Cara Menggunakan Form Control Pada Lembar Kerja di Excel

Form Control Pada Excel

Dari beberapa tulisan saya di blog ini yang membahas tentang Excel mungkin belum semuanya dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan Anda terhadap informasi tentang panduan dan bagaimana cara menggunakan Excel. Hal ini tidak lain dan tidak bukan pastinya juga karena keterbatasan dari segi waktu saya dalam hal memberikan conten-conten terbaru tentang Excel. 
Banyak sekali hal-hal yang dapat kita pelajari lebih jauh mengenai Excel yang dapat berguna untuk keperluan kita dalam menggunakannya.  Salah satunya adalah form controls yang telah disediakan oleh Excel dan yang akan kita bahas pada tulisan kali ini.

Microsoft Excel menyediakan beberapa kontrol untuk lembar dialog yang berguna untuk memilih dari daftar item. Contoh control list box, combo box, tombol spin, dan scroll bar.

Untuk informasi selengkapnya tentang kontrol formulir di Excel, lihat Gambaran umum formulir, kontrol formulir, dan kontrol ActiveX pada lembar kerja.

Metode berikut menunjukkan cara menggunakan list box, combo box, spin buttons, and scroll bars. Namun sebelum Anda dapat menggunakannya, Anda harus mengaktikan terlebih dahulu fungsi tab Developer pada lembar kerja Excel Anda. Bagaimana cara mengaktifkannya ? Disini akan saya jelaskan bagaimana cara mengaktifkan Tab Developer di lembar kerja Excel Anda pada Microsoft Excel versi 2007 dan Microsoft Excel versi 2010. 

Cara Mengaktifkan Tab Developer Pada Excel 2010

Untuk menggunakan kontrol formulir di Excel 2010, Anda harus mengaktifkan tab Developer terlebih dahulu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik File, kemudian klik Options.
    Form Control Pada Lembar Kerja di Excel
  2. Klik Customize Ribbon pada panel sebelah kiri
    .
  3. Pilih kotak centang Developer pada Main Tabs di sebelah kanan, kemudian klik OK.
Cara Mengaktifkan Tab Developer Pada Excel 2007

Untuk menggunakan kontrol formulir di Excel 2007, Anda harus mengaktifkan tab Developer terlebih dahulu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik Microsoft Office Button, kemudian klik Excel Options.
  2. Klik Popular, kemudian pilih dan centang kotak Show Developer tab pada Ribbon, dan kemudian klik OK.
Setelah langkah-langkah di atas Anda lakukan maka tab baru atau tab developer akan muncul pada Ribbon bagian atas sebelah kanan lembar kerja Excel Anda. Selanjutnya Anda dapat mengatur fungsi tool yang tersedia di menu control Excel. 
Pada menu form control ini Anda dapat mulai membuat salah satu atau beberapa control sekaligus dalam lembar kerja Excel Anda, contohnya dapat Anda lihat dan praktekkan sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini :
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda, jika ada sesuatu yang belum jelas dalam Artikel ini maka jangan sungkan untuk menulisnya dalam kolom komentar yang telah disediakan di bawah artikel ini.  
Share this article :
 

+ komentar + 3 komentar

July 16, 2015 at 4:14 AM

mohon tutorial lebih jelas gan

November 1, 2015 at 10:26 AM

Terima kasih ilmunya...sangat bermanfaat bagi saya

March 24, 2016 at 9:32 AM

tq,,,semoga berkah

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan dan kesan beserta saran dan kritiknya melalui kotak komentar yang telah kami sediakan disetiap akhir posting.

Kami selalu menghargai setiap kata yang telah Anda berikan kepada kami dan oleh sebab itu kami pun pasti akan mengunjungi WebBlog Anda untuk menjaga tali silaturahmi.

 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA
Copyright © 2011. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger