Cara Membuat Combo Box Di Lembar Kerja Excel

Membuat Combo Box Di Lembar Kerja Excel

Combo box adalah sebuah elemen berupa kotak (box) yang memungkinkan kita memilih data dari list yang tersedia. Biasanya tujuan penggunaan Combo Box menu ini adalah untuk mempermudah pengguna saat ingin menginputkan suatu data dari sekumpulan data tertentu tanpa harus mengetikkannya. Dengan menggunakan menu Combo Box ini akan sangat berguna bagi Anda untuk mempercepat proses pengisisan suatu data dalam cell tertentu.

Cara Membuat Combo Box di excel sebenarnya cukup simple dan mudah, namun yang perlu Anda ketahui adalah pemahaman Anda sendiri mengenai fungsi Excel dari perintah combo box itu, karena di setiap kasus soal mungkin akan berbeda-beda sesuai dengan data yang anda butuhkan.
Adapun cara membuat combo box di excel bisa anda baca pada penjelasan berikut ini dan perhatikan serta pahami langkah demi langkahnya :
  1. Untuk menambahkan kotak kombo di Excel 2010 dan Excel 2007, klik tab Pengembang, klik Sisipkan, kemudian klik Kotak Kombo pada Kontrol Formulir. 
    Cara Membuat Combo Box Di Lembar Kerja Excel
  2. Klik lokasi lembar kerja tempat sudut kiri atas kotak kombo yang Anda inginkan, kemudian seret kotak daftar ke tempat sudut kanan bawah kotak kombo yang Anda inginkan. Dalam contoh ini, buat kotak kombo yang mencakup B2:E2.
  3. Klik kanan kotak kombo, dan kemudian klik Kontrol Format.
  4. Ketik informasi berikut, kemudian klik OK:

    • Untuk menentukan kisaran daftar, ketik H1:H20 di kotak Masukkan rentang.
    • Untuk memasukkan nilai angka di sel G1 (tergantung item yang dipilih dalam daftar), ketik G1 di kotak Tautan sel. Catatan Rumus INDEX menggunakan nilai di G1 untuk menghasilkan item daftar yang benar.
    • Di kotak Baris turun-bawah, ketik 10. Entri ini menentukan berapa banyak item yang akan ditampilkan sebelum Anda harus menggunakan bilah gulir untuk melihat item lainnya. Catatan Kotak centang Arsiran 3-D adalah opsional. Fitur ini menambah tampilan tiga dimensi ke kotak turun-bawah atau kombo.

    Kotak turun-bawah atau kombo akan menampilkan daftar item. Untuk menggunakan kotak turun-bawah atau kombo, klik sel mana pun sehingga objek tidak dipilih. Apabila Anda mengklik item di kotak turun-bawah atau kombo, sel G1 akan diperbarui ke angka yang menunjukkan posisi item yang dipilih dalam daftar. Rumus INDEX di sel A1 menggunakan angka ini untuk menampilkan nama item.

Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

July 16, 2016 at 9:21 AM

MAU TANYA KALAU FORMAT MATERIALNYA TARIK DATA DARIMANANYA?

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger