Cara Mudah Memproteksi Cell Yang Berisi Formula Dengan VBA Excel

Proteksi Cell Yang Berisi Formula Dengan VBA Excel

Memproteksi Cell dengan VBA Excel
Apakah Anda pernah merasa ingin memproteksi cell yang telah Anda isi dengan formula di dalam lembar kerja Excel Anda ? Jika pernah, berarti Anda mengalami hal yang sama juga seperti saya. Saya pun pernah mengalami hal ini, saya seringkali memproteksi cell-cell tersebut. Setiap kali saya selesai membuat file Excel yang berisi penuh dengan formula atau rumus maka saya berusaha untuk memproteksinya hal ini saya maksudkan agar formula atau rumus yang sudah saya buat itu tidak teredit atau terhapus oleh saya sendiri atau orang lain baik di sengaja ataupun tidak sengaja.

Bayangkan jika formula atau rumus yang telah kita buat tadi tanpa sengaja teredit ataupun terhapus, padahal ketika kita membuat formula atau rumus tersebut mereka saling terkait antara rumus yang satu dengan rumus yang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa di dalam Excel sebuah formula bisa terdiri dari beberapa argumen dan referensi cell lainnya maka jika salah satu cell referensi tersebut terhapus atau teredit maka akan mengakibatkan formula pada cell inti akan memunculkan argumen yang salah bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada rumus atau formula tersebut. Jika formula atau rumus yang telah kita buat itu banyak maka akan sangat melelahkan sekali untuk memperbaikinya, karena kita harus cek satu persatu link atau referensi cell yang berhubungan dengan formula yang rusak tersebut untuk mencari tahu bagian mana yang menyebabkan formula kita rusak. 

Jika sudah begini kejadiannya maka akan sangat membuang waktu kita untuk menyusun kembali formula - formula tersebut dalam lembar kerja Excel kita. Untuk menjaga formula yang telah saya buat biasanya jika saya rasa formula yang saya buat itu sudah benar dan sudah sesuai dengan yang diharapkan maka saya akan memproteksinya namun dulu saya melakukannya secara manual dan satu persatu. Waduh ...... sangat melelahkan sekali. ya bagi Anda yang sering bermain dengan formula ataupun rumus pastinya Ada pun bisa membayangkan hal ini ....... melelahkan bukan ?

Setelah mengalami itu akhirnya saya mencoba untuk mengutak - atik bagaimana caranya agar saya bisa memproteksi cell-cell yang sudah saya isi dengan formula ataupun rumus itu dengan cepat menggunakan kode VBA pada worksheet Excel. Hasilnya ternyata fantastis, sekarang berapapun banyaknya formula ataupun rumus yang sudah dibuat dalam berapapun banyak lembar kerja di file Excel tersebut maka saya akan sangat dengan mudah memproteksi secara otomatis. Hal ini saya lakukan dengan menambahkan kode VBA pada file Excel tersebut. 

Dengan pengalaman itu maka sekarang saya ingin memberikan informasi tersebut agar dapat berguna dan bermanfaat juga untuk Anda. Bagaimana caranya ? Caranya mudah kok. Untuk menjadikan lembar kerja terproteksi, Anda cukup menambahkan atau gunakan kode VBA berikut di ThisWorkbook

Private Sub Workbook_SheetSelectionChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)
Dim A As Range
For Each A In Target.Cells
If A.HasFormula Then
ActiveSheet.Protect
Exit Sub
Else
ActiveSheet.Unprotect
End If
Next A
End Sub


Contoh dari file Excel hasil Tutorial Cara Mudah Memproteksi Cell ini dapat Anda download gratis di sini 

Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

11 Mei 2015 pukul 08.29

gan itu artinya setiap file yang berisi formula harus selalu disimpan sebagai file excel enable macro (*.xlsm) ? bisakah jika dibuat sebagai add in saja ?

5 Oktober 2021 pukul 20.48

apakah bisa menggunakan tombol untuk memprotek dan membukanya kembali

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger