Tujuan Pengendalian Persediaan Dalam Industri

Pengadaan sediaan pada umumnya ditujukan untuk memenuhi hal -hal berikut :
  1. Untuk memelihara independensi operasi.  Apabila sediaan material yang diperlukan ditahan pada pusat kegiatan pengerjaan, dan jika pengerjaan yang di laksanakan oleh pusat kegiatan produksi tersebut tidak membutuhkan material yang bersangkutan segera maka akan terjadi fleksibilitas pada pusat kegiatan produksi. Fleksibilitas tersebut terjadi karena system mempunyai sediaan yang cukup untuk menjamin keberlangsungan proses produksi. Akan tetapi, sepanjang di perlukannya penyetelan mesin - mesin untuk tujuan menghasilkan produk yang baru, maka independensi atas alat - alat produksi memungkinkan untuk mempertimbangkan jumlah produksi yang ekonomis. Manajemen dapat memperhitungkan bahan yang di butuhkan untuk melaksanakan produksi yang ekonomis tersebut. Apabila bahan yang di alokasikan tidak selesai di proses dalam waktu yang telah di tentukan, maka akan tercipta persediaan atas produk yang sedang dalam pengerjaan. 
  2. Untuk memenuhi tingkat permintaan yang bervariasi. Apabila volume permintaan dapat di ketahui dengan pasti maka perusaahan memiliki peluang untuk menentukan volume produksi yang sama persis dengan dengan volume permintaan tersebut. Sejalan dengan itu perusahaan tidak perlu menyediakan persediaan pengaman ( safety stock ) yang di perlukan untuk menjawab fluktuasi permintaan. Akan tetapi di dunia nyata, volume permintaan tidak dapat di tentukan dengan pasti. Volume permintaan dapat saja melebihi perkiraan karena keberhasilan dalam aktifitas promosi penjualan. Sebaliknya, volume permintaan dapat pula kurang dari yang diramalkan karena adanya tekanan persaingan yang ketat, rendahnya daya beli masyarakat atau pengaruh faktor musiman. Sehubungan dengan itu, volume permintaan pasar yang di hadapi mempunyai gejala yang berfluktuasi. Untuk menjawab fluktuasi permintaan tersebut, perusahaan perlu mempersiapkan persediaan pengaman.
Share this article :
 

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger