Kategori Fungsi Pada Excel

Fungsi Pada Excel

Kategori Fungsi Pada Excel
Excel menyediakan banyak fungsi yang di kelompokkan ke dalam beberapa kategori fungsi antara lain, kategori financial ( keuangan ), Date & Time ( tanggal dan waktu ) Math & Trig ( matematika dan trigonometri ), statistical ( statistik ), Lookup & Reference ( lookup dan referensi ), Database, Text ( teks ), Logical ( logika ), Information ( informasi ) dan Enggineering.
  1. Fungsi financial ( keuangan ) merupakan fungsi untuk menganalisa investasi, obligasi, menentukan besarnya penyusutan nilai sebuah aset, menghitung cash flow ( arus kas ), dan menghitung angsuran pokok dan bunga suatu pinjaman.
  2. Fungsi Date & Time ( tanggal dan waktu ) merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan tahun, bulan, hari, jam, menit, dan detik serta perhitungan yang berkaitan dengan hari kerja.
  3. Fungsi Math & Trig ( matematika dan trigonometri ) merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan yang berkaitan dengan matematika dan trigonometri. Perhitungan yang berkaitan dengan matematika misalnya penjumlahan, pengurangan, perpangkatan, logaritma, akar, menghitung kelipatan serta pembulatan pada angka. Perhitungan yang berkaitan dengan trigonometri misalnya untuk menghitung sudut, sinus, cosinus, tangen.
  4. Fungsi statistical ( statistik ) merupakan fungsi untuk menyelesaikan perhitungan statistik seperti menghitung rata - rata ( mean ), median, standart deviasi dan perhitungan statistik lainnya.
  5. Fungsi lookup & reference ( lookup dan referensi ) merupakan fungsi untuk menampilkan informasi berdasarkan kriteria tertentu suatu tabel.
  6. Fungsi database merupakan fungsi untuk mempermudah perhitungan dan pencarian data dalam sebuah range berbentuk database.
  7. Fungsi Text ( tekx ) merupakan fungsi untuk menampilkan informasi mengenai suatu teks.
  8. Fungsi logical ( logika ) merupakan fungsi untuk melakukan perbandingan dan hubungan logis antara dua kondisi. Hasilnya akan bernilai TRUE ( benar ) dengan nilai 1 atau FALSE ( salah ) dengan nilai 0.
  9. Fungsi Information ( informasi ) merupakan fungsi untuk menampilkan informasi tentang sel atau range, baik dalam hal posisi maupun format yang diterapkan di dalamnya.
  10. Fungsi Engineering merupakan fungsi untuk melakukan proses perhitungan di bidang engineering dan matematika tingkat lanjut.
Share this article :
 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger