Pengertian Formula Dalam Excel

Formula dalam Excel atau biasa juga di sebut rumus merupakan fitur yang di gunakan untuk melakukan perhitungan dalam suatu sel . Suatu formula harus di awali dengan tanda sama dengan ( = ) yang disertai kombinasi Elemen : ( lihat lebih detil: " Aturan Penulisan Formula Dalam Excel " )
Susunan sebuah formula dapat terdiri maksimal 1024 karakter ( Excel 2003 ) atau 8000 karakter ( Excel 2007 ) termasuk tanda sama dengan ( = ), nama fungsi, tanda kurung, argumen ataupun pemisah argumen dan operator - operatornya. Apabila Excel tidak menerima formula yang anda ketikkan, maka excel akan menampilkan nilai error. Berikut nilai error yang di tampilkan Excel apabila terjadi kesalahan penulisan formula :


Secara garis besar Formula pada aplikasi Excel adalah suatu persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Penulisan formula selalu diawali tanda sama dengan dan umumnya melibatkan operator dasar matematika. 
Sebagai contoh, misalkan Anda hendak menghitung 20 + 5 yang hasilnya 25 maka formulanya adalah: =20+5. ( lihat lebih detil: " Aturan Penulisan Formula Dalam Excel " )
Lihat pada gambar 1 dibawah ini: 
Gambar. 1
Penjelasan gambar 1 yaitu : 
  • Area name box yaitu menunjukan lokasi cell aktif D2 tempat kita memasukkan formula untuk melakukan penghitungan operasi matematika. 
  • Kolom Bar yaitu menunjukkan tipe atau jenis penulisan formula yang kita masukkan pada cell yang aktif.
  • Cell aktif yaitu berada pada pertemuan antara kolom D dan baris 2 sehingga disebutkan berada dialamat cell D2 yang menunjukkan hasil dari formula yang kita masukkan. 
Simbol tanda kurung ataupun tanda-tanda lainnya yang umum digunakan dalam operasi matematika juga bisa Anda gunakan pada formula Excel, misalnya: =(20+5)*8 yang hasilnya 200 lihat pada gambar 2 dibawah ini! 

gambar 2
Nilai dalam aplikasi Excel dimuat didalam sel atau range yang memiliki alamat tertentu, oleh karena itu penulisan formula pun umumnya merujuk pada alamat sel-nya dan bukan pada nilainya, misalnya:

=(D2*D3)+(E2/E3)

gambar 3
Atau dalam beberapa kondisi bisa juga Anda kombinasikan antara alamat sel dengan suatu nilai tertentu, misalnya: =(E2+E3)*150 yang hasilnya 750 karena jika kita tuliskan secara operasi matematikanya adalah =(3+2)*150 hasilnya 750. 

gambar 4
Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut mengenai Excel Anda dapat melihat dan membaca pada link ini untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Belajar Excel lihat di sini !!! 


Tertarik dengan tulisan ini, Anda dapat mendownlod gratis di sini 

Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

November 3, 2012 at 10:14 PM

kita juga punya nih artikel mengenai microsoft excel, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3393/1/Anallisys%20And%20Development%20of%20Measurement%20The%20Effectiveness%20of%20Customer%20Relationship%20Management%20Software.pdf
semoga bermanfaat

November 9, 2014 at 9:13 PM

bagaimana cara download file ini

November 9, 2014 at 10:29 PM

Langsung aja klik di gambar download di bagian bawah artikelnya

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger