Cara Membuat Tombol Spin Di Lembar Kerja Excel

Membuat Tombol Spin Di Lembar Kerja Excel

Spin Button atau tombol spin dalam bahasa Indonesia memiliki fungsi untuk memudahkan user dalam memilih nilai dalam sekumpulan data. Menekan tombol panah atas berarti menambah nilai, sedangkan menekan tombol panah bawah berarti mengurangi nilai. Range nilai terbesar hingga terkecil di atur pada menu property Max dan Min. Sedangkan besarnya perubahan dari setiap step ditentukan oleh property SmallChange. Yang secara default bernilai 1. Property Delay berfungsi untuk menentukan lamanya perubahan nilai jika kontrol Spin Button di tekan dalam selang waktu yang lama, secara default nilainya adalah 50 ms. Di bawah ini dijelaskan langkah-langkah sederhana untuk membuat kontrol Spin Button :
  1. Untuk menambahkan tombol putar di Excel 2010 dan Excel 2007, klik tab Pengembang, klik Sisipkan, kemudian klik Tombol Putar pada Kontrol Formulir. 
    Cara Membuat Tombol Spin Di Lembar Kerja Excel
  2. Klik lokasi lembar kerja tempat sudut kiri atas kotak putar yang Anda inginkan, kemudian seret kotak daftar ke tempat sudut kanan bawah kotak putar yang Anda inginkan. Dalam contoh ini, buat tombol putar yang mencakup sel B2: B3.
  3. Klik kanan kotak putar, kemudian klik Kontrol Format.
  4. Ketik informasi berikut, kemudian klik OK:
    • Di kotak Nilai saat ini, ketik 1. Nilai ini akan menginisialisasi tombol putar sehingga rumus INDEX akan menunjuk ke item pertama dalam daftar.
    • Di kotak Nilai minimum, ketik 1. Nilai ini membatasi bagian atas tombol putar untuk item pertama dalam daftar.
    • Di kotak Nilai maksimum, ketik 20. Angka ini menentukan jumlah maksimum entri dalam daftar.
    • Di kotak Perubahan kenaikan, ketik 1. Nilai ini mengontrol berapa banyak kontrol tombol putar akan menambahkan nilai saat ini.
    • Untuk memasukkan nilai angka di sel G1 (tergantung item yang dipilih dalam daftar), ketik G1 di kotak Tautan sel.
  5. Klik setiap sel sehingga tombol putar tidak dipilih. Apabila Anda mengklik kontrol naik atau turun pada tombol putar, sel G1 akan diperbarui ke angka yang menunjukkan nilai tombol putar saat ini plus atau minus perubahan kenaikan tombol putar. Angka ini kemudian memutakhirkan rumus INDEX di sel A1 untuk menunjukkan item berikutnya atau sebelumnya. 
Nilai tombol putar tidak akan berubah jika nilainya saat ini 1 dan Anda mengklik kontrol turun, atau jika nilainya saat ini 20 dan Anda mengklik kontrol naik.
Share this article :
 

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger