Cara Membedakan isi cell pada tabel Excel Dengan Nilai Antara

Membedakan isi cell pada tabel Excel

Ups syukurlah ada kesempatan untuk menulis lagi setelah seminggu ini di sibukan dengan urusan kantor. Untuk tips kali ini saya masih membahas seputar postingan yang sebelumnya yaitu  Cara Membedakan Isi Cell Pada Tabel Excel Dengan Warna. Nah kali ini cuma sedikit beda untuk penerapan kondisi nya. Jika sebelumnya kita buat kasus bahwa kondisi yaitu isi cell yang bertuliskan buku itulah yang akan berwarna maka untuk tips kali ini kasus penerapan nya adalah bahwa kita menginginkan kondisi di dalam suatu tabel excel, cell yang berwarna adalah yang mempunyai nilai tertentu atau di antara. Maksudnya apabila kita mempunyai suatu kasus di dalam suatu tabel penjualan barang pastinya terdapat nilai  - nilai yang berbeda pada tiap cell nya tergantung calculate yang kita buat, nah di sini kita akan coba memberikan perbedaan dalam cell - cell di tabel tersebut yang mempunyai nilai sekian sampai dengan sekian dengan warna. 
Ok.....untuk memperjelas langsung aja kita praktekan.
  • Klik Home pada area standart menu toolbar, lihat pada gambar di bawah ini !

  •  Sebagai bahan prakteknya buat lah tabel seperti gambar di bawah ini !
  • Dari contoh tabel di atas kita coba membuat kondisi yang menyatakan isi dalam sel yang mempunyai nilai komisi di antara Rp. 200.000 sampai dengan Rp. 500.000 akan berwarna. Di sini maksudnya adalah apabila suatu kasus di dalam sebuah tabel kita ingin memberikan warna pada isi tabel yang mempunyai nilai komisi nya lebih besar atau sama dengan Rp. 200.000 hingga lebih kecil atau sama dengan Rp. 500.000 sedangkan isi cell yang tidak masuk dalam kriteria tersebut tidak berwarna agar kita dapat lebih mudah membedakan data yang satu dengan data yang lainnya. Ikuti instruksi dan panduan yang ditunjukan oleh gambar di bawah ini ! 
  1. Blok area data mana yang akan kita buat Conditional Formatting tersebut
  2. Klik pada icon Conditional  Formatting di area menu toolbar
  3. Klik Highlight Cells Rules
  4. Klik Between
  • Jika intruksi di atas di ikuti maka muncul seperti gambar di bawah ini :

  • Ketik pada kolom di bawah tulisan Format Cells that  are BETWEEN dengan nilai range yang akan anda beri warna. 
  • Klik OK
  • Jika semua petunjuk di atas di lakukan dengan benar maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Cell yang di dalamnya berisi nilai antara Rp. 200.000 s/d Rp. 500.000 maka akan secara otomatis di beri warna. 
Bagaimana bisa khan mempraktekan nya.....??? Ok selamat mencoba dan semoga berhasil....
Share this article :
 

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger