Bagaimana Cara Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel Dengan Cepat

Pastinya bagi para pekerja profesional ataupun para pengusaha serta wiraswasta sangat sering kali mendengar apa yang namanya data. Data secara umum dan jika boleh gue mendefinisikan maka data adalah suatu informasi yang di dalamnya mengandung informasi - informasi lain yang saling mendukung dan terkait satu dengan yang lainnya sebagai bahan referensi dalam membuat sebuah keputusan. Nah keputusan yang gue maksud di sini dapat di gambarkan lagi secara luas, contoh nya seorang manajer akan melihat dan menganalisa suatu data yang berisi informasi - informasi yang berhubungan dengan ruang lingkup kerja untuk membuat sebuah keputusan penting dengan data tersebut sebagai bahan pertimbangannya setelah menganalisa data tersebut maka seorang manajer akan melakukan perencanaan aktivitas untuk perbaikan di masa depan dengan kata lainnya adalah Activity Plan. Contoh dalam hal penggunaan data sangat lah banyak, dengan pertimbangan tersebut maka sebuah data sangat lah penting. Tapi bagaimanakah caranya mengolah dan menganalisa data tersebut ? ini mungkin pertanyaan yang sering di ucapkan oleh orang - orang yang membutuhkan data ataupun yang sehari - harinya bergelut dengan berbagai data. Nah untuk alasan itulah maka gue coba tulis di sini tentang bagaimana caranya mengolah  dan menganalisa data dari excel dengan cepat ?



Excel adalah sebuah software dari microsoft yang di fungsikan untuk berbagai hal dari perhitungan sampai dengan kebutuhan sebuah database. Jika kita yang kebetulan bekerja pada suatu pekerjaan yang mengharuskan kita untuk mengolah data excel dengan cepat untuk penganalisaan maka pada tulisan gue kali ini gue akan coba bantu untuk mempermudah dan mempercepat kerja kita.

Di dalam excel ada fungsi yang di beri nama pivot, coba lihat gambar karena di tunjukan posisi nya dalam excel.
Ok. pada gambar di atas di tunjukan bagaimana caranya memunculkan icon pivot tersebut, setelah itu pilih range data source nya atau area data mana yang akan kita ambil sebagai data referensinya.
Jika pemilihan data kita sudah benar maka pivot table akan secara otomatis terbuat dengan berdasarkan kategori yang kita pilih. Tapi untuk menggunakan pivot tersebut sesuai dengan apa yang kita harapkan maka kita harus pintar - pintar menentukan jenis kategori apa yang akan di jadikan landasan dalam kita mengolah sebuah data tersebut. Karena setelah kita menentukan data source maka kita akan di minta untuk mengatur format bentuk dari pivot itu sendiri. Untuk penjelasan detail tentang pivot table akan gue kupas tuntas pada tulisan gue selanjutnya......ok selamat mencoba.

    Share this article :
     

    Post a Comment

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

    Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

     
    Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
    Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
    Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
    Proudly powered by Blogger