Cara Membedakan Isi Cell Pada Tabel Excel Dengan Warna

Di dalam excel terdapat banyak fungsi ataupun formula yang bisa kita manfaatkan untuk mengolah data dalam suatu tabel excel. Banyaknya fungsi ataupun formula tersebut sangat berguna bagi kita yang memang selalu berhubungan langsung dengan suatu data atau tabel. Selain fungsi dan formula, kita juga dapat menggunakan fungsi - fungsi lainnya yang sudah di sediakan oleh Excel tanpa kita harus terlebih dahulu mengetik rumus atau pun formula nya ke dalam suatu sel. Fungsi tersebut sudah di sediakan oleh excel di dalam standart toolbarnya, kita hanya tinggal klik dan sedikit memberikan rule di dalam fungsi tersebut agar sesuai dengan apa yang kita harapkan. Salah satu fungsi yang di sediakan yaitu fungsi Conditional Formating. Fungsi ini adalah suatu fungsi yang dapat memberikan format ke dalam suatu cell dengan berdasarkan kondisi yang kita tetapkan. Ok untuk lebih jelasnya, saya akan jelaskan langkah - langkah untuk menggunakannya.
  • Klik Home pada area standart menu toolbar, lihat pada gambar di bawah ini !

  • Sebagai bahan prakteknya, buatlah tabel seperti gambar di bawah ini !

  • Dari contoh tabel di atas kita coba membuat kondisi yang menyatakan isi dalam sel yang bertuliskan buku akan berwarna. Di sini maksudnya adalah apabila suatu kasus di dalam sebuah tabel kita ingin memberikan warna pada isi tabel yang bertuliskan buku sedangkan isi cell yang bertuliskan lainnya tidak berwarna agar kita dapat lebih mudah membedakan data yang satu dengan data yang lainnya. Ikuti instruksi dan panduan yang ditunjukan oleh gambar di bawah ini ! 
  1. Blok area data mana yang akan kita buat Conditional Formatting tersebut
  2. Klik pada icon Conditional  Formatting di area menu toolbar
  3. Klik Highlight Cells Rules
  4. Klik Text That Contains

  • Jika intruksi di atas di ikuti maka muncul seperti gambar di bawah ini :
  • Ketik pada kolom di bawah tulisan Format Cells that contain the text dengan tulisan yang akan anda beri warna. 
  • Klik OK
  • Jika semua petunjuk di atas di lakukan dengan benar maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Cell yang di dalamnya berisi tulisan Buku maka akan secara otomatis akan di berwarna.

 Bagaimana bisa khan mempraktekan nya.....??? Ok selamat mencoba dan semoga berhasil....
Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

28 Maret 2011 pukul 23.38

Tutorial yang menarik dan patut dicoba. Senang sekali masih ada anak anak negeri ini yang senang untuk berbagi bersama dan sesamanya.

28 Maret 2011 pukul 23.42

Niche post gan

29 Maret 2011 pukul 23.53

Terima Kasih juga atas kunjungannya. " Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat berguna bagi semua orang "

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger