Pada tulisan ini saya ingin memberikan tutorial belajar excel online kepada Anda tentang cara membuat combo box di Excel dengan beberapa langkah yang mudah untuk Anda pelajari. Tutorial Excel ini saya menggunakan program Microsoft Excel Versi 2007
Apa itu Combo Box di Excel?
Fungsi dan tujuan combo box di Excel.
Cara Membuat Combo Box di excel
Buat dan siapkan sumber data untuk combo box
- Buka Microsoft Excel yang ada di laptop atau komputermu, kemudian buat lembar kerja baru. Ketik data-data yang ingin kamu masukkan ke Combo Box.
- Berikan nama dari daftar data yang sudah kamu buat. Dengan cara pilih semua range data lalu klik kanan, maka akan muncul jendela pilihan. Klik pada "Name a Range"
- Pada jendela pop up berikan nama dari daftar data kamu, yang nantinya akan di jadikan sumber referensi untuk combo box. Kamu bisa berikan nama apa saja sesuai keinginan kamu, tetapi pada contoh ini saya memberikan dengan nama "Bulan".
- Klik pada Cell di lembar kerja Excel kamu dimana saja yang kamu inginkan untuk menempatkan combo box atau drop down list yang akan kamu buat. Lalu masuk ke tab Data > pilih Data Vaildation. Pada area kolom Alow: pilih List dan di area kolom Source masukkan nama data sumber yang sudah kita buat berdasarkan langkah 3 di atas.
- Combo Box atau drop down list sudah siap kamu gunakan.
Cara Membuat Combo Box di excel dengan Form Control
- Untuk menambahkan kotak kombo di Excel 2010 dan Excel 2007, klik tab Pengembang, klik Sisipkan, kemudian klik Kotak Kombo pada Kontrol Formulir.
- Klik lokasi lembar kerja tempat sudut kiri atas kotak kombo yang Anda inginkan, kemudian seret kotak daftar ke tempat sudut kanan bawah kotak kombo yang Anda inginkan. Dalam contoh ini, buat kotak kombo yang mencakup B2:E2.
- Klik kanan kotak kombo, dan kemudian klik Kontrol Format.
- Ketik informasi berikut, kemudian klik OK:
- Untuk menentukan kisaran daftar, ketik H1:H20 di kotak Masukkan rentang.
- Untuk memasukkan nilai angka di sel G1 (tergantung item yang dipilih dalam daftar), ketik G1 di kotak Tautan sel. Catatan Rumus INDEX menggunakan nilai di G1 untuk menghasilkan item daftar yang benar.
- Di kotak Baris turun-bawah, ketik 10. Entri ini menentukan berapa banyak item yang akan ditampilkan sebelum Anda harus menggunakan bilah gulir untuk melihat item lainnya. Catatan Kotak centang Arsiran 3-D adalah opsional. Fitur ini menambah tampilan tiga dimensi ke kotak turun-bawah atau kombo.
MAU TANYA KALAU FORMAT MATERIALNYA TARIK DATA DARIMANANYA?
BalasHapus