Pengenalan Template Joomla!

Pada artikel kali ini saya mencoba untuk melanjutkan artikel sebelumnya tentang 6 langkah pakai Joomla untuk membuat website keren, dimana artikel ini adalah langkah ke 2 setelah langkah 1 yang membahas bagaimana cara menginstal Joomla. Sebelumnya mungkin masih ada yang belum tahu apa yang dimaksud dengan template ? 
Template adalah suatu struktur yang akan menjadi master untuk halaman - halaman website, sehingga akan menimbulkan kesatuan dan keseragaman dalam website anda. Template inilah yang nantinya akan mengatur tampilan website Joomla yang akan kita buat. Pada aplikasi template Joomla terdapat dua jenis template yang akan kita gunakan, yaitu :
  1. Template Site yaitu template yang dipergunakan untuk tampilan website kita, yang akan dipublikasikan, dikunjungi dan juga yang akan digunakan oleh pengunjung.
  2. Template Administrator adalah template yang akan digunakan oleh administrator untuk mengolah content yang ada didalam website melalui halaman administrator.
Pada saat selesai menginstal Joomla ! yang ditampilkan pertama kalinya di halaman Front-end atau template defaultnya adalah menggunakan template Beez2 - Default 
Untuk template administrator secara defaultnya adalah menggunakan  Bluestork dan Hathor 

Template default Bluestork untuk administrator
Template default Hathor untuk administrator
Pilihan template tersebuat bisa kapan saja anda ganti tergantung mana yang anda suka. Yang akan kita bahas adalah template Site, karena tampilan template ini menentukan bagus tidaknya tampilan suatu website yang nantinya akan dilihat oleh pengunjung, sedangkan proses instal, mengaktifkan, dan proses uninstal pada template admin caranya sama dengan template site. 
Jika anda ingin mengganti template site default maka sudah seharusnya anda mempersiapkan template yang baru tersebut. Untuk mendapatkan berbagai macam template Joomla dan bisa anda dapatkan secara gratis sangat banyak sekali. Untuk mencarinya anda bisa gunakan search engine Google atau Yahoo lalu ketikan kata kunci pencariannya, misalnya "Download template Joomla gratis" maka akan banyak sekali link - link yang ditampilkan untuk merujuk ke lokasi dimana kita bisa mendownload template Joomla secara gratis atau bisa juga langsung download ke situs resminya www.joomla24.com. Setelah masuk pilihlah template yang akan anda download tersebut lalu klik download dan simpanlah file template tersebut. 

Tahap selanjutnya di artikel saya yang akan datang ...... Cara menginstal template Joomla!
Share this article :
 

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger