Home » » Cara Menggunakan Filter Pada Excel

Cara Menggunakan Filter Pada Excel

Menggunakan filter pada Excel untuk menyaring data adalah cara cepat dan mudah untuk menemukan dan bekerja dengan subset dari data dalam kisaran sel atau kolom tabel. Di dalam aplikasi Excel ada banyak fungsi yang dapat kita terapkan selain rumus dan formula untuk penghitungan salah satu nya adalah filter. Filter dalam excel jika kita definisikan fungsi nya adalah sebagai tombol penyaring untuk kita memilih data apa yang akan dimunculkan pada suatu tabel dengan kategori yang telah ditentukan. Bagaimana cara membuat fiter tersebut ? ok....sebagai contoh saya coba kasih berikan penjelasannya seperti ini :

Menggunakan Filter Pada Excel

Secara definisinya menggunakan filter pada excel yaitu menampilkan data yang disaring hanya pada baris yang memenuhi kriteria yang Anda tentukan dan menyembunyikan baris yang tidak ingin ditampilkan.(kriteria adalah suatu kondisi yang Anda tentukan untuk membatasi catatan mana yang termasuk dalam hasil set query atau filter.)  Setelah Anda menyaring data, Anda dapat menyalin, menemukan, mengedit, format, grafik, dan mencetak subset data yang disaring tanpa menata ulang atau memindahkannya. 

Anda juga dapat menyaring lebih dari satu kolom. Filter bersifat aditif, yang berarti bahwa setiap tambahan filter berdasarkan filter saat ini dan selanjutnya mengurangi subset data. 

Menggunakan AutoFilter, Anda dapat membuat tiga jenis filter: oleh nilai-nilai daftar, berdasarkan format, atau dengan kriteria. Masing-masing jenis filter ini adalah saling eksklusif untuk setiap kisaran sel atau kolom tabel. Sebagai contoh, Anda dapat menyaring berdasarkan warna sel atau dengan daftar nomor, tetapi tidak oleh kedua; Anda dapat menyaring berdasarkan ikon atau penyaring kustom, tetapi tidak keduanya. 

Catatan penting untuk hasil terbaik, jangan mencampur format penyimpanan, seperti teks dan nomor atau nomor dan tanggal, dalam kolom yang sama karena hanya satu jenis perintah filter tersedia untuk setiap kolom. Jika ada campuran format penyimpanan, perintah yang ditampilkan adalah format penyimpanan yang paling sering terjadi. Sebagai contoh, jika kolom berisi tiga nilai yang disimpan sebagai nomor dan empat sebagai teks, perintah filter yang ditampilkan adalah Text Filter. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengkonversi nomor yang disimpan sebagai teks ke angka dan Konversi tanggal disimpan sebagai teks ke tanggal.

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menggunakan filter pada Excel, seperti yang saya tuliskan pada contoh daftar dibawah ini:
  • Filter teks 
  • Filter nomor 
  • Filter tanggal atau waktu 
  • Filter untuk nomor atas atau bawah 
  • Filter untuk di atas atau di bawah angka rata-rata 
  • Filter untuk kosong atau Nonblanks 
  • Filter berdasarkan warna sel, warna font, atau ikon set 
  • Filter oleh seleksi 
  • Ungroup hirarki tanggal dalam menu AutoFilter
Demikian penjelasannya saya tentang cara menggunakan filter pada Excel dan definisi serta penerapan filter pada aplikasi Excel.

Untuk lebih jauh memahami program microsoft Excel .... Anda dapat membaca dan mempelajari lagi tulisan-tulisan saya yang lainnya dilink ini " Belajar Excel ". Semoga apa yang sudah saya jelaskan dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi tambahan informasi bagi Anda, jika ada sesuatu hal tentang penggunaan filter dalam Excel yang belum Anda mengerti dan belum pernah saya bahas sebelumnya diblog ini, mohon tuliskan pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini, agar dapat juga saya segerakan untuk membahasnya pada tulisan-tulisan saya selanjutnya !!! 

    0 komentar:

    Post a Comment

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

    Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.