Latest Post

Pengertian Fungsi Pada Excel

Fungsi Pada Excel

Fungsi merupakan formula siap pakai yang di sediakan excel. Suatu fungsi di buat untuk menyederhanakan perhitungan yang panjang dan rumit. Bentuk penulisan fungsi memiliki susunan aturan yang harus di ikuti. Apabila terjadi kesalahan dalam penulisan fungsi, akan menghasilkan perhitungan yang salah atau error. Berikut aturan susunan sebuah fungsi dalam sebuah formula :

1. Fungsi harus di awali dengan simbol = apabila terletak di bagian depan formula. Fungsi yang terletak di bagian tengah formula tidak perlu di awali simbol sama dengan. =COUNTIF(A1:A5;12)
 

Formula Excel Dengan Referensi Sel Absolute

Excel Dengan Referensi Sel Absolute

Sel absolute yang digunakan dalam formula jika di salin tidak akan mengalami pemyesuaian karena baris dan kolom nya terkunci.
  1. Buatlah workbook baru yang berisi tabel komisi seperti contoh di bawah ini :
 
 

Formula Excel Dengan Referensi Sel Semi Absolute

Sel semi absolute yang di gunakan dalam formula jika di salin akan menyesuaikan dengan baris atau kolom yang tidak terkunci.
Sebagai bahan latihan coba langkah - langkah nya :
1. Buka workbook baru dan buat tabel seperti gambar di bawah ini yang di dalm workbook terdapat daftar tabel harga produk,

 

Cara Pasang Translate Google di Blog


Ada banyak cara agar blog kita banyak di kunjungi terutama dari luar negeri, salah satu nya adalah dengan memasang translate google. Kenapa ? karena dengan memasang translate maka pengunjung yang berkunjung ke blog akan lebih mudah menterjemahkan tulisan yang kita posting di blog dengan bahasa mereka, jadi tidak menutup kemungkinan pengunjung kita pun akan dapat di jangkau oleh orang lain dari negara - negara lain. Cara untuk memasang translate google ke dalam blog kita adalah : 

 

Formula excel dengan referensi sel relatif

Untuk melengkapi sekaligus memperbanyak koleksi postingan blog ini terutama tutorial tentang Excel maka untuk tulisan kali ini saya masih membahas tentang penggunaan formula pada excel, mudah - mudahan dapat membantu teman - teman yang baru belajar tentang excel. Melihat judul tulisan kali yaitu bagaimana cara menggunakan formula dengan referensi sel relatif, sebelum masuk dalam pembahasan mungkin tidak ada salahnya saya coba jelaskan sedikit apa arti sel relatif. Sel relatif adalah referensi sel yang jika di salin akan menyesuaikan dengan lokasi hasil sel salinan. Untuk lebih jelas bisa baca artikel tentang sel relatif di artikel ini : Cara Penggunaan Formula Pada Excel.
Ok untuk mengetahui bagaimana caranya menggunakan formula excel dengan referensi sel relatif maka kita coba praktekan langkah - langkahnya :

 

Cara Penggunaan Formula Pada Excel

Dalam menggunakan formula, anda di sarankan untuk menggunakan referensi sel. Penggunaan referensi sel mempunyai kelebihan di bandingkan nilai yang di masukan langsung ke dalam formula. Jika ada perubahan nilai dalam referensi sel, formula akan melakukan perhitungan ulang sehingga di hasilkan nilai perhitungan yang baru. Excel mengenal tiga jenis sel yaitu sel relatif, sel semi absolute dan sel absolute,
 

Pengertian Formula Dalam Excel

Formula dalam Excel atau biasa juga di sebut rumus merupakan fitur yang di gunakan untuk melakukan perhitungan dalam suatu sel . Suatu formula harus di awali dengan tanda sama dengan ( = ) yang disertai kombinasi Elemen : ( lihat lebih detil: " Aturan Penulisan Formula Dalam Excel " )
Susunan sebuah formula dapat terdiri maksimal 1024 karakter ( Excel 2003 ) atau 8000 karakter ( Excel 2007 ) termasuk tanda sama dengan ( = ), nama fungsi, tanda kurung, argumen ataupun pemisah argumen dan operator - operatornya. Apabila Excel tidak menerima formula yang anda ketikkan, maka excel akan menampilkan nilai error. Berikut nilai error yang di tampilkan Excel apabila terjadi kesalahan penulisan formula :


Secara garis besar Formula pada aplikasi Excel adalah suatu persamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Penulisan formula selalu diawali tanda sama dengan dan umumnya melibatkan operator dasar matematika. 
Sebagai contoh, misalkan Anda hendak menghitung 20 + 5 yang hasilnya 25 maka formulanya adalah: =20+5. ( lihat lebih detil: " Aturan Penulisan Formula Dalam Excel " )
Lihat pada gambar 1 dibawah ini: 
Gambar. 1
Penjelasan gambar 1 yaitu : 
  • Area name box yaitu menunjukan lokasi cell aktif D2 tempat kita memasukkan formula untuk melakukan penghitungan operasi matematika. 
  • Kolom Bar yaitu menunjukkan tipe atau jenis penulisan formula yang kita masukkan pada cell yang aktif.
  • Cell aktif yaitu berada pada pertemuan antara kolom D dan baris 2 sehingga disebutkan berada dialamat cell D2 yang menunjukkan hasil dari formula yang kita masukkan. 
Simbol tanda kurung ataupun tanda-tanda lainnya yang umum digunakan dalam operasi matematika juga bisa Anda gunakan pada formula Excel, misalnya: =(20+5)*8 yang hasilnya 200 lihat pada gambar 2 dibawah ini! 

gambar 2
Nilai dalam aplikasi Excel dimuat didalam sel atau range yang memiliki alamat tertentu, oleh karena itu penulisan formula pun umumnya merujuk pada alamat sel-nya dan bukan pada nilainya, misalnya:

=(D2*D3)+(E2/E3)

gambar 3
Atau dalam beberapa kondisi bisa juga Anda kombinasikan antara alamat sel dengan suatu nilai tertentu, misalnya: =(E2+E3)*150 yang hasilnya 750 karena jika kita tuliskan secara operasi matematikanya adalah =(3+2)*150 hasilnya 750. 

gambar 4
Untuk mengetahui pembahasan lebih lanjut mengenai Excel Anda dapat melihat dan membaca pada link ini untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Belajar Excel lihat di sini !!! 


Tertarik dengan tulisan ini, Anda dapat mendownlod gratis di sini 

 

Cara Instalasi Joomla di 000WebHost

Artikel kali ini akan membahas upload dan instalasi Joomla di 000WebHost. 000WebHost adalah penyedia hosting gratisan. Sebelum melakukan instalasi Joomla di 000WebHost, file-file Joomla terlebih dahulu harus diupload ke server 000WebHost. Cara Upload Joomla di 000WebHost
000WebHost menyediakan fasilitas File Manager di control panel dan FTP. Artikel ini akan membahas cara upload Joomla melalui File Manager 000WebHost.
  1. Login ke control panel 000WebHost
  2. Klik File Manager dan navigasi ke dalam public_html
  3. Klik tombol Upload
  4. Pada bagian sebelah kanan layar (bagian Archives (zip, tar, tgz, gz)) ada tombol Browse yang digunakan untuk memilih file yang hendak diupload, browse dan pilih file installer Joomla. Catatan: Maksimum file yang bisa diupload adalah 5MB per file. Kalau file Joomla lebih dari itu maka harus dipecah dahulu di komputer lokal menjadi 2 file zip.
  5. Klik pada ikon Centang untuk memulai proses upload. Kalau anda browse file yang hendak diupload di bagian Archives (zip, tar, tgz, gz) maka file zip tersebut akan otomatis diekstrak.
Sekarang proses upload telah selesai, silahkan buka web untuk melihat hasilnya dan memulai instalasi.
Cara Instalasi Joomla di 000WebHost
Cara instalasi Joomla di 000WebHost mirip dengan cara instalasi yang telah dijabarkan di halaman ini: Cara Instalasi Joomla! Secara Manual. Bedanya di cara upload dan databasenya.
Setelah selesai upload file Joomla sekarang buat database MySQL di control panel 000WebHost > MySQL
Setelah selesai buat database anda akan memperoleh informasi:
  • Nama database
  • Username database
  • Password database
  • DB Host
Anda tinggal menggunakan informasi tersebut pada saat instalasi Joomla anda.
Dengan artikel ini diharapkan bisa membantu teman-teman yang ingin mencoba hosting gratis sebelum menggunakan hosting yang serius.
 

Cara Upload Joomla Lokal ke Hosting

Tutorial ini diperuntukkan bagi yang telah membangun website Joomla di komputer lokal dan ingin memindahkannya ke server supaya bisa diakses dari internet. Joomla yang digunakan untuk tutorial ini adalah Joomla 1.5.x.
Kendala yang paling sering muncul pada saat upload Joomla lokal ke server hosting terletak pada konfigurasi database MySql. Kami juga telah menyertakan solusi untuk masalah tersebut,
Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk melakukan upload joomla ke server hosting.
Backup Database
Siapkan database Joomla yang ingin diupload dari komputer lokal ke server.  Database web Joomla anda bisa diperoleh dengan cara melakukan backup database.
Membuat Database MySql
Jika anda belum memiliki database di server, silahakan dibuat dahulu. Membuat database MySql bisa dilakukan di cPanel > MySql Database. Dari sana bisa diperoleh:
  • Nama database
  • Username database
  • Password database
list database dan usernamenya
list database dan usernamenya
Import Database MySql
Setelah selesai membuat database dan user sekarang kita harus import hasil backup database lokal ke server hosting. Silahkan ikuti arahan import database MySql ini.
Upload Files
Proses upload file akan memakan banyak waktu. Untuk mempercepat proses upload, sangat disarankan untuk menggunakan FileZilla, aplikasi FTP opensource (gratis).
Silahkan dibaca tutorial step-by-step di bawah ini sebelum melanjutkan:
  1. Instalasi FileZilla
  2. Menggunakan FileZilla
  3. Upload File
NB: Sebelum anda upload file Joomla ke server melalui FTP, sebaiknya anda Zip dahulu file dan direktori Joomla di komputer anda sebelum diupload. Gunakanlah kompresi normal (standar) untuk zip file dan direktori Joomla.
Sekarang upload file zip tersebut ke dalam direktori public_html melalui FTP.
Setelah selesai upload, login ke cPanel > File Manager, cari file yang anda upload (di dalam direktori public_html), klik kanan pada file tersebut dan extract.
extract file
extract file
Setting configuration.php
Upload telah selesai, sekarang tinggal melakukan konfigurasi pada file configuration.php.File configuration.php menyimpan informasi mengenai database, user, password, path dan lain-lain.
Buka cPanel > File Manager anda. Cari configuration.php di direktori Joomla anda. Klik kanan pada file tersebut dan klik Edit.
edit file
edit file
Pada file editor cPanel, cari tulisan sebagai berikut:
Cari Ganti Menjadi
var $host localhost
var $db nama database, bisa diperoleh pada saat membuat database MySql di cPanel > MySql Databases
var $user username database, bisa diperoleh pada saat membuat database MySql di cPanel > MySql Databases
var $password password database, bisa diperoleh pada saat membuat database MySql di cPanel > MySql Databases
var $log_path /home/[username_cPanel]/public_html/[direktori_joomla_kalau_ada]/logs
var $tmp_path /home/[username_cPanel]/public_html/[direktori_joomla_kalau_ada]/tmp
Contoh perubahan konfigurasi yang telah dilakukan:
var $host = 'localhost';
var $db = 'username_database';
var $user = 'username_userDb';
var $password = 'passwordDb';
var $log_path = '/home/usercp/public_html/logs';
var $tmp_path = '/home/usercp/public_html/tmp';
Setelah selesai mengganti konfigurasi, tekan tombol Save Changes.
Silahkan ditest web anda dengan mengakses ke http://namadomain/direktori-joomla.
Error Konesi Database
Jika web Joomla anda muncul pesan:
Database Error: Unable to connect to the database:Could not connect to MySQL
Silahkan baca solusinya di artikel kami Joomla: Tidak Bisa Konek Ke Server Database.
Sekarang anda telah bisa melakukan upload website Joomla di komputer lokal ke server

Daftar hosting gratis
 

PowerSuite 2011

Tingkatkan PC Anda dan tetap berjalan yang terbaik dengan memenangkan penghargaan solusi Kinerja penuh. Penggabungan RegistryBooster, driverscanner dan SpeedUpMyPC bawah antarmuka tunggal, PowerSuite meningkatkan dan melindungi PC Anda, memberikan Anda lebih kecepatan dan stabilitas, serta ahli pemeliharaan kinerja yang mudah digunakan paket.

Dirancang untuk mengurus's komprehensif kinerja komputer Anda, PowerSuite menggabungkan RegistryBooster, driverscanner dan SpeedUpMyPC bawah antarmuka yang seragam, menambahkan fitur scan terjadwal khusus untuk pemeliharaan otomatis.
Dengan tiga penghargaan Uniblue's memenangkan program kerja sama dalam sync, PowerSuite menjamin registri bersih dan defragmented, update driver biasa, dan manajemen sumber daya yang dioptimalkan dan pengaturan sistem.
Setelah memberikan PC Anda dorongan kinerja penuh, PowerSuite dapat menjadwalkan latar belakang tidak mengganggu scan untuk memastikan bahwa sistem Anda terus berjalan yang terbaik.
Download Softwarenya
Download cd key nya 
 

SpeedUpMyPC 2011

Apakah PC Anda mulai lambat? SpeedUpMyPC meningkatkan kecepatan komputer Anda dengan menyesuaikan pengaturan sistem dan meningkatkan pengelolaan sumber daya. Dengan pengaturan yang berbeda begitu banyak, file dan proses untuk memonitor, sulit untuk mengidentifikasi apa yang memperlambat Anda, apalagi menerapkan penyesuaian teknis yang diperlukan untuk memulihkan kecepatan dan kinerja.
SpeedUpMyPC memindai komputer Anda untuk mengidentifikasi proses-proses, file dan pengaturan yang memperlambat Anda, sebelum memegang berbagai alat yang kuat untuk mengoptimalkan sistem Anda untuk meningkatkan kinerja. Dengan kesederhanaan klik, pengaturan jaringan, RAM dan fungsi CPU semua scan, dibersihkan dan disetel untuk kecepatan, sementara file sampah tersebut dihapus untuk ruang. Hasilnya adalah komputer yang bekerja lebih cepat dan lebih baik.


Bagaimana cara kerjanya ????.......klik di sini
 

DriverScanner 2011


Apa yang software ini lakukan?

Masalahnya:
Tua atau driver kuno dapat menyebabkan berbagai masalah, dari fungsionalitas hardware berkurang konflik dan sistem crash. Seperti Windows membutuhkan driver khusus untuk menjalankan hampir setiap bagian dari perangkat keras pada PC Anda, mencatat apa yang perlu diperbarui, mendownload dan kemudian menginstal driver yang tepat bisa menjadi rumit dan teknis merepotkan.

Solusinya:
Dibangun dengan kesederhanaan dalam pikiran, driverscanner memindai komputer Anda untuk memberikan daftar driver yang perlu diperbarui. Dengan kemudahan klik, maka akan aman driverscanner setiap menginstal pembaruan pada PC Anda.

Download Softwarenya


Download Cd Key nya

 Bagaimana cara kerjanya ?........klik link ini

 

istilah-istilah dan fungsi formula excel 2007


Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.  Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan. untuk lebih jelasnya fungsi-fungsi tersebut di sampaikan pada paparan di bawah ini:

Istilah-istilah dalam Excel

  1. Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau text. Contoh : cell A3, cell D5
  2. Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
  3. Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
  4. Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
  5. Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
    • Contoh : cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi B8*6
  6. Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah. 
    • Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
  7. Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
  8. Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
    • Contoh : Holla nama lain range A5:G7
Menulis Rumus

  1. Operasi Logika
    • Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
      • a. = : sama dengan
      • b. > : lebih besar dari
      • c. < : lebih kecil dari
      • d. >= : lebih besar atau sama dengan
      • e. <= : lebih kecil atau sama dengan 
      • f. <> : tidak sama dengan
  2. Menggunakan Fungsi
    • Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().
Fungsi Logika

Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :

  1. 1. Fungsi If :
    • Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
    • Contoh : =If(A5<17,”anak-anak”,”dewasa”)>30,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
  2. Fungsi String : Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
    • Fungsi VALUE : digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya : =VALUE(text)
    • Fungsi FIND : digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
  3. Fungsi MID digunakan untuk mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
  4. Fungsi LEFT atau RIGHT : digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
  5. Fungsi REPLACE : digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter) penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
  6. Fungsi CONCATENATE : digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)

Fungsi Tabel :

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP), penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi yang sering digunakan

  1. Fungsi Sum : Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
  2. Fungsi Average : Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya : =average(number1,number2,…)
  3. Fungsi Max : Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
  4. Fungsi Min: Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
  5. Fungsi Count : Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
  6. Fungsi Stedev : Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…)
  7. Fungsi Var : Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)
 

Sorting and Filling

asic Sorts [basic 
sorts]
Untuk melaksanakan pengurutan secara secara alfabet baik menaik maupun menurun, sorot kolom pada sel yang akan diurutkan klik Sort Ascending (A-Z) atau Sort Descending (Z-A) pada standar toolbar
Complex Sorts
Untuk menyorot berbagai kolom, ikuti langkah berikut :
  1. Sorot sel, baris, atau kolom yang akan disortir.
  2. Pilih Data|Sort dari menu bar.
  3. Dari kotak dialog Sort, pilih kolom pertama untuk disortir dari menu panah bawah menu Sort By dan pilih ascending atau descending.
  4. Pilih kolom kedua dan, jika perlu isi kolom yang ketiga dari menu panah bawah Then By .
 

Formulas and Functions

Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya, tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.
Formulas
Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. "=". Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar. Lihat contoh dibawah untuk melihat tampilan formula untuk kalkulasi harga buku. Formula akan mengalikan dan menjumlahkan jumlah dan harga tiap buku dan memasukkannya dalam total.

 

Arti Rumus Excel & Fungsi Excel

Rumus di Excel adalah rumus matematika yang digunakan untuk menghitung nilai. Dalam penulisannya rumus di Excel harus dimulai dengan tanda sama dengan (=). Rumus excel dalam bahasa inggrisnya excel formula adalah salah satu fitur yang paling berguna dari program excel. Rumus dapat yang sederhana seperti menambah dua angka atau yang lebih kompleks. Setelah Anda mempelajari dasar format membuat rumus, Excel akan melakukan perhitungan semua untuk Anda.

 

Menggunakan Fungsi Dan Formula Excel dalam dunia kerja

Sebagian pengguna Excel menganggap bahwa Formula dan Function merupakan hal yang sama atau sejenis. Padahal Formula ( rumus ) merupakan rumus yang dibuat oleh pengguna, sedangkan function ( fungsi) merupakan suatu rumus tunggal yang sudah di buat oleh Excel dan memiliki fungsi dan maksud tertentu. Suatu formula yang kita buat dapat terdiri atas beberapa fungsi , tetapi sangat tidak mungkin berada dalam fungsi yang sudah ada atau di sisipkan dengan formula yang kita buat ( karena kita tidak bias membuka isi dari fungsi tersebut. Formula bisa berupa perhitungan matematik, membandingkan nilai antar worksheet, atau menggabungkan teks. Formula juga bias berisi referensi ke cell lain yang berada yang berada dalam worksheet yang sama maupun worksheet yang berbeda, tetapi masih dalam satu workbook ataupun dalam workbook yang berbeda.
 

Bagaimana Cara Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel Dengan Cepat Menggunakan Pivot Table

Apabila kita mempunyai suatu data yang berformat file excel dan kita menginginkan untuk cepat mengolah data tersebut sehingga memudahkan pekerjaan kita maka salah satu caranya selain menggunakan formula/rumus yaitu menggunakan fungsi pivot table. Bagaimana caranya menggunakan fungsi pivot table tersebut, ok di tulisan ini akan coba gue jelasin.
Untuk membuat pivot table yang kita inginkan agar dapat mempermudah kita maka ada beberapa tahap yang harus di lakukan, tahapan - tahapannya adalah :

1. Buka file excel yang berisi data - data yang akan kamu olah atau analisa.
2. Klik menu insert pada toolbar yang di beri tanda panah A pada gambar sehingga muncul menu fungsi pivot seperti yang di tunjuk oleh tanda panah B. Lihat pada gambar di bawah ini !!

Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel

3. Setelah tahap kedua di lakukan dengan benar maka akan muncul menu baru yang meminta kita untuk menentukan range data ( area data ) yang akan kita gunakan sebagai dasar pengambilan pivot tersebut untuk mengolah data. Jika dalam satu sheet hanya ada satu tabel saja yang akan kita gunakan sebagai referensi datanya maka agar mempermudah kita sebaiknya letakan kursor pada area paling pojok kanan tabel ( sisi paling pojok kanan setelah tabel data ), Hal ini di maksudkan agar saat kita klik fungsi pivot maka pivot akan otomatis mengambil area tabel data tersebut sehingga kita tidak perlu lagi menentukan area tersebut secara manual. Perhatikan gambar di bawah ini !

Jika contoh di atas kita lakukan maka pivot akan otomatis mensource data berdasarkan kolom tabel yang ada di sisi kirinya, berikut contoh gambarnya di bawah ini !
4. Tahap selanjutnya jika kamu memilih pada area yang di tunjuk tanda panah B adalah new worksheet maka pivot yang kita buat akan di tempatkan pada worksheet yang baru.
Di tahap inilah tahap akhir kita untuk menggunakan pivot agar sesuai dengan kebutuhan kita. Pada area pojok kanan excel kamu ada menu pivot table field list ( tanda panah A ) di area ini kamu di minta untuk menentukan kategori yang akan kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan kamu, berikan tanda pada kolom check list di samping judul masing - masing kategori yang sudah di sediakan. Maksud dari pemberian tanda ini agar kategori itu lah yang nantinya akan di gunakan dalam tabel pivot yang baru dan dapat di olah berdasarkan kebutuhan kita. Setelah tabel pivotnya jadi seperti yang kamu inginkan kan maka agar terlihat lebih cantik maka ubah lah tampilan pivot tersebut dengan klik menu design pada toolbar lalu pilih warna yang sesuai dengan selera kamu..........Bagaimana mudahkan ? Nah silahkan mencoba dan selamat bekerja............
     

    Bagaimana Cara Mengolah dan Menganalisa Data dari Excel Dengan Cepat

    Pastinya bagi para pekerja profesional ataupun para pengusaha serta wiraswasta sangat sering kali mendengar apa yang namanya data. Data secara umum dan jika boleh gue mendefinisikan maka data adalah suatu informasi yang di dalamnya mengandung informasi - informasi lain yang saling mendukung dan terkait satu dengan yang lainnya sebagai bahan referensi dalam membuat sebuah keputusan. Nah keputusan yang gue maksud di sini dapat di gambarkan lagi secara luas, contoh nya seorang manajer akan melihat dan menganalisa suatu data yang berisi informasi - informasi yang berhubungan dengan ruang lingkup kerja untuk membuat sebuah keputusan penting dengan data tersebut sebagai bahan pertimbangannya setelah menganalisa data tersebut maka seorang manajer akan melakukan perencanaan aktivitas untuk perbaikan di masa depan dengan kata lainnya adalah Activity Plan. Contoh dalam hal penggunaan data sangat lah banyak, dengan pertimbangan tersebut maka sebuah data sangat lah penting. Tapi bagaimanakah caranya mengolah dan menganalisa data tersebut ? ini mungkin pertanyaan yang sering di ucapkan oleh orang - orang yang membutuhkan data ataupun yang sehari - harinya bergelut dengan berbagai data. Nah untuk alasan itulah maka gue coba tulis di sini tentang bagaimana caranya mengolah  dan menganalisa data dari excel dengan cepat ?

     

    Cara Menggunakan Filter Pada Excel

    Menggunakan filter pada Excel untuk menyaring data adalah cara cepat dan mudah untuk menemukan dan bekerja dengan subset dari data dalam kisaran sel atau kolom tabel. Di dalam aplikasi Excel ada banyak fungsi yang dapat kita terapkan selain rumus dan formula untuk penghitungan salah satu nya adalah filter. Filter dalam excel jika kita definisikan fungsi nya adalah sebagai tombol penyaring untuk kita memilih data apa yang akan dimunculkan pada suatu tabel dengan kategori yang telah ditentukan. Bagaimana cara membuat fiter tersebut ? ok....sebagai contoh saya coba kasih berikan penjelasannya seperti ini :

    Menggunakan Filter Pada Excel

    Secara definisinya menggunakan filter pada excel yaitu menampilkan data yang disaring hanya pada baris yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan dan menyembunyikan baris yang tidak ingin ditampilkan.(kriteria adalah suatu kondisi yang Anda tentukan untuk membatasi catatan mana yang termasuk dalam hasil set query atau filter.)  Setelah Anda menyaring data, Anda dapat menyalin, menemukan, mengedit, format, grafik, dan mencetak subset data yang disaring tanpa menata ulang atau memindahkannya. 

    Anda juga dapat menyaring lebih dari satu kolom. Filter bersifat aditif, yang berarti bahwa setiap tambahan filter berdasarkan filter saat ini dan selanjutnya mengurangi subset data. 

    Menggunakan AutoFilter, Anda dapat membuat tiga jenis filter: oleh nilai-nilai daftar, berdasarkan format, atau dengan kriteria. Masing-masing jenis filter ini adalah saling eksklusif untuk setiap kisaran sel atau kolom tabel. Sebagai contoh, Anda dapat menyaring berdasarkan warna sel atau dengan daftar nomor, tetapi tidak oleh kedua; Anda dapat menyaring berdasarkan ikon atau penyaring kustom, tetapi tidak keduanya. 

    Catatan penting untuk hasil terbaik, jangan mencampur format penyimpanan, seperti teks dan nomor atau nomor dan tanggal, dalam kolom yang sama karena hanya satu jenis perintah filter tersedia untuk setiap kolom. Jika ada campuran format penyimpanan, perintah yang ditampilkan adalah format penyimpanan yang paling sering terjadi. Sebagai contoh, jika kolom berisi tiga nilai yang disimpan sebagai nomor dan empat sebagai teks, perintah filter yang ditampilkan adalah Text Filter. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengkonversi nomor yang disimpan sebagai teks ke angka dan Konversi tanggal disimpan sebagai teks ke tanggal.

    Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menggunakan filter pada Excel, seperti yang saya tuliskan pada contoh daftar dibawah ini:
    • Filter teks 
    • Filter nomor 
    • Filter tanggal atau waktu 
    • Filter untuk nomor atas atau bawah 
    • Filter untuk di atas atau di bawah angka rata-rata 
    • Filter untuk kosong atau Nonblanks 
    • Filter berdasarkan warna sel, warna font, atau ikon set 
    • Filter oleh seleksi 
    • Ungroup hirarki tanggal dalam menu AutoFilter
    Demikian penjelasannya saya tentang cara menggunakan filter pada Excel dan definisi serta penerapan filter pada aplikasi Excel.

    Untuk lebih jauh memahami program microsoft Excel .... Anda dapat membaca dan mempelajari lagi tulisan-tulisan saya yang lainnya dilink ini " Belajar Excel ". Semoga apa yang sudah saya jelaskan dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi tambahan informasi bagi Anda, jika ada sesuatu hal tentang penggunaan filter dalam Excel yang belum Anda mengerti dan belum pernah saya bahas sebelumnya diblog ini, mohon tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini, agar dapat juga saya segerakan untuk membahasnya pada tulisan-tulisan saya selanjutnya !!! 
       

      Bagaimana SpeedUpMyPC memperbaiki komputer saya?

      SpeedUpMyPC menggabungkan berbagai profesional alat untuk meningkatkan kinerja komputer Anda. Setelah memeriksa sistem anda untuk mengidentifikasi kelemahan sistem yang menyebabkan kemacetan data dan slowdowns, SpeedUpMyPC wields banyak tweak yang ditargetkan meningkatkan sistem pengelolaan sumber daya, mengoptimalkan sistem dan pengaturan jaringan dan menyingkirkan file sampah yang kembung hard drive anda.
      Sekarang ditingkatkan dengan alat kecepatan yang kuat, SpeedUpMyPC juga akan mengatur RAM dan fungsi CPU, mematikan proses background yang tidak perlu dan tugas sinkronisasi untuk eksekusi lebih cepat.
      SpeedUpMyPC PC anda akan memberikan tumpangan komando dalam kinerja dengan keuntungan langsung dalam kecepatan dan responsif. Di atas segalanya, mudah digunakan dan kecepatan up dapat diimplementasikan dalam beberapa klik:
      1. Scan komputer Anda dan SpeedUpMyPC akan memberikan daftar perbaikan yang ditargetkan khusus untuk PC Anda.



      2. Mempercepat PC anda, Klik pada tombol Mempercepat dan prasarana Anda akan melaksanakan dengan cepat dan aman.

      3.  Mengaktifkan alat kecepatan, alat kecepatan Impliment untuk melepaskan kekuatan ekstra.

       



       

      Bagaimana driverscanner memperbaiki komputer saya?

      Memperbarui driver tidak hanya merupakan bagian penting dari perawatan PC tetapi juga merupakan pengobatan lini pertama untuk masalah hardware dan cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan stabilitas komputer Anda dan kinerja. Diproduksi oleh produsen perangkat, driver sangat penting untuk Windows dapat berkomunikasi dengan perangkat keras komputer. Sementara driver generasi pertama dapat dimurnikan dan masalah dikendarai, produsen perangkat sering merilis update driver untuk meningkatkan fungsi perangkat dan menghapus bug dan kesalahan. Dengan demikian, lebih baru driver semakin baik perangkat Anda akan berjalan dan komputer Anda melakukan.
      Meskipun driver dapat diperbarui secara manual, mengidentifikasi usang atau digantikan driver dapat memakan waktu lama. Selain itu, menunjukkan dengan tepat hanya driver yang tepat dari situs web produsen, kemudian men-download dan menginstal dapat melelahkan dan teknis berisiko.
      Dibangun dengan kesederhanaan dalam pikiran, driverscanner membuat driver update cepat dan aman dan semuanya dapat dilakukan dalam beberapa klik mudah:

      1. Scan PC Anda dan akan driverscanner daftar driver usang Anda, menawarkan versi baru yang dikeluarkan oleh produsen perangkat keras.

      2. Download, Anda Download baru driver cepat dan aman.

      3. Update, Instal driver setiap update aman dengan satu klik.

       Untuk mendownload softwarenya silahkan klik link ini  Download 

      Ini no Cd Key registernya  Serial key: DS-G06F4-3F0C0-72B34-03C90-20201-000G0

       

      Uniblue Registry Booster 2010

      Hampir semua PC memiliki registry yang error, tidak sedikit juga aplikasi atau software yang menyediakan fitur untuk memperbaiki registry yang rusak. Uniblue RegistryBooster merupakan salah satu softrware keluaran Uniblue yang dikhususkan untuk memperbaiki registry - registry yang rusak.

      Dengan registry yang rusak akan mempengaruhi performance dari PC tersebut, jadi dengan memperbaikinya secara tidak langsung anda dapat mengembalikan kondisi PC anda seperti semula.
      Uniblue RegisryBooster 2010 ini mendapatkan Gold Certified dari Microsoft, jadi anda tidak usah ragu untuk menggunakan software ini. RegistryBooster 2010 dapat berjalan baik pada sistem operasi Windows XP, vista, dan juga seven.

      RegistryBooster ini dapat men-scan registry dan memperbaikinya dengan cepat, selain itu dapat juga men-defrag registry sehingga dapat meningkatkan performance pc anda. Software ini secara otomatis akan mem-backup registry yang telah diperbaiki, jadi jika ada kesalahan/kerusakan pada sistem, anda dapat me-restore kembali. Gak cuma buat ngebersihin registry aja, software ini bisa juga men-"solve" berbagai masalah dalam komputer yg disebabkan oleh registry yg konflik dan eror. Kamu pernah ga  mengalami komputer kamu tiba2 jadi lambat banget? Atau komputer kamu tiba2 crash dgn sendirinya? Bisa jadi itu karena ada registry yg bermasalah. Tiap kali kamu instal atau uninstal software, atau ubah setingan komputer, registrynya otomatis terupdate dan ada kemungkinan bisa jadi terdapat file berbahaya, registry yg terfragmentasi, dan juga bisa menimbulkan berbagai masalah komputer. Klo lama2 dibiarin kaya gitu, bisa jadi komputer kamu bakal terjadi kegagalan sistem dan berbagai konflik lainnya bakal muncul! Sistem komputer bisa jadi gak terkendali, gak stabil, dan lebih sering crash! Gawat banget kaan? Mau tau solusinyaaa?
      Hanya dgn memakai Uniblue Registry Booster 2010! Maka kamu bisa mencegah atau menyelesaikan berbagai macam konflik di komputer kamu! Mula - mula nya software ini bakal melakukan scan registry dalam komputer kamu, memeriksa kesalahan dan konflik dalam registriy Kemudian software ini bakal ngehapus dan memperbaiki file registry yg gak digunain, file registry yg berbahaya, dan juga file yg rusak biar bisa mengoptimalkan kinerja komputer kamu! Kamu juga bisa scan biasa untuk menjaga registry komputer kamu tetap terjaga dan terstruktur dgn baik supaya gak ada masalah yg bakal muncul di komputer kamu. Mau gimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati kaan? Makanyaa, tunggu apalagi!! Cepat download di sini  biar komputer kesayangan kamu tetep terjaga setiap saat! Nah jika sudah di download dan di instal trus masukan cd key atau serial number nya yang akan saya kashi juga di sini .......selamat mencoba

      Download Sofwwarenya
      Download Cd key
       

      150 tips dan trik dasar Windows

      Setelah menginstalasi Windows dan aplikasi-aplikasi lain yang dibutuhkan ke dalam komputer, ada beberapa hal yang seharusnya Anda lakukan. Di antaranya adalah melakukan beberapa hal untuk mempercepat serta mempermudah kinerja komputer. Misalnya, mengatur agar komputer bisa restart lebih cepat, atau memunculkan menu tersembunyi, menggunakan shortcut untuk akses lebih cepat dan lain sebagainya.
      Semua hal di atas adalah sebagian kecil dari tip dan trik dasar Windows yang kami sampaikan berikut ini. Semua tip dan trik di sini kami padukan menjadi 150 langkah mudah dan aman untuk dilakukan. 150 tip dan trik, termasuk beberapa panduan langkah demi langkah yang mudah berikut ini, akan menjadikan komputer Anda lebih nyaman bekerja. Tentu saja, akhirnya, produktivitas Anda di depan komputer kian berkembang.
      Sebuah komputer yang nyaman saja belum cukup tanpa dibarengi peningkatan sisi keamanan. Hal ini penting, sebab koneksi ke jaringan, Internet maupun ke komputer lain, sedikit banyak pasti berisiko. Mulai dari penyebaran virus hingga pengambilan data kita oleh orang yang tidak berhak. Untuk itu, kami sertakan pula beberapa tip dasar untuk memperbaiki keamanan pada Windows.
      Beberapa tip dan trik maupun panduan langkah demi langkah dalam tulisan ini menggunakan bantuan program tertentu yang bisa di-download dari beberapa situs di Internet. Namun untuk memudahkan Anda, seperti biasa semua program yang disebutkan dalam tulisan berikut ini disertakan dalam CD PC Media. Tentu saja, semua program sudah diuji di labs PC Media.
      Instalasi program yang ada dalam tulisan ini kebanyakan berasal dari situs resmi Microsoft. Sehingga kecil kemungkinannya program-program ini menyebabkan error di PC. Jadi jangan ragu, ikuti terus tip dan trik dasar pada Windows yang jarang terungkap!
      Instalasi Windows yang Mudah dan Menyenangkan
      1. Back-up dahulu registry sebelum diedit. Caranya, klik Start|Run, ketik regedit. Setelah muncul window registry, pilih menu File|Export. Pada bagian Export range, pilih All dan tentukan nama file, akhiri dengan klik tombol Save.
      2. Banyak program yang sebenarnya terinstalasi dalam Windows, namun tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Control Panel|Add/Remove Windows Component dan beri tanda centang pada program yang belum aktif.
      3. Sebelum menginstalasi program baru atau melakukan perubahan setting Windows secara keseluruhan, lebih baik buat Restore Point secara manual dahulu. Caranya, Klik Start|All Programs|Accessories|System Tool|System Restore dan klik Create a restore point.
      4. Jika Anda memutuskan untuk menginstalasi Windows Update yang sebelumnya sudah didecline, masuk ke Control Panel|System, pilih tab Automatic Updates dan klik Restore Declined Updates.
       

      Gratis Tempat Penyimpan Data Secara Online

      Membuat backup data di portable hard drive, flash disk, cd atau pun dvd tentu sudah jamak dilakukan. Untuk data yang dianggap sangat penting ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menyimpan data tersebut secara online. Dengan menyimpan data secara online Anda dapat mengakses data tersebut dari mana saja tanpa perlu selalu membawa flash disk. Anda juga tidak perlu khawatir Anda kehilangan data karena virus atau pun karena media penyimpan yang rusak.
      Berikut ini adalah beberapa situs yang menyediakan layanan penyimpanan data secara online:
      Mozy.com menawarkan tempat penyimpanan secara online dengan kapasitas 2GB untuk versi gratis. Dengan kapasitas sebesar itu Anda dapat menyimpan 200 file MP3 dan 300 foto.
      Fitur yang terdapat pada Mozy versi gratis adalah sebagai berikut:
      • Backup data secara otomatis atau berdasarkan jadwal
      • Enkripsi file pada saat proses backup data
      • Akses file dari desktop Windows maupun Macintosh
      • Kapasitas simpan sebesar 2 GB
      Jika Anda merasa kapasitas sebesar 2GB tidak cukup Anda dapat melakukan upgrade. Dengan biaya sebesar $ 4.95 per bulan Anda mendapatkan kapasitas yang tidak terbatas.
      2. ZumoDrive.com
      ZumoDrive.com menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB untuk versi gratis. Untuk versi berbayar, ZumoDrive.com menawarkan beberapa pilihan paket yaitu mulai dari $2.99 per bulan untuk kapasitas 10 GB.
      ADrive.co menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup fantastis, yaitu sampai 50 GB. Lebih dari cukup kalau sekedar buat backup data penting Anda. Untuk versi gratis tidak support koneksi via FTP dan aplikasi desktop.
      Humyo.com menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 10GB yang dibagi menjadi dua, yaitu 5GB untuk media file dan 5GB lagi untuk non media file. Untuk versi gratis hanya dapat diakses melalui web. Humyo.com merupakan
      perusahaan yang satu grup dengan perusahaan antivirus TrendMicro sehingga dari segi reputasi tidak perlu diragukan lagi.
       

      Bagaimana Memberikan Berbagai Macam Efek ke Foto Dengan FunPhotoBox.com

      Kita dapat menemukan banyak sekali website yang dapat menghibur serta cukup bermanfaat bagi kita. FunPhotoBox.com adalah salah satu dari website semacam itu. Di FunPhotoBox.com, kita dapat memberikan berbagai macam efek kepada foto kita. Contohnya, kita dapat membuat foto kita seakan-akan terpampang di papan iklan, di langit, di majalah, dan sebagainya. Kita juga dapat menambahkan animasi kepada foto kita. Foto yang telah diedit dapat menjadi pajangan yang menarik untuk profil kita di website social networking, atau menjadi wallpaper untuk desktop kita karena FunPhotoBox.com dapat menghasilkan hasil edit foto dengan resolusi yang cukup baik.
      Di FunPhotoBox.com, ada berbagai macam efek yang dapat kita pilih, yaitu face effects, photo effects, animations cards, dan magazines. Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan untuk mengedit foto kita di FunPhotoBox.com. Pertama-tama, kita memilih efek mana yang kita inginkan. Kemudian, kita unggah foto kita. Kita dapat mengunggah foto kita dari komputer, mengambil dari webcam, atau mengambil foto yang sudah kita unggah (bisa di photobucket, website kita sendiri, dsb) dengan memasukkan url foto tersebut. Setelah foto berhasil kita unggah, kita akan sampai pada layar dimana kita dapat menentukan area dari foto kita yang ingin kita beri efek. Setelah kita menentukan area dari foto kita yang ingin kita beri efek dan mengklik tombol GO, kita akan segera mendapatkan hasilnya.
      Setelah kita mendapatkan hasil edit yang dilakukan oleh FunPhotoBox.com, kita dapat langsung menyimpannya di komputer kita, melakukan publish & share, atau mencoba mengedit foto tadi dengan efek lain.
      Memberikan berbagai macam efek kepada foto memang sangat menyenangkan, khususnya bagi orang-orang yang suka memamerkan foto mereka dan ingin terlihat unik. Selamat mencoba!
       

      Upload file pada file manager cPanel (theme x3)

      Upload file website dapat anda lakukan melalui 2 cara yaitu dengan menggunakan file manager pada cPanel hosting dan yang kedua dengan menggunakan ftp.
      Dalam panduan ini akan dibahas bagaimana melakukan upload file dengan menggunakan file manager cPanel dengan theme x3. Sebenarnya caranya sama dengan upload pada cPanel theme x.

      1.
      Pertama login terlebih dahulu pada account hosting anda dengan cara membuka cpanel domain anda, url yang harus anda buka adalah : www.namadomain.com/cpanel, contohnya: jika domain anda adalah idwebhost.com maka alamat cpanel anda menjadi idwebhost.com/cpanel

      2. Kemudian akan muncul popup seperti gambar berikut:

      atau jika anda cancel terlebih dahulu pada pop-up tersebut, maka anda akan mendapatkan halaman login cpanel seperti tampak pada gambar berikut:
      silahkan isikan username dan password seperti yang kami kirim saat pengaktifan order. Jika data tersebut hilang, silahkan minta kembali pada CS kami.
      3. Setelah berhasil login, akan muncul beberapa informasi umum (sebelah kiri) dan icon-icon menu atau fungsi yang dapat anda lakukan pada cPanel. silahkan pilih menu Upload pada kategori files (ditunjukkan pada kotak merah)
      4. Setelah menu upload anda tekan, maka akan muncul pop-up yang menanyakan folder apa yang ingin anda buka. Secara default akan dipilih Web Root (public_htm/www) dan memang jika anda ingin upload file, silahkan lakukan upload pada folder tersebut.Tekan tombol Go di bagian bawah (kotak merah) dan anda akan dibukakan halaman file manager pada tab/window baru.


       5. Halaman file manager ini terdiri dari beberapa bagian, dibagian bawah sebelah kiri ada hierarki folder (kotak biru) atau directory pada server hosting anda, kemudian disebelah kanan adalah tampilan detail isi folder (berupa file dan folder) dari folder hierarki yang anda pilih di sebelah kiri, sedangkan dibagian atas adalah fungsi yang bisa anda lakukan dari file manager, salah satunya adalah untuk Upload (kotak hijau).
      Tekan tombol Upload tersebut dan anda akan kembali dibukakan tab baru yang berisi form upload file. Anda juga dapat menentukan peletakan upload file anda dengan memilih nama folder pada hierarki folder sebelah kiri terlebih dahulu.


       6. Form upload file ini tampilannya adalah sebagai berikut:
      silahkan pilih file yang ingin anda upload melalui tombol browse, anda juga dapat mengetikkan alamat file langsung pada kotak yang telah disediakan. Lakukan berulang-ulang pada kotak yang disediakan pada form upload tersebut.
      Jika anda merasa kurang dengan kotak yang disediakan, silahkan tambahkan dengan menekan tombol Add another upload box. Proses upload akan langsung dilakukan begitu anda selesai memilih file.

      7.
      Proses upload yang telah selesai akan ditunjukkan dengan progress bar yang penuh (kotak biru) dan kotak yang digunakan untuk menempatkan alamat kembali kosong dan dapat anda gunakan untuk memasukkan alamat file lain yang akan anda upload.


      Catatan: file akan diupload pada alamat atau folder yang sama. jika anda menghendaki melakukan upload pada folder yang bebeda, silahkan kembali ke langkah 5 dan lakukan upload seperti yang telah anda lakukan sebelumnya.

      8.
      Setelah proses selesai dilakukan, anda dapat menutup form upload dengan menekan link back to /home/ di bagian tengah bawah. Dan anda dapat melihat bahwa file yang telah anda upload akan tertampil pada halaman detail isi folder seperti pada gambar berikut:
      Itu tadi adalah cara yang dapat digunakan untuk melakukan upload melalui file manager cPanel.
       
       
      Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
      Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
      Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
      Proudly powered by Blogger