Formula excel dengan referensi sel relatif

Posted by Iyan 0 komentar
Untuk melengkapi sekaligus memperbanyak koleksi postingan blog ini terutama tutorial tentang Excel maka untuk tulisan kali ini saya masih membahas tentang penggunaan formula pada excel, mudah - mudahan dapat membantu teman - teman yang baru belajar tentang excel. Melihat judul tulisan kali yaitu bagaimana cara menggunakan formula dengan referensi sel relatif, sebelum masuk dalam pembahasan mungkin tidak ada salahnya saya coba jelaskan sedikit apa arti sel relatif. Sel relatif adalah referensi sel yang jika di salin akan menyesuaikan dengan lokasi hasil sel salinan. Untuk lebih jelas bisa baca artikel tentang sel relatif di artikel ini : Cara Penggunaan Formula Pada Excel.
Ok untuk mengetahui bagaimana caranya menggunakan formula excel dengan referensi sel relatif maka kita coba praktekan langkah - langkahnya :

1. Buatlah workbook baru dengan tabel seperti yang contoh pada gambar di bawah ini :
 

2.Ketikkan formula =B3*C3 pada cel D3, kemudian tekan tombol enter. Sel D3 akan menampilkan nilai hasil dari kolom penjualan sebesar 12.000.0000 yang di peroleh dari hasil perkalian data dalam sel B3 dan C3. 
3. Untuk menyalin perhitungan pada baris selanjutnya, tempatkan pointer pada sel D3, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl+C. Blok range D4:D7 lalu tekan kombinasi tombol Ctrl+V untuk mempaste formula yang tadi sudah di copy. Maka hasil salinan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Bentuk formula hasil salinan dalam sel D4 bukan =B3*C3 melainkan =B4*C4. Hal ini terjadi karena formula hasil salinan menggunakan referensi sel relatif sehingga barisnya di sesuaikan dengan baris pada hasil salinan. Kolomnya tidak mengalami perubahan karena formula di salin pada kolom yang sama. 
Nah bagaimana mudah khan caranya.......? selamat mencoba.......
    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
    Judul: Formula excel dengan referensi sel relatif
    Ditulis oleh Iyan
    Rating Blog 5 dari 5
    Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://iyanzone.blogspot.com/2011/02/bagaimana-cara-menggunakan-formula.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

    0 komentar:

    Post a Comment

    iyans Blog support teknikautocad.Com - Original design by Bamz | Copyright of iyanzone.

    Comment

    MY FRIENDS