Formula excel dengan referensi sel relatif

Untuk melengkapi sekaligus memperbanyak koleksi postingan blog ini terutama tutorial tentang Excel maka untuk tulisan kali ini saya masih membahas tentang penggunaan formula pada excel, mudah - mudahan dapat membantu teman - teman yang baru belajar tentang excel. Melihat judul tulisan kali yaitu bagaimana cara menggunakan formula dengan referensi sel relatif, sebelum masuk dalam pembahasan mungkin tidak ada salahnya saya coba jelaskan sedikit apa arti sel relatif. Sel relatif adalah referensi sel yang jika di salin akan menyesuaikan dengan lokasi hasil sel salinan. Untuk lebih jelas bisa baca artikel tentang sel relatif di artikel ini : Cara Penggunaan Formula Pada Excel.
Ok untuk mengetahui bagaimana caranya menggunakan formula excel dengan referensi sel relatif maka kita coba praktekan langkah - langkahnya :

1. Buatlah workbook baru dengan tabel seperti yang contoh pada gambar di bawah ini :
 

2.Ketikkan formula =B3*C3 pada cel D3, kemudian tekan tombol enter. Sel D3 akan menampilkan nilai hasil dari kolom penjualan sebesar 12.000.0000 yang di peroleh dari hasil perkalian data dalam sel B3 dan C3. 
3. Untuk menyalin perhitungan pada baris selanjutnya, tempatkan pointer pada sel D3, kemudian tekan kombinasi tombol Ctrl+C. Blok range D4:D7 lalu tekan kombinasi tombol Ctrl+V untuk mempaste formula yang tadi sudah di copy. Maka hasil salinan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Bentuk formula hasil salinan dalam sel D4 bukan =B3*C3 melainkan =B4*C4. Hal ini terjadi karena formula hasil salinan menggunakan referensi sel relatif sehingga barisnya di sesuaikan dengan baris pada hasil salinan. Kolomnya tidak mengalami perubahan karena formula di salin pada kolom yang sama. 
Nah bagaimana mudah khan caranya.......? selamat mencoba.......
    Share this article :
     

    Posting Komentar

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

    Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

     
    Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
    Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
    Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
    Proudly powered by Blogger