Memunculkan hidden/system file (data tersembunyi)

Setelah terinfeksi virus, kadang orang kebingungan mencari file-filenya yang hilang, tetapi ia dapati bahwa space disknya masih berisi atau penuh. Sebenarnya, dalam kasus ini biasanya file tersebut tersembunyi(ter-hidden). Untuk menampilkannya pada explorer, maka kita harus mensettingnya dengan cara:
  • Tools -> Folder Options -> “View”
  • Centang “show hidden files and folders”
  • Uncheck “hide extensions for known file types” dan “hide protected operating system files”, lalu klik “yes”, “apply to all folders”, “apply” dan “OK”.
Cara diatas adalah untuk menset windows explorer supaya bisa menampilkan file dengan sifat hidden dan system, tetapi jika anda melihat properties dari file tersebut, atribut hidden dan system masih ada. Tentu saja, bila anda memakai komputer lain dengan settingan default windows, data tersebut masih tidak terlihat.
Bagaimana mengubah attribut file tersebut?
Gunakanlah fasilitas ‘attrib’ dari CMD, caranya:



  1. klik “run”, dari branch startup windows (icon start windows pojok kiri bawah), atau dengan tombol shortcut ‘Win + R’ (tombol berlambang windows disamping tombol Alt).
  2. Ketik “CMD” (tanpa tanda petik :p), lalu klik OK
  3. Setelah masuk CMD, tulis directory (tempat) yang diinginkan, misalkan drive flashdisk kita didefinisi windows sebagai “F”, maka tulis command “F:” (f titik dua, tanpa titik :p). Lalu ENTER.
  4. Masukkan perintah sebagai berikut 

attrib -r -h -s -a /s /d 
penjelasan:

command attrib berfungsi mengubah attribut file/isi folder yang kita inginkan.
tanda negatif (-) berfungsi menghilangkan status perintah dibelakangnya. (Jika ingin mengaktifkan maka ganti tanda negatif dengan plus (+)
r adalah status ‘read only’
h adalah status ‘hidden’
s adalah status ‘system’
a adalah status ‘archive’
/s adalah fungsi untuk menjangkau file-file sub-directory folder.
/d adalah fungsi untuk menjangkau directory folder.

tunggu sebentar, bila proses selesai lalu close window CMD tersebut. Walhasil file anda sudah muncul kembali seperti semula, selamat mencoba n semoga bermanfaat :D
Share this article :
 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger