Latest Post

5 Tips untuk Memilih Topik Blog

5 Tips untuk Memilih Topik Blog
Pilih Subjek untuk Sukses Blogging Jangka Panjang. 
Membangun sebuah blog yang sukses adalah komitmen dalam waktu dan usaha. Ikuti lima tips untuk memilih topik untuk menulis tentang sesuatu di blog Anda yang akan menempatkan Anda pada jalur untuk mencapai tujuan blogging Anda.

  1. Pilih Topik Yang Membuat Anda Bergairah. Sebuah blog yang sukses sering diperbarui (sering beberapa kali sehari). Jika blog Anda memiliki kesempatan untuk sukses, Anda perlu menjaga konten yang segar, yang berarti Anda harus terus-menerus memperbarui blog Anda. Pastikan Anda memilih topik untuk blog Anda bahwa Anda merasa kuat tentang dan benar-benar menikmati. Jika tidak, menulis tentang hal itu akan terasa basi sangat cepat. Anda harus mampu untuk tetap termotivasi tentang topik blog Anda untuk waktu yang lama.
  2. Pilih Topik Yang Ingin Anda Diskusikan dengan Orang Lain. Blog yang sukses membutuhkan dua arah percakapan antara Anda (blogger) dan audiens Anda (pembaca Anda). Sebagai pembaca meninggalkan komentar di blog Anda atau email Anda untuk mendiskusikan posting Anda secara rinci lebih lanjut, Anda harus responsif dan mau menerima mereka. Sukses jangka panjang blog Anda akan tergantung pada rasa komunitas Anda dapat membuat sekitarnya nyaman.
  3. Pilih Topik Yang Anda Tidak Ingin Berdebat Pikiran dengan Orang Lain. Blogoshpere ini terdiri dari orang-orang dari semua lapisan masyarakat dengan berbagai pendapat. Seperti blog Anda tumbuh, semakin banyak orang akan menemukannya, dan beberapa orang-orang mungkin tidak setuju dengan semua yang anda tulis. Blogger sukses senang mendiskusikan topik blog mereka dari semua sudut dan menghargai perdebatan yang sehat. 
  4. Pilih Topik Anda Tentang Yang Tidak Terlalu Sensitif . Seperti blog Anda tumbuh dan lebih banyak orang menemukannya, banyak cenderung untuk tidak hanya tidak setuju dengan Anda, tapi benar-benar tidak setuju begitu kuat dengan Anda bahwa mereka bisa menyerang Anda secara pribadi. Anda perlu memiliki kulit tebal untuk menangkis serangan pribadi dan untuk menentang pendapat tersebut.
  5. Pilih Topik Anda Yang Senang Meneliti. Blogosphere terus berubah dan salah satu aspek yang paling unik dari blog adalah kemampuan mereka untuk menyediakan konten yang segar, konten yang bermakna dan diskusi tentang berbagai topik. Agar blog Anda untuk menjadi sukses, Anda perlu untuk menikmati membaca tentang topik blog Anda dan menjaga dengan berita dan kejadian terkini yang berkaitan dengan itu sehingga memungkinkan Anda untuk menyimpan konten blog Anda menarik dan relevan bagi pembaca.
 

5 Alasan Teratas Mengapa Orang Membuat Blog

Alasan Orang membuat blog
Mengapa Blog? Pelajari Alasan Paling Umum Mengapa Orang membuat Blog. 
Ada banyak alasan mengapa orang membuat blog, tetapi kebanyakan blogger mengutip salah satu dari lima alasan yang paling populer untuk blog sebagai katalis yang memotivasi mereka untuk memulai sebuah blog dan untuk menjaga ngeblogging bulan demi bulan. Sementara blog dapat ditulis tentang topik apapun, alasan mengapa blogger mulai ngeblog biasanya mendarat di salah satu dari lima alasan yang diuraikan di bawah. Bagaimana dengan sahabat blogger ? Termasukkah dalam lima alasan dibawah ini ?

Sebelum Anda memulai sebuah blog, luangkan waktu untuk mempertimbangkan alasan mengapa Anda ingin menjadi seorang blogger. Apa tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda untuk blog Anda? Pastikan alasan mengapa Anda ingin blog sesuai dengan tujuan blog Anda, atau Anda tidak akan mampu menjaganya dan malah mengaduk-aduk kualitas konten blog Anda yang akan menyebabkan blog Anda gagal.
  1. Blogging untuk Hiburan dan Kesenangan. Ada sejumlah besar blog yang diciptakan tanpa alasan lain selain untuk memungkinkan blogger untuk bersenang-senang atau untuk menghibur orang. Blog Humor, blog selebriti, blog hiburan, blog olahraga, blog seni, blog hobi, dan banyak blog lainnya, dan kebanyakan blog pribadi jatuh ke dalam kategori blogging untuk hiburan dan menyenangkan. Banyak blog foto juga dibuat untuk kesenangan dan hiburan, juga. 
  2. Blogging untuk Jaringan dan Pengekspos. Beberapa orang memulai sebuah blog sehingga mereka dapat memperluas kesempatan jaringan mereka dengan rekan-rekan profesional. Melalui blog mereka, mereka dapat membangun keahlian mereka dan memperluas jangkauan online mereka. Blogging memberikan mereka kesempatan untuk mengekspos konten mereka ke khalayak yang lebih luas, yang dapat menyebabkan bisnis dan peluang karir. Sebagai contoh, seorang konsultan bisnis mungkin memulai sebuah blog untuk mendapatkan lebih banyak eksposur untuk karyanya dan keterampilan, yang dapat menyebabkan klien baru. Bergantian, karyawan manajemen menengah di sebuah perusahaan besar mungkin memulai sebuah blog untuk menunjukkan pengetahuan dan keahlian dan menggunakan konten itu sebagai cara untuk berhubungan dengan rekan-rekan di luar perusahaannya, eksekutif, mempekerjakan manajer, dan banyak lagi. Usahanya dapat menyebabkan kesempatan kerja baru yang fantastis, terutama jika ia mengintegrasikan upaya blogging-nya dengan upaya jejaring sosialnya di situs seperti LinkedIn dan Twitter
  3. Blogging untuk bisnis atau sebuah Sebab. Beberapa blog yang dibuat untuk mendukung sebuah organisasi bisnis atau non-profit. Apakah atau tidak isi blog secara langsung atau tidak langsung mempromosikan bisnis, amal, produk, atau layanan tidak masalah. Yang penting adalah bahwa blog tersebut terkait dengan website bisnis atau amal dan memungkinkan bisnis atau amal untuk berbagi informasi, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas jangkauan merek di seluruh web. Bisnis dan blog amal adalah alat yang fantastis untuk melompat memulai berbagi media sosial dan word-of-mouth marketing.
  4. Blogging untuk Jurnalisme. Banyak orang memulai blog sehingga mereka dapat bertindak sebagai jurnalis warga. Mereka menulis tentang lokal, regional, nasional, maupun global berita dengan tujuan berbagi informasi berita dengan khalayak mereka. Sukses blog citizen journalism seringkali blog niche yang fokus pada topik yang sempit daripada semua berita. Sebagai contoh, sebuah blog yang didedikasikan untuk meliput berita untuk pemerintah negara tertentu akan menjadi blog jurnalisme. Seringkali blogger berita akan merasa penuh semangat tentang jenis berita yang mereka terbitkan, dan itu adalah bahwa semangat yang memotivasi mereka untuk terus mempublikasikan konten baru setiap harinya. 
  5. Blogging untuk Pendidikan. Beberapa blog yang dimulai sebagai cara untuk mendidik orang-orang tentang topik tertentu. Misalnya, bagaimana blog untuk terfokus pada mengajar orang bagaimana untuk memulai bisnis yang sukses atau bagaimana menggunakan mesin pencari optimasi untuk meningkatkan kunjungan ke situs akan menjadi blog pendidikan. Tidak peduli tentang topik apa yang blogger tulis, selama tujuan blog ini adalah untuk mendidik penonton.
Nah bagaimana dengan sahabat blogger yang berkunjung kesini, adakah sala satu dari lima alasan ini yang termasuk dalam alasan sahabat blogger untuk membuat blog bahkan mampu memotivasi semangat sahabat untuk terus blogging ?
 

10 Alasan untuk Memulai Blog

10 Alasan untuk Memulai Blog

Mengapa Kamu Harus Memulai Blog?

Blogging menjadi lebih dan lebih populer sehari-hari. Jika kamu bergabung blogosphere? Lihatlah daftar ini untuk membantu kamu membuat keputusan tentang blogging.

  1. Untuk Mengexpressikan Pikiran Kamu dan Pendapat Kamu. Kamu memiliki sesuatu untuk dikatakan, dan blog menyediakan tempat untuk mengatakannya dan didengar.
  2. Untuk Pasar atau Mempromosikan Sesuatu. Blogging adalah cara yang bagus untuk membantu memasarkan atau mempromosikan diri Anda atau bisnis Anda, produk atau jasa. 
  3. Untuk Membantu Orang. Banyak blog yang ditulis untuk membantu orang-orang yang mungkin akan melalui situasi yang sama bahwa yang telah dialami oleh blogger. Banyak blog orangtua dan yang berhubungan dengan kesehatan yang ditulis untuk tujuan ini.
  4. Untuk Membangun Diri sebagai seorang Ahli. Blog adalah alat yang indah untuk membantu blogger membangun diri sebagai ahli dalam bidang atau topik. Misalnya, jika kamu mencoba untuk mendapatkan pekerjaan di bidang tertentu atau berharap untuk menerbitkan sebuah buku tentang topik tertentu, blogging dapat membantu melegitimasi keahlian kamu dan memperluas kehadiran online kamu dan platform kamu. 
  5. Untuk Terhubung dengan Orang Yang Menyukai Kamu. Blogging membawa orang yang berpikiran sama. Memulai sebuah blog dapat membantu kamu menemukan orang-orang dan berbagi pendapat dan pikiran.
  6. Untuk Membuat Perbedaan. Banyak blog makna-isu berbasis blogger sedang mencoba untuk memberikan informasi untuk mempengaruhi pemikiran orang dalam arah tertentu. Banyak blog politik dan isu-isu sosial blog yang ditulis oleh blogger yang mencoba untuk membuat perbedaan dalam cara mereka sendiri. 
  7. Untuk Tetap Aktif atau Knowledgeable di Lapangan atau Topik. Sejak sukses blogging sebagian tergantung pada frekuensi posting dan memberikan update, informasi segar, ini adalah cara sempurna untuk membantu blogger tetap mengikuti peristiwa dalam bidang atau topik tertentu. 
  8. Untuk Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga. Dunia telah menyusut sejak Internet telah menjadi lebih mudah diakses. Blog menyediakan cara sederhana untuk keluarga dan teman-teman untuk tetap terhubung dari berbagai belahan dunia dengan berbagi cerita, foto, video dan banyak lagi.
  9. Untuk Menghasilkan Uang. Sangat penting untuk menunjukkan bahwa kebanyakan blogger tidak menghasilkan banyak uang blogging, tetapi potensi itu ada untuk menghasilkan pendapatan dari blog Anda dengan kerja keras dan komitmen. Ada banyak blogger yang membawa uang besar. Dengan kesabaran dan praktek, Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan dan kegiatan yang menghasilkan pendapatan lain di blog Anda.
  10. Untuk Bersenang - senang  dan Menjadi Kreatif. Banyak orang memulai sebuah blog hanya untuk bersenang-senang. Mungkin blogger adalah penggemar aktor tertentu atau mencintai merajut dan ingin berbagi semangat melalui blog. Salah satu kunci yang paling penting untuk sukses blogging adalah memiliki hasrat tentang topik blog Anda, sehingga Anda dapat menulis prolifically tentang hal itu. Beberapa yang terbaik dan paling menarik blog dimulai sebagai blog yang ditulis hanya untuk menyenangkan dan untuk memberikan blogger outlet kreatif.
 

15 Tips untuk Meningkatkan Traffic Blog

Cara Sederhana Mendapatkan Blog Anda terlihat di Blogosphere. 
Blogosphere adalah dunia yang besar dan sibuk dengan lebih dari 100 juta blog dan berkembang. Bagaimana Anda menarik pengunjung ke blog Anda? Ikuti tips sederhana untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda.
15 Tips untuk Meningkatkan Traffic Blog
  1. Menulis yang baik dan seringlah menulis. Sering memperbarui blog Anda dengan konten yang bermanfaat adalah langkah pertama untuk membangun kembali pemirsa blog Anda. Konten yang Anda tulis adalah apa yang akan membuat pembaca datang untuk kembali lagi. Pastikan Anda memiliki sesuatu yang berarti untuk mengatakan kepada mereka dan mengatakan itu sering untuk menjaga kepentingan mereka dan menjaga mereka setia. Selain itu, sering posting untuk meningkatkan jumlah peluang yang Anda miliki untuk konten blog Anda untuk diperhatikan oleh mesin pencari seperti Google atau Technorati.
  2. Submit Blog Anda ke Search Engine. Dapatkan pada layar radar untuk mesin pencari populer seperti Google dan Yahoo! dengan mengirimkan URL blog Anda kepada mereka. Kebanyakan mesin pencari menyediakan 'Kirim link' (atau yang serupa) untuk memberitahukan mesin pencari blog baru Anda, sehingga mesin pencari akan merangkak dan termasuk halaman Anda dalam hasil mereka. Sangat penting untuk memahami bahwa hanya mengirimkan blog Anda ke mesin pencari tidak berarti halaman Anda akan muncul di bagian atas layar hasil pencarian Google, tapi setidaknya blog Anda akan dicantumkan dan akan memiliki kesempatan yang ditangkap oleh mesin pencari.
  3. Gunakan dan Perbarui Blogroll Anda. Dengan menambahkan link ke situs Anda seperti di blogroll Anda, pemilik blog tersebut akan menemukan blog Anda dan akan cenderung untuk menambahkan link timbal balik dalam blogrolls mereka. Ini cara mudah untuk mendapatkan link ke blog Anda di depan banyak pembaca di blog lain. Harapannya adalah bahwa beberapa dari para pembaca akan mengklik link ke blog Anda di blogroll blog lain dan menemukan konten Anda menarik dan menyenangkan mengubahnya menjadi pembaca setia.
  4. Memanfaatkan Kekuatan Komentar. Mengomentari adalah alat sederhana dan penting untuk meningkatkan traffic blog Anda. Pertama, menanggapi komentar kiri pada blog Anda untuk menunjukkan pembaca Anda bahwa Anda menghargai pendapat mereka dan menarik mereka ke dalam percakapan dua arah. Hal ini akan meningkatkan loyalitas pembaca. Kedua, meninggalkan komentar di blog lain untuk mengarahkan lalu lintas baru. Pastikan Anda meninggalkan URL blog Anda di komentar Anda, sehingga Anda membuat link kembali ke blog Anda sendiri. Banyak orang akan membaca komentar kiri pada posting blog. Jika mereka membaca komentar sangat menarik, mereka sangat mungkin untuk mengklik link untuk mengunjungi website commentor itu. Sangat penting untuk memastikan Anda meninggalkan komentar yang berarti yang mungkin untuk mengundang orang untuk mengklik link anda untuk membaca lebih lanjut.
  5. Syndicate Blog Anda Konten dengan RSS Feed. Menyiapkan tombol RSS feed di blog Anda membuatnya mudah bagi pembaca setia Anda untuk tidak hanya membaca blog Anda tetapi juga tahu ketika Anda mempublikasikan konten baru.
  6. Gunakan Link dan Trackbacks. Link adalah salah satu bagian yang paling kuat dari blog Anda. Tidak hanya adalah link diperhatikan oleh mesin pencari, tetapi mereka juga bertindak sebagai ketukan di bahu untuk blogger lain yang dapat dengan mudah mengidentifikasi yang menghubungkan ke situs mereka. Menghubungkan membantu untuk mendapatkan Anda perhatikan oleh blogger lain yang mungkin untuk menyelidiki situs yang terhubung ke mereka. Hal ini dapat menyebabkan mereka untuk menjadi pembaca baru blog Anda atau untuk menambahkan link ke blog Anda dari mereka. Anda dapat mengambil link ke blog lain selangkah lebih maju dengan meninggalkan trackback pada blog lain untuk membiarkan mereka tahu Anda telah terhubung ke mereka. Blog yang memungkinkan Pelacakan akan menyertakan link kembali ke blog Anda di bagian komentar dari posting yang awalnya Anda terhubung ke. Orang-orang melakukan klik pada link Pelacakan!
  7. Tag Posting Anda. Dibutuhkan beberapa detik ekstra untuk menambahkan tag untuk setiap posting blog Anda, tapi itu worth the time dalam hal lalu lintas tambahan tag dapat berkendara ke blog Anda. Tags (seperti link) mudah terlihat oleh mesin pencari. Mereka juga kunci untuk membantu pembaca menemukan blog Anda ketika mereka melakukan pencarian di search engine blog populer seperti Technorati.
  8. Kirim Tulisan Anda ke Situs Social Bookmarking. Mengambil waktu untuk mengirimkan posting Anda terbaik untuk situs bookmark sosial seperti Digg, StumbleUpon, Reddit dan lebih dapat menjadi cara sederhana untuk cepat meningkatkan lalu lintas ke blog Anda.
  9. Ingat Search Engine Optimization. Ketika Anda menulis posting blog Anda dan halaman, ingat untuk mengoptimalkan halaman Anda untuk mesin pencari untuk menemukan mereka. Sertakan kata kunci yang relevan dan link tetapi tidak membebani posting Anda dengan terlalu banyak kata kunci yang relevan atau kata kunci sama sekali tidak relevan. Melakukan sehingga dapat dianggap spamming dan bisa memiliki hasil negatif seperti blog Anda yang dihapus dari pencarian Google sepenuhnya. 
  10. Jangan Lupakan Gambar. Gambar tidak hanya membuat blog Anda terlihat cantik, mereka juga membantu orang menemukan Anda dalam daftar mesin pencari. Orang sering menggunakan pencarian gambar yang ditawarkan oleh Google, Yahoo dan mesin pencari lainnya, dan penamaan gambar Anda dengan optimasi mesin pencari dalam pikiran dapat dengan mudah meningkatkan lalu lintas Anda.
  11. Pertimbangkan Guest Blogging. Blogging tamu dapat dilakukan ketika Anda menulis posting tamu di blog blogger lain atau ketika blogger lain menulis posting tamu di blog Anda. Kedua metode cenderung untuk meningkatkan lalu lintas sebagai blog Anda akan terkena penonton blogger lain. Banyak blogger lain pembaca akan mengunjungi blog Anda untuk melihat apa yang Anda katakan.
  12. Gabung Forum, Web Rings atau Grup online. Cari forum online, web ring, kelompok atau situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn, dimana Anda bisa berbagi ide dan mengajukan pertanyaan dari individu dan dari hati ke hati. Menambahkan link ke blog Anda di baris tanda tangan Anda atau profil, sehingga setiap kali Anda posting di forum atau berpartisipasi dalam jaringan secara online yang lain, Anda secara tidak langsung mempromosikan blog Anda. Kemungkinan banyak orang akan mengklik link tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda.
  13. Promosikan luar Blog Anda. Mempromosikan blog Anda tidak harus berhenti ketika Anda melangkah di luar blogosphere. Tambahkan URL blog Anda ke email signature dan kartu bisnis Anda. Bicara tentang hal ini dalam percakapan offline. Sangat penting untuk mendapatkan nama Anda dan URL blog Anda untuk diperhatikan secara offline, juga.
  14. Nominasikan Diri dan Blog lain untuk Awards Blog. Ada beberapa blog penghargaan diberikan sepanjang tahun. Mencalonkan diri sendiri dan blog dan blogger lain bisa menarik perhatian ke blog Anda dan mengarahkan lalu lintas ke sana.
  15. Jangan Jadi Pemalu. Bagian paling penting dari blogosphere adalah komunitas dan banyak kesuksesan Anda sebagai seorang blogger akan dikaitkan dengan kesediaan Anda untuk jaringan dengan komunitas tersebut. Jangan takut untuk bertanya, bergabung dengan percakapan atau hanya menyapa dan memperkenalkan diri. Jangan duduk kembali dan berharap dunia online akan menemukan Anda. Berbicara dan mendapatkan diri Anda melihat. Biarkan blogosphere tahu Anda telah tiba dan memiliki sesuatu untuk dikatakan!
 

Sekilas Tentang Posting Blog

Posting Blog

Pengenalan Posting Blog 

Sebuah posting blog adalah bagian yang paling penting dari blog Anda. Posting blog Anda adalah entri yang mengambil setidaknya 75% dari ruang layar di situs blog Anda. Blog posting muncul dalam urutan kronologis terbalik, sehingga blog Anda tetap tepat waktu, segar dan bermakna bagi pengunjung. Ini konten Anda saat ini (dalam bentuk posting blog) yang akan membuat pembaca datang kembali ke blog Anda lagi dan lagi untuk membaca apa yang Anda katakan tentang topik blog Anda. 

Judul Posting Blog.

Judul posting Blog Anda pada dasarnya adalah informasi utama. Hal ini dimaksudkan untuk memikat pembaca dan menarik mereka untuk membaca lebih lanjut. Pada saat yang sama, judul blog adalah alat yang berguna dalam hal optimasi mesin pencari. Judul mesin pencari nilai kuat dalam peringkat hasil dan menggunakan kata kunci populer dalam judul blog Anda dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Hanya berhati-hati untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan posting blog Anda konten lain judul Anda bisa dianggap spam oleh mesin pencari dan negatif mempengaruhi lalu lintas yang dikirim ke blog Anda.

Tanggal Publikasi Posting Blog:

Karena blog yang paling sukses ketika mereka sering diperbarui dan menyediakan konten tepat waktu, pembaca akan memeriksa tanggal publikasi posting Anda untuk menentukan nilai blog Anda. Posting blog yang diterbitkan menentu dengan kesenjangan waktu yang panjang antara posting biasanya dianggap kurang berharga daripada blog yang menawarkan lebih banyak posting saat ini dan konsisten.

Posting Blog Author Byline:

Posting blog penulis byline penting untuk mengidentifikasi siapa yang menulis setiap posting dan sangat penting untuk blog yang ditulis oleh beberapa penulis. Selain itu, penulis byline biasanya menyediakan link ke halaman About Me Anda yang berisi promosi tambahan bagi Anda dan blog Anda.

Gambar dalam Posting Blog:

Gambar menyediakan lebih dari sekedar warna dan bantuan visual yang dari teks halaman web berat pada sebuah blog. Mereka juga bertindak sebagai cara lain Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Banyak orang melakukan pencarian kata kunci melalui mesin pencari untuk tujuan menemukan gambar dan gambar online. Dengan strategis penamaan gambar yang Anda gunakan dalam posting blog Anda agar sesuai dengan pencarian kata kunci yang relevan, Anda dapat mengarahkan sebagian dari gambar lalu lintas pencarian ke blog Anda. Pastikan gambar yang Anda gunakan meningkatkan blog Anda daripada mengurangi dari blog Anda dan membingungkan pembaca Anda.

Link dan Trackbacks dalam Blog Posts:

Sebagian besar posting blog menyertakan link dalam isi posting. Link tersebut digunakan untuk dua tujuan. Pertama, link yang digunakan untuk mengutip sumber asli dari informasi atau ide yang digunakan dalam posting blog atau untuk memberikan informasi tambahan di luar lingkup posting Anda. Kedua, mereka menyediakan jejak breadcrumb dan ketukan di bahu blogger yang posting Anda terhubung ke dalam bentuk trackback. Sebuah trackback menghasilkan link pada blog Anda menghubungkan ke dalam posting Anda, yang bertindak sebagai sumber tambahan lalu lintas ke blog Anda sebagai pembaca di blog yang cenderung mengklik pada link trackback dan menemukan blog Anda.

Blog Posting Section:

Selain dari isi posting blog Anda, komentar blog adalah bagian paling penting dari blog Anda. Komentar yang mana pembaca Anda memiliki kesempatan untuk bergabung dengan percakapan. Ini penting untuk keberhasilan blog Anda bahwa Anda menanggapi komentar-komentar yang ditinggalkan oleh pembaca. Anda untuk menunjukkan Anda menghargai mereka dan untuk lebih membangun dua arah percakapan di blog Anda dan rasa komunitas blog Anda terciptakan.
 

Apa itu Blog ?

Definisi Blog 

Apa Itu Blog ?Sebuah blog (juga disebut weblog atau web log) adalah situs yang terdiri dari entri (juga disebut posting) muncul dalam urutan kronologis terbalik dengan masuknya terbaru muncul pertama (serupa dalam format jurnal harian). Blog biasanya mencakup fitur seperti komentar dan link untuk meningkatkan interaktivitas pengguna. Blog dibuat menggunakan perangkat lunak penerbitan tertentu....
Pengertian dari istilah yang sering digunakan dalam menggunakan blog : 
  • Blogging: Tindakan menulis posting untuk blog 
  • Blogger: Seseorang yang menulis konten untuk blog 
  • Blogosphere: Komunitas online blog dan blogger
Dunia Sebelum Blogging:
Ada suatu masa ketika internet itu hanya alat informasi. Dalam kehidupan awal World Wide Web sekitar 20 tahun yang lalu, situs web yang sederhana dan memberikan percakapan satu sisi. Seiring berjalannya waktu, internet menjadi lebih interaktif dengan pengenalan website berbasis transaksi dan belanja online, tapi dunia online tetap satu sisi. 
Itu semua berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial) dimana user-generated content menjadi bagian integral dari dunia online. Saat ini, pengguna mengharapkan website untuk memberikan percakapan dua arah dan log web (atau blog) lahir.

Kelahiran Blog: 
Blog paling awal dimulai pada akhir 1990-an sebagai buku harian online. Individu diposting informasi setiap hari tentang kehidupan dan pendapat mereka. Pos-pos harian terdaftar secara terbalik urutan tanggal, sehingga pembaca melihat posting terbaru pertama dan menggulir melalui posting sebelumnya. Format ini memberikan monolog batin yang sedang berlangsung dari penulis.
Sebagai blog berkembang, fitur interaktif yang ditambahkan untuk membuat percakapan dua arah. Pembaca mengambil keuntungan dari fitur yang memungkinkan mereka untuk meninggalkan komentar pada posting blog atau link ke posting di blog dan situs lainnya untuk lebih dialog.

Blogs Hari ini:
Seperti Internet telah menjadi lebih sosial, blog telah mendapatkan popularitas. Saat ini, ada lebih dari 100 juta blog dengan lebih memasuki blogosphere sehari-hari. Blog telah menjadi lebih dari buku harian online. Bahkan, blogging telah menjadi bagian penting dari dunia online dan offline dengan blogger populer mempengaruhi dunia politik, bisnis dan masyarakat dengan kata-kata mereka.

Masa Depan Blog:
Tampaknya tak terelakkan bahwa blogging akan menjadi lebih kuat di masa depan dengan lebih banyak orang dan bisnis menyadari kekuatan blogger sebagai influencer online. Siapapun bisa memulai sebuah blog berkat alat-alat sederhana (dan sering gratis) tersedia secara online. Pertanyaannya mungkin akan menjadi tidak, "Mengapa saya harus memulai sebuah blog?" melainkan, "Mengapa tidak saya memulai sebuah blog?"

Silakan melihat-lihat situs ini untuk mempelajari cara untuk mempublikasikan blog Anda sendiri dan menjadi bagian dari komunitas blogging.
 

10 Tips Untuk Blogger Pemula

Memulai sebuah blog bisa tampak besar, tetapi sebenarnya, itu salah satu cara paling sederhana untuk bergabung dengan komunitas online. Ikuti tips ini untuk memastikan blog Anda diposisikan sukses.

Tips Untuk Blogger

  1. Tentukan Tujuan Anda. Sebelum Anda memulai sebuah blog baru, sangat penting bahwa Anda menentukan tujuan Anda untuk itu. Blog Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk sukses jika Anda tahu dari awal apa yang Anda capai dengan itu. Apakah Anda mencoba untuk menetapkan diri sebagai ahli di bidang Anda? Apakah Anda mencoba untuk mempromosikan bisnis Anda? Apakah Anda hanya blogging untuk bersenang-senang dan untuk berbagi ide dan pendapat? Anda tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk blog Anda tergantung pada alasan mengapa Anda mulai blog Anda. Berpikir ke depan untuk apa yang ingin Anda dapatkan dari blog Anda dalam enam bulan, satu tahun dan tiga tahun. Kemudian desain, menulis dan memasarkan blog Anda untuk memenuhi tujuan tersebut.
  2. Kenali Audiens/Pengunjung Anda. Desain blog Anda dan isi harus mencerminkan harapan audiens Anda. Misalnya, jika audiens anda adalah remaja, desain dan konten akan cukup berbeda dari sebuah blog yang ditargetkan untuk para profesional perusahaan. Audiens Anda akan memiliki harapan yang melekat untuk blog Anda. Jangan membingungkan mereka melainkan memenuhi dan melampaui harapan mereka untuk mendapatkan loyalitas pembaca.
  3. Konsisten. Blog Anda adalah merek. Sama seperti merek populer seperti Coke atau Nike, blog Anda mewakili pesan tertentu dan gambar untuk audiens Anda, yang merupakan merek Anda. Desain blog Anda dan konten harus konsisten mengkomunikasikan brand image secara keseluruhan blog Anda dan pesan. Menjadi konsisten memungkinkan Anda untuk memenuhi harapan audiens Anda dan menciptakan tempat yang aman bagi mereka untuk mengunjungi lagi dan lagi. Bahwa konsistensi akan dihargai dengan loyalitas pembaca.
  4. Gigih. Sebuah blog yang sibuk adalah sebuah blog yang berguna. Blog yang tidak diperbarui sering dianggap oleh khalayak mereka sebagai halaman web statis. Kegunaan blog berasal dari ketepatan waktu mereka. Meskipun penting untuk tidak mempublikasikan posting berarti lain Anda mungkin membosankan audiens Anda, sangat penting bahwa Anda memperbarui blog Anda sering. Cara terbaik untuk menjaga pembaca datang kembali adalah selalu memiliki sesuatu yang baru (dan bermakna) bagi mereka untuk melihat.
  5. Jadilah Mengundang. Salah satu aspek yang paling unik dari blogging adalah dampak sosial. Oleh karena itu, sangat penting bahwa blog Anda menyambut pembaca dan mengundang mereka untuk bergabung dengan percakapan dua arah. Minta pembaca Anda untuk meninggalkan komentar dengan mengajukan pertanyaan daripada menanggapi komentar dari pembaca Anda. Melakukan hal ini akan menunjukkan pembaca Anda bahwa Anda menghargai mereka, dan akan menjaga percakapan terjadi. Lanjutkan percakapan dengan meninggalkan komentar di blog lain mengundang pembaca baru untuk mengunjungi blog Anda untuk diskusi lebih hidup. Keberhasilan blog Anda sebagian tergantung pada kesetiaan pembaca Anda untuk itu. Pastikan mereka mengerti betapa Anda menghargai mereka dengan melibatkan mereka dan mengakui mereka melalui bermakna dua arah percakapan.
  6. Jadilah terlihat. Sebagian besar keberhasilan blog Anda bergantung pada usaha Anda di luar blog Anda. Upaya tersebut termasuk menemukan seperti hati blogger dan komentar pada blog mereka, berpartisipasi dalam bookmark sosial melalui situs seperti Digg dan StumbleUpon, dan bergabung dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn. Blogging adalah bukan demonstrasi, "jika Anda membangunnya, mereka akan datang." Sebaliknya, mengembangkan sebuah blog yang sukses membutuhkan kerja keras dengan menciptakan konten yang menarik di blog Anda serta bekerja di luar blog Anda untuk mempromosikan dan mengembangkan masyarakat di sekitarnya.
  7. Ambil Risiko. Blogger pemula sering takut menggunakan alat blogging dan fitur baru yang tersedia bagi mereka. Jangan takut untuk mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru di blog Anda. Dari menambahkan plug-in baru untuk mengadakan kontes blog pertama Anda, penting bahwa Anda menjaga blog Anda segar dengan menerapkan perubahan yang akan meningkatkan blog Anda. Atau, jangan menjadi mangsa setiap bel dan peluit yang baru menjadi tersedia untuk blog Anda. Sebaliknya, memeriksa setiap potensi peningkatan dalam hal bagaimana itu akan membantu Anda mencapai tujuan Anda untuk blog Anda dan bagaimana audiens Anda akan menanggapinya.
  8. Minta Bantuan. Bahkan blogger yang paling berpengalaman memahami blogosphere adalah tempat yang selalu berubah dan tidak ada yang tahu segala sesuatu yang perlu tahu tentang blogging. Yang paling penting, blogger adalah bagian dari komunitas erat, dan sebagian besar blogger memahami bahwa setiap orang adalah pemula di beberapa titik. Bahkan, blogger adalah beberapa yang paling mudah didekati dan membantu orang-orang yang dapat Anda temukan. Jangan takut untuk menjangkau sesama blogger untuk bantuan. Ingat, keberhasilan blogosphere bergantung pada jaringan, dan kebanyakan blogger selalu bersedia untuk memperluas jaringan mereka terlepas dari apakah Anda seorang blogger pemula atau pro berpengalaman.
  9. Tetap Belajar. Sepertinya setiap hari ada alat baru yang tersedia untuk blogger. Internet berubah dengan cepat, dan blogosphere bukan merupakan pengecualian untuk aturan itu. Ketika Anda mengembangkan blog Anda, luangkan waktu untuk penelitian alat-alat baru dan fitur, dan mengawasi berita terbaru dari blogosphere. Anda tidak pernah tahu kapan alat baru akan menggelar yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah atau meningkatkan pengalaman pembaca Anda 'di blog Anda.
  10. Jadilah Diri Sendiri. Ingat, blog Anda adalah perluasan dari Anda dan merek Anda, dan pembaca setia Anda akan terus datang kembali untuk mendengar apa yang Anda katakan. Suntikkan kepribadian Anda ke blog Anda dan menyesuaikan nada konsisten untuk posting Anda. Tentukan apakah blog Anda dan merek akan lebih efektif dengan nada perusahaan, nada muda atau nada snarky. Kemudian tetap konsisten dengan nada bahwa dalam semua komunikasi blog Anda. Orang tidak membaca blog hanya untuk mendapatkan berita. Mereka bisa membaca koran untuk laporan berita. Sebaliknya, orang membaca blog untuk mendapatkan pendapat blogger 'di berita, dunia, hidup dan banyak lagi. Jangan blog seperti seorang reporter. Blog seperti Anda memiliki percakapan dengan masing-masing pembaca Anda. Blog dari hati Anda.
Demikian info 10 tips untuk Anda yang ingin memulai sebuah blog baru. Semoga informasi dapat bermanfaat utuk Anda. Jika Anda memiliki tips lainnya yang ingin disampaikan silahkan komentar pada kolom komentar dibawah ini. 
 

Cara Menghapus Atau Meng-Uninstal Template Joomla

Setelah pembahasan sebelumnya tentang cara meng-instal template Joomla!, sekarang adalah kebalikannya dari tutorial tersebut yaitu cara menghapus atau cara meng-uninstal template Joomla!. Kenapa harus dihapus atau kenapa harus diuninstal ? Pada aplikasi Joomla kita bisa selalu mengganti template jika tidak sesuai dengan keinginan kita, tetapi jika kita sudah terlalu banyak menginstal maka berbagai template yang telah kita instal tersebut akan menumpuk pada daftar template. Sehingga akan menyulitkan kita dalam pencarian template yang memang kita butuhkan. Oleh karena jika kita rasa ada template yang memang tidak kita butuhkan maka kita bisa menghapusnya atau meng-uninstalnya. Bagaimana caranya ? caranya hampir sama dengan cara meng-instal template Joomla!

Ok, saya coba jelaskan caranya untuk meng-uninstal template pada Joomla, perhatikan langkah-langkah penjelasan saya dibawah ini :

  • Jika anda belum masuk ke halaman administrator,  maka pastinya anda harus masuk terlebih dahulu melalui menu login.

  • Setelah masuk ke halaman administrator maka pilih menu Extensions > Template Manager


  • Lalu pilih template mana yang akan anda hapus dengan memberi tanda pada bagian kotak kecil paling kiri. Jika sudah diberi tanda centang dan memastikan bahwa memang template itu yang akan kita uninstal maka langkah selanjutnya adalah klik icon delete. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya ! pada contoh dibawah saya akan menghapus template  Beez2 - Parks Site.

  • Setelah langkah-langkah anda ikuti dengan benar maka akan ada status yang memberitahu bahwa template telah berhasil di hapus " Template style successfully deleted ". Dan template Beez2 - Parks Site sudah tidak ada lagi di daftar template manager. 

Sampai dengan langkah ini template telah berhasil anda hapus, jika masih ada lagi template yang ingin anda hapus maka caranya sama seperti langkah-langkah diatas.  
Pastikan anda baca juga artikel yang terkait di bawah ini...........
 

Cara mengaktifkan template Joomla!


Melanjutkan tutorial pada artikel sebelumnya yaitu  " Cara meng-Instal template pada Joomla " maka pada artikel kali ini saya coba jelaskan cara mengaktifkan template Joomla yang telah kita instal tadi. Setelah template Joomla yang baru kita instal secara tidak otomatis template yang baru tersebut akan langsung menjadi tampilan template pada website yang kita buat tetapi perlu di aktifkan lagi agar menjadi template yang aktif dan nantinya menjadi template yang di lihat oleh pengunjung. 
Untuk cara mengaktifkannya anda bisa ikuti instruksi seperti dibawah ini :
 

Cara meng-Instal template pada Joomla

Pada artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang apa yang dimaksud dengan template Joomla!. Sekarang saya coba untuk melanjutkan pembahasan tersebut yang masih sedikit menyinggung tentang template. 
Setelah anda mengerti dengan apa yang dimaksud template pada aplikasi Joomla dan anda sudah menginstal Joomla maka selanjut adalah bagaimana caranya kita mengganti template bawaan dari Joomla dengan template yang sesuai keinginan kita.
Kenapa sih kita harus mengganti template Joomla ? Jawabnya adalah karena template bawaan atau template default Joomla bisa dibilang masih standart , dari segi tampilan design kurang menarik dan belum tentu sesuai atau mencerminkan tema website yang akan kita buat. Oleh karena itu banyak para pemilik website mengganti template default Joomla dengan template yang lebih sesuai dengan tema pada website mereka. Jadi pastinya untuk agar tampilan website yang akan kita buat sesuai dengan keinginan dan tepat pada tema website kita maka kita harus menggantinya. 
Nah sekarang pertanyaannya bagaimana cara menggantinya ? Ok...pada artikel saat inilah kita akan membahas tentang itu. Yaitu bagaimana cara meng-instal dan mengganti template pada Joomla. Kenapa saya sebut meng-instal ? karena sebelum kita dapat mengganti templatenya pada administrator site hanya tersedia template default, maka kita harus menambahnya dulu dengan cara menginstal. Ok langsung aja deh,  bagaimana nih caranya ?.
Cara meng-instal template pada Joomla adalah sebagai berikut :
 

Pengenalan Template Joomla!

Pada artikel kali ini saya mencoba untuk melanjutkan artikel sebelumnya tentang 6 langkah pakai Joomla untuk membuat website keren, dimana artikel ini adalah langkah ke 2 setelah langkah 1 yang membahas bagaimana cara menginstal Joomla. Sebelumnya mungkin masih ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan template ? 
Template adalah suatu struktur yang akan menjadi master untuk halaman - halaman website, sehingga akan menimbulkan kesatuan dan keseragaman dalam website anda. Template inilah yang nantinya akan mengatur tampilan website Joomla yang akan kita buat. Pada aplikasi template Joomla terdapat dua jenis template yang akan kita gunakan, yaitu :
  1. Template Site yaitu template yang dipergunakan untuk tampilan website kita, yang akan dipublikasikan, dikunjungi dan juga yang akan digunakan oleh pengunjung.
  2. Template Administrator adalah template yang akan digunakan oleh administrator untuk mengolah content yang ada didalam website melalui halaman administrator.
Pada saat selesai menginstal Joomla ! yang ditampilkan pertama kalinya di halaman Front-end atau template defaultnya adalah menggunakan template Beez2 - Default 
Untuk template administrator secara defaultnya adalah menggunakan  Bluestork dan Hathor 

Template default Bluestork untuk administrator
Template default Hathor untuk administrator
Pilihan template tersebuat bisa kapan saja anda ganti tergantung mana yang anda suka. Yang akan kita bahas adalah template Site, karena tampilan template ini menentukan bagus tidaknya tampilan suatu website yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung, sedangkan proses instal, mengaktifkan, dan proses uninstal pada template admin caranya sama dengan template site. 
Jika anda ingin mengganti template site default maka sudah seharusnya anda mempersiapkan template yang baru tersebut. Untuk mendapatkan berbagai macam template Joomla dan bisa anda dapatkan secara gratis sangat banyak sekali. Untuk mencarinya anda bisa gunakan search engine Google atau Yahoo lalu ketikan kata kunci pencariannya, misalnya "Download template Joomla gratis" maka akan banyak sekali link - link yang ditampilkan untuk merujuk ke lokasi dimana kita bisa mendownload template Joomla secara gratis atau bisa juga langsung download ke situs resminya www.joomla24.com. Setelah masuk pilihlah template yang akan anda download tersebut lalu klik download dan simpanlah file template tersebut. 

Tahap selanjutnya di artikel saya yang akan datang ...... Cara menginstal template Joomla!
 

Panduan Tutorial Joomla Lengkap

Panduan Tutorial Joomla Lengkap ini merupakan artikel yang ditulis atas permintaan seorang teman di FB. Semoga saja artikel Panduan Tutorial Joomla Lengkap ini dapat bermanfaat yah.
Sebelum membahas lebih dalam mengenai Joomla, maka ada baiknya kita memulai artikel Panduan Tutorial Joomla Lengkap ini dengan perkenalan awal terhadap Joomla itu sendiri. Mengapa kita menggunakan Joomla ?
Apa itu Joomla? Menurut situs resmi Joomla,
 

6 Langkah Pake Joomla Untuk Membuat Website Keren

Ada 6 langkah untuk membuat website yang keren dan canggih dengan joomla. Apabila langkah - langkah  tersebut kita lakukan dengan benar maka jangan kaget jika nanti website anda sangat menarik dan terlihat canggih. Dengan sedikit penambahan kreatifitas kita dalam mendesign dan mengelola content nya maka akan banyak manfaat yang dapat dihasilkan oleh website tersebut. Ada beberapa bagian paket Joomla! yang terpisah dan termodul dengan fleksibel, mudah dikembangkan, dan diintegrasikan, seperti component Guestbook, component galery photo, component forum, modul Joomla!, clock, editor dan lain-lain. Ada ribuan paket Joomla yang bisa kita download secara gratis. Banyak sekali pemanfaatan dari Joomla! ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
  • Portal
  • Galery foto
  • Aplikasi E-commerce
  • Mengelola website pribadi/blog, dll

 

Tujuan Pengendalian Persediaan Dalam Industri

Pengadaan sediaan pada umumnya ditujukan untuk memenuhi hal -hal berikut :
  1. Untuk memelihara independensi operasi.  Apabila sediaan material yang diperlukan ditahan pada pusat kegiatan pengerjaan, dan jika pengerjaan yang di laksanakan oleh pusat kegiatan produksi tersebut tidak membutuhkan material yang bersangkutan segera maka akan terjadi fleksibilitas pada pusat kegiatan produksi. Fleksibilitas tersebut terjadi karena system mempunyai sediaan yang cukup untuk menjamin keberlangsungan proses produksi. Akan tetapi, sepanjang di perlukannya penyetelan mesin - mesin untuk tujuan menghasilkan produk yang baru, maka independensi atas alat - alat produksi memungkinkan untuk mempertimbangkan jumlah produksi yang ekonomis. Manajemen dapat memperhitungkan bahan yang di butuhkan untuk melaksanakan produksi yang ekonomis tersebut. Apabila bahan yang di alokasikan tidak selesai di proses dalam waktu yang telah di tentukan, maka akan tercipta persediaan atas produk yang sedang dalam pengerjaan. 
  2. Untuk memenuhi tingkat permintaan yang bervariasi. Apabila volume permintaan dapat di ketahui dengan pasti maka perusaahan memiliki peluang untuk menentukan volume produksi yang sama persis dengan dengan volume permintaan tersebut. Sejalan dengan itu perusahaan tidak perlu menyediakan persediaan pengaman ( safety stock ) yang di perlukan untuk menjawab fluktuasi permintaan. Akan tetapi di dunia nyata, volume permintaan tidak dapat di tentukan dengan pasti. Volume permintaan dapat saja melebihi perkiraan karena keberhasilan dalam aktifitas promosi penjualan. Sebaliknya, volume permintaan dapat pula kurang dari yang diramalkan karena adanya tekanan persaingan yang ketat, rendahnya daya beli masyarakat atau pengaruh faktor musiman. Sehubungan dengan itu, volume permintaan pasar yang di hadapi mempunyai gejala yang berfluktuasi. Untuk menjawab fluktuasi permintaan tersebut, perusahaan perlu mempersiapkan persediaan pengaman.
 

Pengendalian Persediaan Dalam Industri Manufacturing

Persediaan memiliki peranan penting. Berdasarkan hasil penelitian saya di berbagai jenis perusahaan manufactur, diperoleh kesimpulan bahwa biaya persediaan merupakan biaya yang terbesar pada usaha manufaktur. Dikaitkan dengan dengan persaingan pasar yang semakin tajam, maka perusahaan dituntut untuk bekerja lebih efisien. Melalui peningkatan efisiensi, harga pokok produksi dapat ditekan. Andaikan peningkatan efisiensi yang dapat di capai adalah 15 %, yang ekuivalen dengan dengan penurunan biaya produksi, juga 15 %. Jika harga jual dapat di pertahankan, berarti perusahaan akan memperoleh kenaikan laba extra sebesar 15%. Akan tetapi, untuk kepentingan persaingan, pada keuntungan yang tetap sama, perusahaan dapat menekan harga 10 sampai 15 % lebih murah. Penggambaran itu menyadarkan semua pihak terkait akan pentingnya pengendalian persediaan.
Pengendalian Persediaan Dalam Industri

Untuk mencapai peningkatan efisiensi persediaan ini, pakar manajemen operasional telah menawarkan berbagai macam konsep, antara lain konsep Just In Time Production System, Lean Production System, Demand Pull Production System, dan lain sebagainya. Keseluruhan konsep menawarkan cara menurunkan biaya persediaan, yaitu berproduksi dengan sediaan minimal atau dengan tanpa sediaan bahan di gudang. Konsep tanpa sediaan yang harus disimpan menyatakan bahwa perusahaan akan menghemat biaya investasi gudang, biaya pemeliharaan gudang, biaya yang harus di tanam dalam persediaan, dan kerugian yang timbul akibat sediaan tersimpan di dalam gudang. Kerugian itu dapat berupa kerugian karena rusak, dicuri, turun harga, kebakaran, biaya asuransi kebakaran, ataupun karena bahan itu memerlukan pemeliharaan extra untuk dapat mempertahankan mutunya.

   Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan oleh manajer pabrikasi dalam menangani persediaan ini, yaitu : 
  1. Memelihara sumber pasokan;
  2. Memelihara material sejak berada di dalam perusahaan;
  3. Pemanfaatan yang tepat waktu.
Perusahaan harus mampu membangun kerjasama dengan pihak pemasok ( supplier ), baik melalui ikatan kontrak kemitraan ataupun melalui hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Kemampuan memelihara hubungan baik dengan para pemasok menjadi jaminan bagi perusahaan untuk mendapatkan pasokan material secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat mutu, dan tepat harga. Jaminan kecukupan material menjadi tiang penopang terhadap keberlangsungan produksi secara berkesinambungan. Ini berkaitan dengan fungsi procurement atau pengadaan ( pembeliaan ).

     Bersamaan dengan hal itu maka atas setiap item sediaan material, pihak yang bertanggung jawab harus mampu memberikan jaminan bahwa item sediaan harus terpelihara dengan baik, aman, dan tidak rusak, sejak di terima sampai diserahkan untuk diolah ke departemen pengolahan. Ini berkaitan dengan fungsi dan tanggung jawab pemeliharaan ( maintenance ).

     Untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan kegiatan pengololaan material, jumlah item sediaan serta waktu pengadaannya harus sejalan dengan dengan jadwal produksi. Sediaan tidak boleh terlalu banyak, juga tidak baik jika terlalu sedikit. Sehubungan dengan itu, petugas pengelola sediaan material harus selalu bekerja sama dengan petugas yang menyusun jadwal produksi. Kegiatan ini berhubungan dengan penjadwalan pengeluaran bahan ( scheduling on issuing material, atau lazim di singkat issuing function ).

    Apakah persediaan itu ? dan apa yang di maksud dengan sediaan independen?. Pada pokoknya, sediaan merupakan sumber daya ekonomi yang perlu di adakan dan di simpan untuk menunjang penyelesaian pengerjaan suatu produk. Sumber daya ekonomi tersebut dapat berupa kapasitas produksi, tenaga kerja, tenaga ahli, modal kerja, waktu yang tersedia, dan bahan baku, serta bahan penolong. Namun demikian, dalam kajian yang di lakukan sekarang, sediaan dibatasi pada material, produk sedang dalam proses pengerjaan, dan barang jadi. Dengan demikian persediaan ( Inventory ) adalah sumber daya ekonami fisik yang perlu di adakan dan di pelihara untuk menunjang kelancaran produksi, meliputi bahan baku ( raw material ), produk jadi ( finish product ), komponen rakitan ( component ), bahan pembantu ( subtance material ), dan barang sedang dalam proses pengerjaan ( working in proses inventory ). 
    Lalu apakah tujuan pengendalian persediaan ?
 

Cara Menghitung Biaya Persediaan

Menghitung biaya persediaan dapat kita lakukan dengan menggunakan formula di Excel. Walaupun sudah ada dan banyak software yang berfungsi untuk menghitung biaya persediaan dalam berbagai bidang industri namun menghitung biaya persediaan secara manual dengan menggunakan program Excel pun masih sangat diperlukan hal ini dimaksudkan agar kita mengetahui konsep dan prinsip dasar penghitungan biaya persediaan. Atau mungkin saja pada software yang tersedia masih belum bisa memberikan atau menampilkan data yang sesuai dengan apa yang kita harapkan oleh karena itu kita masih harus mengolahnya dengan menggunakan aplikasi Excel. Jika Anda belum memahami apa itu Excel dan bagaimana cara menggunakannya maka diblog ini bisa Anda baca juga tulisan-tulisan saya yang membahas tentang program aplikasi Excel, dari pengertian dan pemahaman Excel sampai dengan cara menggunakan Excel. Anda juga bisa download aplikasi persedian ExcelSaran saya lebih baik Anda memahami terlebih dahulu tentang program Excel agar Anda pun bisa langsung menerapkannya setelah membaca tulisan cara menghitung biaya persediaan ini.

Pada kesempatan kali ini saya mencoba membahas bagaimana menghitung biaya persediaan produksi dengan menggunakan program Excel. Kenapa saya bahas soal ini ? karena ini berdasarkan pengalaman saya yang kebetulan bekerja di sebuah perusahaan swasta di Indonesia yang bertanggung jawab di departemen PPIC dan Engineering. Tetapi untuk pembahasan pada artikel ini saya lebih memfokuskan pembahasannya ke ruang lingkup departemen PPIC.

Apa itu PPIC ? sedikit penjelasan dari saya, PPIC adalah singkatan dari Planning Production and Inventory Control yang jika diartikan ke bahasa Indonesia mempunyai arti yaitu Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan. Berdasarkan arti dari PPIC maka PPIC bertanggung jawab dalam merencanakan aktivitas produksi dan mengontrol status persediaan dalam sebuah perusahaan agar terjadinya keseimbangan antara persediaan yang ada dengan persediaan yang dibutuhkan, demi memperlancar proses pada suatu aktivitas produksi sehingga terjadi ketepatan dan kesesuaian kebutuhan dari mulai raw material sampai dengan finish goods pada sebuah manufakturing. Dengan dasar itu maka PPIC sangat berperan penting dalam menentukan flow proses pada sebuah industri manufakturing.

Didalam tanggung jawabnya dalam merencanakan persediaan, maka PPIC haruslah bisa menghitung biaya-biaya terhadap persediaan perusahaan tersebut agar dapat menentukan kapan dan berapa persediaan itu tersedia dalam perusahaan.

Ok berdasarkan penjelasan saya diatas mungkin anda sudah sedikit mempunyai gambaran mengenai apa itu PPIC dan bagaimana tugas serta tanggung jawabnya. Mengenai biaya persediaan yang akan kita coba bahas diartikel adalah bagaimana cara menghitung biaya persediaan produksi dengan metode EOQ ( Economic Order Quantity ). 

Biaya persediaan terdiri atas biaya variabel dan biaya tetap. Biaya variabel persediaan meliputi :
  1. Ordering cost ( biaya pemesanan ), meliputi biaya menunggu permintaan pembeliaan, penyampaian pesanan pembelian, dan yang berhubungan dengan biaya akuntansi, serta biaya penerimaan dan pemeriksaan pemesanan. Sehubungan dengan itu, untuk meminimumkan biaya pemesanan, perusahaan harus melakukan pemesanan dalam jumlah besar, yang pada gilirannya akan meminimumkan biaya pemesanan. Jumlah unit yang dipesan berbanding terbalik dengan frekuensi pemesanan. Apabila jumlah unit yang dipesan diperbesar maka frekuensi pemesanan akan berkurang. Sebaliknya, jika unit yang dipesan diperkecil maka frekuensi pemesanan akan meningkat. Untuk mendapatkan tingkat biaya pemesanan yang optimal, estimasi nilai tersebut akan diperoleh pada titik keseimbangan dengan biaya penyimpanan.
  2. Storage or Holding ( biaya penyimpanan ), or carrying cost, adalah biaya atas sediaan yang terjadi sehubungan dengan penyimpanan sejumlah sediaan tertentu dalam perusahaan. Biaya ini mencakup biaya pemanasan ruangan, pendinginan ruang penyimpanan, biaya penerangan, keamanan, sewa gudang dan lain-lain. Biaya penyimpanan umumnya dihitung dengan persen tertentu terhadap harga sediaan misalnya 15% dan 20%.
Selanjutnya, yang dipandang sebagai biaya tetap persediaan ialah harga dari persediaan itu sendiri. Dalam hal ini, harga dipandang sebagai biaya tetap karena pendekatan yang dipakai dalam persediaan ialah harga sediaan yang diketahui tetap dan tidak berubah. 
Biaya variabel persediaan lazim disebut incremental cost. Dengan demikian biaya variabel total ( Total Incremental Cost, TIC ) dapat ditulis dalam persamaan berikut.

Menghitung Biaya Persediaan

Sesuai dengan penjelasan diatas, biaya persediaan yang optimal akan tercapai pada titik keseimbangan antara biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Visualisasinya dapat di lihat pada gambar dibawah ini.


Pada gambar diatas terlihat bahwa biaya rata-rata pemesanan ( average ordering cost memiliki bentuk sebagai asimtot terhadap kurva. Ini berarti, biaya rata-rata pemesanan sediaan akan mendekati nol, jika unit yang dipesan ditambah. Sebaliknya, biaya penyimpanan memiliki perilaku sebaliknya. Biaya penyimpanan akan berubah secara linear terhadap perubahan unit yang dipesan. Jika unit  yang dipesan ditambah, biaya penyimpananpun akan meningkat, dan jika unit yang dipesan dikurangi, biaya penyimpanan pun akan mengecil. Dengan adanya sifat biaya yang demikian maka titik optimum biaya totalnya dapat dicari, yaitu melalui titik keseimbangan antara biaya persamaan dan biaya penyimpanan.

Pesediaan optimum, seperti yang telah saya jelaskan diatas akan dicapai pada titik keseimbangan antara biaya penyimpanan dan biaya pemesanan. Secara matematis, keseimbangan tersebut dapat dirumuskan melalui persamaan berikut. 
Qopt sering disebut Economic Order Quantity ( EOQ ), yaitu jumlah unit yang dipesan pada biaya yang paling murah ( ekonomis ) atau optimal. Model ini memakai asumsi sebagai berikut :
  1. Permintaan selama satu tahun ( D ) diketahui tetap dan tidak berubah.
  2. Harga sediaan ( C ) diketahui tetap dan tidak berubah.
  3. Sediaan dianggap selalu tersedia sehingga dapat diperoleh setiap dibutuhkan.
  4. Biaya sediaan diketahui tetap dan tidak berubah.
Berdasarkan asumsi diatas, maka faktor yang dianggap berubah - rubah ialah kuantitas pemesanan ( Q ), yang tergantung pada nilai faktor : D, C, dan biaya-biaya sediaan.


Berdasarkan penjelasan saya diatas maka sekarang pertanyaannya bagaimana cara menghitungnya ? Ok perhatikan langkah-langkah dibawah ini yang akan saya jelaskan dengan mengambil sebuah contoh kasus. 

Sebuah perusahaan memerlukan sediaan sebanyak 15.000 unit pertahun. Biaya pemesanan Rp. 500 per order dan biaya penyimpanan 60% dari harga sediaan per unit per tahun. Harga sediaan per unit Rp. 100. Hitunglah ! 
a. Berapa besar kuantitas pemesanan yang optimal ? 
b. Berapa pula biaya variabel sediaan dan 
c. Berapa biaya total sediaan ?
Pemecahannya : 
Diketahui : D ( Demand Rate ) atau kebutuhan sediaan setahun = 15.000 unit
                 S  ( Setup cost ) atau biaya pemesanan = Rp. 500 per order
                 H ( Holding cost ) atau biaya penyimpanan = 60% per unit = 60% x Rp.100 = Rp. 60

a. Penyelesaiannya dengan menggunakan rumus  
maka akan didapat hasil sebagai berikut :

b. Penyelesaiannya dengan menggunakan rumus  


c. Penyelesaiannya dengan menggunakan rumus 


 

Cara membuat email jawaban otomatis di Yahoo

Buat teman-teman yang pernah mengalami hal yang sama seperti saya. Saya punya sedikit tips buat menyelesaikan masalah itu. Trus masalahnya apa ? Gini .....ceritanya, saya dulu pernah nyaris ga punya waktu luang buat online karena sibuk ma kerjaan di offline bahkan sampe buat balas email aja ga sempat. Padahal klo kita udah punya rekanan yang penting dengan menjawab email itu berarti kita juga menghargai mereka. Tetapi sekarang setelah sedikit otak - atik account yahoo mail saya akhirnya ketemu juga solusinya. Yaitu dengan mensetting jawaban otomatis di mail Yahoo, maksudnya apa ? maksudnya gini loh ?......Di mail yahoo itu ada option settingan yang bisa kita setting supaya kalo ada email yang masuk ke inbox kita secara otomatis akan di jawab oleh yahoo. Isi email jawabannya itu sesuai dengan apa yang sudah kita tulis sebelumnya. Gimana udah paham belum ? ...... ehhm gini deh untuk lebih jelasnya saya kasih contoh account email saya dan coba perhatikan instruksinya.
  • Masuk ke account email yahoo anda dengan pasword yang sesuai 
  • Setelah masuk klik menu setting > opsi mail dipojok kanan atas
  • Setelah masuk ke menu settingan mail, maka aka terlihat seperti gambar dibawah ini, Klik menu balasan otomatis yang ada disebela kiri account mail yahoo anda kemudian disebelah kanannya setting kapan waktunya email jawaban otomatis itu akan kita gunakan. Terus jangan lupa di bagian kolom teks tulislah kata - kata yang sesuai jawaban anda... kenapa karena nantinya kata - kata ini lah yang akan dikirim oleh Yahoo sebagai mail jawaban otomatis. Klo saya waktu itu buat kata - katanya seperti ini " Terima kasih atas email dari anda. Mohon maaf dikarenakan ada sesuatu hal aktifitas yang menyibukan rutinitas harian saya sehingga saya tidak bisa menjawab email dari anda dengan segera. Walau demikian saya sangat menghargai anda, oleh karena itu sesegera mungkin saya akan membalasnya " Jika kata - kata yang saya buat cocok juga dengan anda maka anda boleh kok mengcopy nya dan langsung paste ke kolom tersebut. Tenang aja ga akan digugat kok .....karena belum jadi brand merk hehehe

  • Nah klo semua yang saya jelaskan di atas sudah anda lakukan maka, secara otomatis Yahoo akan mengirim email jawaban ke semua alamat email yang masuk ke inbox anda walaupun anda sedang tidak online.
Ya demikian sedikit informasi dari saya semoga dapat berguna buat yang membacanya, Kalo ada yang masih kurang atau yang saya tulis ga bisa anda terapkan. Tolong kasih tahu ke saya biar saya bisa kroscek apakah tulisan saya ada yang kurang !
 

Cara Menggunakan Fungsi Address Pada Excel

Fungsi Address Pada Excel

Pada artikel ini saya akan menjelaskan sintaks formula dan penggunaan fungsi ADDRESS di Microsoft Office Excel. Anda dapat menggunakan fungsi ADDRESS untuk mendapatkan alamat dari sel dalam worksheet, digunakan untuk menampilkan alamat suatu sel dalam bentuk teks dengan menyebut nomor kolom dan baris, relatif atau absolute, jenis penulisan alamat sel dan nama worksheet.

Berikut penulisan fungsi ADDRESS :

ADDRESS (row_num, column_num, [abs_num], [a1], [sheet_text])

Sintaks Fungsi ADDRESS memiliki argumen berikut :

row_num             : adalah nomor baris alamat sel yang akan di cari
column_num       : adalah kolom alamat sel yang akan dicari.
abs_num             : adalah menyatakan jenis referensi alamat sel. Argumen abs_num sifatnya opsional sehingga dapat diisi ataupun tidak diisi.
Secara tabel akan terlihat jenis referensi untuk abs_num seperti dibawah ini :
Fungsi Address Pada Excel
a1                        : adalah menunjukan jenis penulisan alamat sel. Jika diisi TRUE atau dikosongkan, maka alamat sel ditulis dengan nama kolom dalam huruf dan nomor baris dalam angka. Jika diisi FALSE, maka alamat sel ditulisi R1C1 ( penyebutan nama baris yang diikuti urutan baris dari atas dan nama kolom diikuti urutan kolom dari kiri )
sheet_text          : adalah text yang digunakan untuk memberikan nama worksheet. Jika argumen sheet_text tidak diisi, maka informasi yang dihasilkan tidak menampilkan nama worksheet.  

Penerapan dan hasil penerapan fungsi ADDRESS dapat anda lihat pada tabel dibawah ini :

Demikian informasi dari saya mengenai fungsi Address. Untuk mengetahui tentang Excel lainnya baca juga semua kumpulan tentang Excel di artikel lainnya di bawah ini:

 

Atlas & Cheetah, Prototip Robot Militer Yang Tangguh

Keberadaan pasukan robot yang tangguh dan siap tempur yang biasanya hanya kita saksikan di film-film action hollywood, tampaknya sebentar lagi akan menjadi kenyataan. Bayangkan saja, seakan terinpirasi dengan sosok robot humanoid di film Terminator dan robot binatang seperti di film Transformer, kabarnya Militer Amerika Serikat kini tengah berupaya merealisasikan keberadaan mereka dalam kehidupan nyata.
Mungkin ini masih sebuah permulaan, tapi apa yang telah dilakukan oleh militer Amerika tersebut boleh jadi merupakan suatu awal terobosan yang besar. Ya, bagaimana tidak, kabarnya militer Amerika telah menugaskan produksi robot tentara bipedal dan berkaki empat yang bisa berlari lebih cepat dari manusia.
Pengembangannya sendiri berada di bawah naungan Maximum Mobility and Manipulation program milik Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Program ini bertujuan untuk menciptakan kerangka ilmiah yang meningkat secara signifikan guna rancangan yang cepat dan produksi sistem robot serta meningkatkan mobilitas dan manipulasi robot terbesar terhadap lingkungan alam sekitarnya. Selain diperuntukkan bagi keperluan militer dan perang, robot-robot ini juga bisa digunakan untuk bidang-bidang yang lainnya seperti pertanian, pemadam kebakaran, maupun layanan darurat.
Untuk merealisasikan semua itu, pihak DARPA telah mengikat kontrak kerja sama dengan Boston Dynamic yang juga sebelumnya pernah sukses mengembangkan robot binatang berkaki empat yang dikenal dengan BigDog. Seperti yang dilaporkan oleh Boston Herald, proyek kerjasama ini diperkirakan menelan nilai jutaan dolar dengan jangka waktu selama 4 tahun. Dan sejauh ini, Boston Dynamic sendiri telah ditugaskan untuk mengembangkan robot humanoid bernama Atlas dan robot binatang berkaki empat bernama Cheetah yang ditargetkan kelar dalam jangka waktu 20 bulan.
Sejauh pengembangan yang sedang berlangsung, kabarnya robot Cheetah mampu kuat berjalan dalam kondisi apapun. Selain masih mengeluarkan suara yang bising, robot ini ternyata juga hanya mampu berlari di bawah kecepatan yang diharapkan. Dan bahkan Marc Raibert selaku President Boston Dynamic sendiri, menegaskan kalau untuk mencapai kesempurnaan tampaknya robot tersebut masih memerlukan waktu.
Sementara itu, robot Atlas yang memiliki dua buah lengan, dua kaki dan dapat berjalan tegak  mirip seperti prototip anthropomorphic Petman yang pernah ada sebelumnya. Robot jenis ini didesain untuk menyelip ke ruangan yang sempit dan menggunakan tangannya untuk bergerak cepat pada medan yang terjal.
Berikut adalah cuplikan video salah satu robot yang masih dikembangkan tersebut.

 
 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger