Cara Pindah Hosting Wordpress

Setelah kemarin sempat susah payah mencoba memindahhkan hosting untuk website saya yang beralamat di www.teknikautocad.com, akhirnya sekarang sudah selesai dan website saya sudah bisa diakses lagi. Hal ini bukan tanpa sebab kenapa saya memindahkan hosting saya dari tempat yang lama ke tempat yang baru. Itu karena sedikit ada masalah pada penyedia hosting saya yang lama sehingga saya memutuskan untuk memindahkannya ke penyedia hosting yang lain.
Pada dasarnya memang setiap penyedia layanan hosting mempunyai fasilitas yang berbeda baik dari paket harga yang ditawarkan sampai fasilitas layanan yang bisa dimanfaatkan. Namun apabila layanan yang diberikan oleh si penyedia hosting sudah tidak memuaskan kita apalagi sampai menggangu kinerja dari website kita maka tidak ada salahnya jika kita memilih untuk mengganti atau memindahkan hosting kita agar kinerja dari website kita dapat terus berjalan dengan baik.
Pada artikel ini saya mencoba untuk memberikan pengalaman saya tersebut ketika memindahkan hosting dari tempat yang lama ke tempat yang baru, mungkin saja ada dari pembaca blog ini yang sedang mencari juga informasi bagaimana cara memindahkan hosting walaupun dengan alasan yang berbeda namun saya yakin secara prosesnya untuk memindahkan hosting relatif sama.
Setelah kemaren sempet off 1 hari Alhammdulillah akhirnya hari ini sudah normal lagi, karena kemaren pindah hosting jadi saya pribadi minta maaf jika kemarin ada yang tidak bisa mengakses www.teknikautocad.com Berhubung kemaren sempet ada trouble hosting jadi sebagai pengingat saya atau mungkin sebagai referensi buat sobat yang ingin pindahan website ke hosting baru, terutama yang menggunakan cms wordpress bisa menyimak penjelasan saya dalam post ini.
Cara Pindah Hosting
Untuk cara memindahkan website dari hosting lama ke hosting baru berikut detail prosedurnya :
di Hosting Lama
- Sobat login ke cPanel (control panel) web hosting lama, kemudian masuk ke halaman File Manager dengan memilih File Manager, masuk ke directory penyimpanan websitenya misal letaknya di html_public/namadomain.com
Cara Pindah Hosting Wordpress

- Compress pada bagian wp-content dengan memilih menu Compress disisi kanan atas kemudian pada format .zip (wp-content.zip) click menu download untuk menyimpannya ke dalam pc

- Selanjutnya kembali ke halam utama cPanel, dan pilih PhpMyAdmin click database websitenya kemudian backup, caranya dengan memilih menu Export
di register domain
Bila sobat registrasi domainnya dulu di hosting lama berarti masuk ke client area, pada bagian management domain ganti NS nameserver hosting ke nameserver hosting yang baru, tapi kalau misal reg di godaddy/namecheap berarti tinggal masuk ke account godaddy/namcheap.
misal ; sobat membuatnya di ns1.hostinglama.com ns2.hostinglama.com
Maka di hosting yang baru sobat harus menggantinya
Misal; ns pada hosting baru menjadi seperti dibawah ini :
ns1.hostingbaru.com
ns2.hostingbaru.com
di hosting baru
- Tambahkan nama domain di bagian addon domains pada cPanel hosting baru
- Install website dengan cms wordpress baru seperti biasa, jika sudah upload dan ganti wp-content yang tadi di download, ke directory hosting yang baru (bisa menggunakan Filezilla ataupun langsung upload dari direktory cPanel >> file manager)
- Setelah wp-content di ganti dengan wp-content web lama, selanjutnya adalah memasukkan database yang tadi di backup, caranya pada cPanel sobat pilih menu PhpMyAdmin, pilih database yang tadi barusan di install checklist semua table yang ada didalamnya kemudian hapus/drop. Jika sudah ke hapus semua tabel yang ada di database baru, klik menu Import dan masukkan database lama yang tadi sudah di backup (.sql)
- Jika sudah mengganti bagian wp-config dan database maka insyaAllah akan normal kembali, baik itu kontent maupun pengaturan sebelumnya.

Note : pada saat install wordpress yang baru pastikan name table prefix harus sama dengan nam table prefix yang lama (misal yang lama wp90_, berarti pas install yg baru juga sama wp90_), jika sudah terlanjur install serta mengganti wp-content dan database yang lama, maka sobat masuk ke wp-config.php ganti/sesuaikan name table prefixnya.
Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

June 18, 2016 at 11:49 AM

makasih banyak sudah diberikan pencerahan yah gan

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger