Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA

Ketika dalam database Excel Anda terdiri dari banyak data (baris) dan kemungkinan terjadinya nilai ganda pasti ada, kecuali Anda membatasi atau menolak nilai ganda pada saat pengentrian data.

Akan tetapi jika sudah terlanjur mengentry data dalam jumlah banyak sedangkan Anda hanya menginginkan 1 (satu) nilai atau data yang unik (tidak ada nilai ganda), maka apakah harus mencarinya satu-persatu ??? Saya yakin pasti membutuhkan tingkat kejelian yang sangat tinggi.

Solusi yang paling tepat untuk kasus seperti di atas adalah menggunakan VBA. Dengan menggunakan kode VBA, pekerjaan yang membutuhkan waktu, kejelian, serta kesabaran tersebut, dapat dilakukan dengan sekejap mata.

Sebagai contoh, lihat ilustrasi berikut ini :
Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA

Dari data tersebut di atas tampak terlihat beberapa data atau nilai yang sama, dan untuk menghapusnya, Anda tinggal memasukkan module berikut ini di jendela VBA Anda.

Option Explicit

Sub HapusDuplikat()

Dim x As Long
Dim LastRow As Long

LastRow = Range("A65536").End(xlUp).Row
For x = LastRow To 1 Step -1
If Application.WorksheetFunction.CountIf(Range("A1:A" & x), Range("A" & x).Text) > 1 Then
Range("A" & x).EntireRow.Delete
End If
Next x

End Sub

Untuk langsung melihat hasilnya, tekan F5 di keyboard Anda, tapi sebelumnya pastikan Macro Excel Anda sedang dalam keadaan aktif (enable)

Catatan :
kode di atas 'hanya' akan menghapus nilai ganda yang terdapat di kolom A saja, artinya jika terdapat nilai ganda di kolom selain A maka kode tersebut tidak akan berhasil, solusinya adalah mengganti huruf "A" dengan huruf lain yang mewakili kolom yang anda inginkan.
Range("A65536") merupakan baris maksimal yang dimiliki oleh Excel versi 2007 ke bawah, jika Anda menggunakan versi 2007 ke atas - ada baiknya Anda menggantinya dengan nilai Range("A1048576")
Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

18 April 2015 pukul 01.25

Terima kasih share ilmunya.
Sangat bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan saya saat ini.
Terutama ilmu yang satu ini, sangat luar biasa --->>> http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html

21 Mei 2015 pukul 08.35

Terima kasih gan ilmunya...http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html?m=1

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger