Cara Membuat Data Source di Excel

Pada tulisan ini kita akan membahas cara membuat data source di Excel dan apa pengertian dari data source tersebut, serta bagaimana cara menggunakan data source pada Microsoft Excel. 

Apa yang dimaksud dengan data Source?

Berdasarkan kutipan dari sumber artikel Microsoft, data source atau sumber data adalah kumpulan data tertentu, informasi yang diperlukan untuk mengakses data tersebut, dan lokasi sumber data, yang dapat dijelaskan menggunakan nama sumber data. 

Data Source dapat berbentuk sebagai suatu suatu table di dalam sebuah database maupun sebagai sebuah table Excel yang terletak pada suatu worksheet tertentu. Data Source yang terdiri dari banyak table mendukung Relational Data Base Management System atau biasa disingkat RDBMS, yaitu hubungan relasi antar table di dalam Database yang sama maupun dengan Database yang berbeda, sedangkan Data Source Excel yang berbentuk Dataset tidak mendukung hal tersebut, tetapi walau pun tidak mendukung RDBMS jika Dataset Excel disusun secara baik maka dengan menggunakan Add-Ins tertentu maka fitur RDBMS juga dapat diterapkan pada Dataset. Untuk lebih mudahnya maka penyebutan Data Source pada Excel akan disebut sebagai Dataset.

Apa fungsi dari data Source?

Fungsi dari data source dapat kita simpulkan adalah sebagai suatu sumber data yang digunakan untuk menghasilkan suatu output tertentu. Output ini dapat berupa Report, Chart, atau pun bentuk lain sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghasilkan suatu output, kadang suatu Data Source harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu, baik terhadap Data Source itu sendiri maupun dengan menggabungkan dan/atau membandingkan dengan Data Source yang lain.

Pilihan Data Source Di Excel 

Di dalam Excel, data source atau sumber data yang ingin kita gunakan untuk menghasilkan suatu output di Excel dapat kita gunakan dari beberapa pilihan yang sudah disediakan oleh Excel. 

Beberapa sumber data tersebut adalah:

  • Data Source dari Microsoft Acces. Pilihan sumber data ini memungkinkan kita untuk mendapatkan data dari external Excel, yaitu dengan mengimport data dari Microsoft Acces. 
  • Data Source dari Web.  Pilihan sumber data ini memungkinkan kita untuk mendapatkan data dari external Excel, yaitu dengan mengimport data dari suatu halaman website.
  • Data Source dari Text.  Pilihan sumber data ini memungkinkan kita untuk mendapatkan data dari external Excel, yaitu dengan mengimport data dari suatu file Text.
  • Data Source dari sumber lain.  Pilihan sumber data ini memungkinkan kita untuk mendapatkan data dari external Excel, yaitu dengan mengimport data dari beberapa sumber lain yaitu;
    • Dari SQL server, 
    • Dari Analysis Services
    • Dari XML import data
    • Dari Data Connection Wizard
    • Dari Microsoft Query
Dalam tulisan ini saya memberikan sedikit contoh cara membuat data source di Excel dari Microsoft Query.

Data Source Excel Dengan Microsoft Query

Microsoft Query adalah salah satu fasilitas yang di berikan Excel untuk pengguna nya dalam mempermudah pengolahan, pencarian, ataupun penyaringan data dengan cepat. Dalam Microsoft query kita juga dapat menggunakan relasi antar tabel agar penyaringan yang lebih specifik dapat kita gunakan. Setelah kita membuat data Query maka data tersebut dapat kita gunakan kapan saja berdasarkan kategori yang kita inginkan.
 

Untuk lebih jelasnya.....langsung saja kita praktekan. Langkah - langkah nya adalah :
  1. Buka file Excel kamu yang akan di jadikan dasar data untuk pembuatan Query Untuk penjelasan gambarnya saya coba gunakan table saya yang sudah ada di dalam harddisk komputer saya.
  2. Setelah file excel terbuka, klik pada toolbars Data perhatikan seperti yang ditunjuk tanda panah no 1 oleh gambar di bawah ini, kemudian klik form other data source seperti yang ditunjuk oleh tanda panah no 2. Penjelasan di langkah ini maksudnya adalah kita akan memasukan data ke dalam worksheet baru menggunakan data source yang lainExcel Dengan Microsoft Query
  3. Setelah langkah ke dua di lakukan maka akan muncul menu seperti gambar di bawah ini lalu klik pada area microsoft query ( yang di tunjuk oleh tanda panah )  
  4. Selanjutnya setelah langkah kedua kita lakukan maka akan muncul menu microsoft query, dan di sini kita di suruh menentukan data source yang akan kita gunakan. Karena data yang akan kita jadikan referensi data source nya adalah file berformat excel maka kita pilih di bawah kolom database Excel Files.               
  5. Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar di bawah ini yang menunjukan excel sedang menghubungkan ke data source
  6. Pada langkah ini selanjutnya kamu di minta untuk menentukan lokasi file berformat excel yang nanti nya akan kamu jadikan sebagai database untuk data query kamu. 
  7. Tentukan kolom yang akan di munculkan dalam query
  8. Di sini kamu di minta menentukan data yang akan di filter, jika semua data akan kamu masukan maka klik next  
  9. Lalu di langkah ini kamu di minta untuk pengurutan data berdasarkan kategori apa. lalu klik next.
  10. Di langkah ini akan muncul pertanyaan apakah kamu akan langsung memasukan data query nya ke dalam file excel atau perlu meng edit lagi di tampilan view query. Klik Save Query jika kamu ingin menyimpan data query ini agar nanti dapat kamu panggil kembali saat kamu membutuhkan data berdasarkan kategory query yang telah kamu simpan.
  11. Pada gambar di bawah ini adalah tampak tampilan data yang telah kita buat tadi dalam tampilan view edit query. Di tampilan ini kamu dapat menghilangkan atau menambah kolom sesuai kategori yang ingin kamu ambil untuk di tampilkan pada pivot table serta kamu dapat juga membuat relasi antar tabel.
  12. Simpan query yang telah kamu buat ke dalam lokasi di mana kamu biasa menyimpan data - data dan berikan nama yang mudah untuk di ingat agar suatu saat ingin kamu panggil lagi query tersebut kamu dapat langsung mudah mencarinya.
Penjelasan di atas adalah langkah - langkah untuk kita membuat data source dalam microsoft query, setelah langkah - langkah tersebut selesai maka otomatis data query tersebut dapat kita gunakan kapan pun kita membutuhkannya. 

Silahkan komentar pada kolom komentar dibawah, jika ada yang belum dimengerti atau perlu penjelasan lebih detailnya. 
 






Share this article :
 

+ komentar + 7 komentar

yusuf
26 Juni 2011 pukul 00.04

makasih banyak atas penjelasannya. saya sangat terbantu.

27 Juni 2011 pukul 22.20

ok....sama - sama gan. thx atas kunjungannya

miracle_love
28 Juni 2011 pukul 07.00

terimakasih banget bantuannya ,,, bisa ketemu gak kalau dekat aku di jakarta selatan pasarminggu .. atau di serang banten ,, sekalin belajar langsung ,, makasih

28 Juni 2011 pukul 12.54

miracle_love : aku di bekasi tapi dulu aku pernah tinggal di Bukit Duri, Jakarta selatan. Nah jika di serang, aku juga punya family tapi di daerah pandeglang. Bisa aja ketemu tapi di hari - hari libur kerja ( weekend )

2 Februari 2012 pukul 22.08

mo nanya nih,,,
type data dalam excel apa aja eaahhh???????,,,...

4 November 2012 pukul 23.29

Andiny ..... sip terima kasih share artikel nya.

15 April 2020 pukul 03.46

makasih om atas ilmu yang diberikan ...

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger