Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Tulisan dengan judul apa yang dimaksud dengan hosting sengaja saya buat untuk memberikan informasi kepada pembaca blog ini yang mungkin baru mengenal istilah hosting atau sedang mencari pengertian dari kata hosting ini. Istilah hosting sering kali kita dengar dalam proses pembuatan website dan hosting merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam website. Hosting dapat pula kita samakan dengan sebuah tempat penyimpanan secara online yang berfungsi untuk menyimpan file-file kontent dari sebuah website ataupun beberapa website.
Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

Pengertian hosting dalam kehidupan nyata dapat juga diibaratkan atau jika saya coba imajinasikan sebagai contohnya adalah sebagai berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall. Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut. Jadi dalam imajinasi diatas jika kita ingin membangun sebuah website maka kita memerlukan sebuah tempat hosting yang bisa kita dapatkan juga secara online dengan sistem sewa atau gratis, namun seperti pada penjelasan diatas setiap layanan hosting yang diberikan dapat berbeda-beda tergantung dengan kebijakan dari si penyedia layanan hosting.
Perusahaan Hosting biasanya menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.
Ada beberapa kegunaan dan manfaat dari hosting, antara lain:

  • Paling utama hosting bisa anda manfaatkan untuk menyimpan data website anda

  • Hosting bisa anda manfaatkan untuk menyimpan data email

  • Hosting bisa anda manfaatkan untuk menyimpan file dokumen untuk selanjutnya bisa di download dan banyak lagi fungsionalitasnya. 
  •  Nah dari penjelasan diatas mungkin anda jadi sedikit lebih memahami apay yang dimaksud dengan hosting, tapi jika anda ingin memcoba untuk membeli atau menyewa layanan hosting berikut ini saya kasih tips bagaimana cara pintar membeli hosting yang murah 

    Share this article :
     

    Posting Komentar

    Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

    Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

     
    Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
    Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
    Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
    Proudly powered by Blogger