Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Dalam menggunakan formula, anda di sarankan untuk menggunakan referensi sel. Penggunaan referensi sel mempunyai kelebihan di bandingkan nilai yang di masukan langsung ke dalam formula. Jika ada perubahan nilai dalam referensi sel, formula akan melakukan perhitungan ulang sehingga di hasilkan nilai perhitungan yang baru. Excel mengenal tiga jenis sel yaitu sel relatif, sel semi absolute dan sel absolute,
  • Sel relatif adalah referensi sel yang jika di salin akan menyesuaikan dengan lokasi sel hasil salinan. Misalnya, sel B1 mempunyai referensi sel yang di tulis =A1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 maka sel C2 akan mempunyai referensi sel  =B2 karena kolomnya menyesuaikan satu kolom ke kanan, sedangkan barisnya menyesuaikan satu baris kebawah.  
  • Sel semi absolute adalah referensi sel yang jika di salin akan menyesuaikan dengan baris atau kolom yang tidak terkunci. Baris atau kolom yang terkunci di tandai dengan simbol $ di depan kolom atau baris. Misalnya, sel B1 mempunyai referensi sel yang ditulis =$A1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 akan mempunyai referensi sel =$A2 karena kolomnya terkunci sedangkan barisnya tidak.   
  • Sel absolute adalah referensi sel yang jika di salin tidak akan mengalami penyesuaian karena baris dan kolomnya terkunci. Misalnya, sel B1 mempunyai referensi sel yang di tulis =$A$1. Jika sel B1 di salin ke sel C2 maka sel C2 akan tetap mempunyai referensi sel =$A$1 karena baris dan kolomnya terkunci.
Gunakan tombol F4 pada keyboard untuk mengubah referensi sel menjadi relatif, semi absolut atau absolut. Langkah tersebut di lakukan ketika sel dalam mode edit dan pointer menunjuk pada referensi sel atau range yang akan di ubah.
  1. Tekan kombinasi tombol Ctrl+N untuk membuat workbook baru. Buat data seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

2. Tempatkan pointer pada sel B3. Ketikkan  = kemudian pilih sel B1 menggunakan mouse atau tombol navigasi anak panah pada keyboard. Ketikkan * kemudian pilih sel B2. Jika semua di lakukan dengan benar, dalam sel B3 akan terlihat formula seperti pada gambar di bawah ini.
3. Tekan tombol Enter pada keyboard. Hasil penghitungan akan di tampilkan pada sel B3.
4. Untuk membandingkan dengan nilai yang di masukan langsung ke dalam formula, ketikkan = 2500*10 pada sel B4, kemudian tekan tombol Enter. Perhitungan pada sel B4 akan menghasilkan nilai yang sama dengan hasil perhitungan pada sel B3.
5. Ubah data dalam sel B2 menjadi 20. Hasil perhitungan pada sel B3 akan menyesuaikan dengan data yang baru, sedangkan hasil perhitungan pada sel B4 tetap.
Gambar di atas memperlihatkan hasil perhitungan pada sel B3 akan menyesuaikan.


Share this article :
 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger