 pada keyboard. Kamu dapat melihatnya pada perintah Press DEL to run Setup.
  2. Lalu kamu akan berada dalam BIOS kemudian pilih Boot pada menu dan pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar.
  3. Setelah itu Kamu merubah [CDROM] pada posisi 1st Boot Device untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- di keyboard.Lalu tekan F10 untuk menyimpan konfigurasi kamu.
  4. Restart komputer tunggu hingga muncul tulisan seperti pada gambar lalu tekan sembarang tombol dengan cepat.
  5. Setelah pada tampilan berikut tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.
  6. Lanjut pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.
  7. Pada gambar posisi partisi belum terisi oleh sistem windows.Tekan C untuk membuat partisi baru pada harddisk dan Enter untuk menginstal.
  8. Lalu masukan berapa besar kapasitas partisi yang ingin kamu buat dalam satuan megabytes(MB) dan tekan Enter untuk membuat partisinya seperti terlihat pada gambar.
  9. Kemudian tekan Enter untuk melakukan proses instal atau Delete untuk menghapus partisi.
  10. Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.
  11. Bila proses instalasi langkah 1 → 10 benar maka akan tampil seperti gambar.
  12. Setelah itu kamu sampai pada layar berikut Click Next.
  13. Lalu isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next.
  14. Disini Kamu akan mengisikan Produk Key atau Serial Number dari type windows Kamu tekan Next lagi.
  15. Isikan nama komputer dan password untuk mengaksesnya lalu tekan Next.
  16. Set Time Zone pada posisi (GMT+80:00) klik Next.
  17. Typical settings: Pada option ini settingan jaringan akan dibuat default windows dan Custom settings: Untuk mensetting jaringan kamu secara manual lalu klik Next.
  18. Bila Kamu terhubung kejaringan local dengan domain pilih option Yes, lalu isi dengan nama DOMAIN yang sama dengan DOMAIN jaringan Kamu dan sebaliknya jika tidak terhubung kejaringan atau terhubung tapi tanpa DOMAIN pilih option No, sekali lagi tekan Next.
  19. Selanjutnya Kamu tinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish juga diminta mengisikan nama kamu. hingga Kamu berada pada tampilan Dekstop Windows seperti ini. Sekarang Kamu tinggal menginstal driver hardware CPU Kamu.
Share this article :
 

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger