Latest Post

3 Langkah Mudah Membuat Form Isi Barang Di Excel Menggunakan UserForm

Pada tulisan saya yang terdahulu tentang aplikasi persediaan barang terdiri dari beberapa worksheet yang dikombinasikan dengan form - form input untuk memudahkan pengguna mengisi ataupun menambahkan daftar barang. Form - form tersebut dibuat menggunakan user form yang ada pada VBA editor di Excel. Bagi Anda yang sudah mengenal dengan istilah user form pada VBA editor mungkin akan sangat mudah untuk membuatnya tapi bagaimana yang belum sama sekali ataupun baru mengenal istitilah ini.
Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi barang tersebut menggunakan User Form pada VBA editor di Excel. 
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

Langkah 1. Membuka Windows Project Explorer
- Tampilkan jendela VBA editor melalui menu Developer


- Tambahkan Form pada jendela VBA project melalui menu Insert lalu klik Usert Form


Maka akan muncul form yang nantinya akan kita design sesuai dengan apa yang kita inginkan. 


Untuk mendesign form tersebut agar sesuai dengan yang kita harapkan maka di perlukan tool-tool seperti Combo List, Combo Box, Text Box, Command Button, Dll. Semua tool tersebut telah disediakan didalam menu Toolbox seperti terlihat pada gambar dibawah ini ; 


Langkah 2. Mendesign Tampilan User Form
- Ubah Properties UserForm1 dengan kriteria Height : 295, Width : 490, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini; 


- Tambahkan 4 buah Frame pada UserForm1 yang tersedia pada menu Toolbox, dan atur tata letak sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini. 


- Ubah Properties Caption untuk tiap-tiap frame, sepeti terlihat pada gambar dibawah ini;
Frame1 ubah ubah properties caption menjadi Data Barang. 


Frame2 ubah properties caption menjadi Jenis


Frame3 ubah properties caption menjadi Informasi Barang


Frame4 ubah properties caption menjadi "    " atau ( kosongkan saja )


Jika Anda telah melakukan seperti yang saya jelaskan di atas maka tampilan UserFrom1 menjadi terlihat seperti dibawah ini; 


Tambahkan tombol kontrol pada tiap-tiap frame dan atur tata letak sesuai dengan area yang tersedia pada tiap frame dengan contoh seperti gambar dibawah ini;


Lalu ubah properties caption pada masing-masing tombol kontrol seperti yang telah saya jelaskan diatas sehingga tampilan form menjadi terlihat seperti gambar dibawah ini;


Langkah 2. Menambahkan Kode Macro VB 

Agar form yang telah dibuat dapat berjalan secara otomatis dan dapat digunakan untuk kebutuhan menginput data barang maka perlu ditambahkan kode macro VB didalamnya.
Sebelum memasukkan kode VB maka terlebih dahulu ubah properties name pada masing-masing tombol kontrol seperti keterangan dibawah ini;

ComboBox1 = CBFilter 
TextBox1 = TBFilter
ListBox1 = LBFILTER
ComboBox2 = CBFILTERJENIS
TextBox1 = TBNama
TextBox2 = TBKode
TextBox3 = TBStok
TextBox4 = TBSatuan
CommandButton1 = CBOK
CommandButton2 = CBBatal
CommandButton3 = CBTambah
CommandButton4 = CBEdit
CommandButton5 = CBHapus
CommandButton5 = CMDTutup

- Lalu pada UserForm1 masukkan kode seperti dibawah ini;

Option Explicit
Dim CbLock As Boolean, Simpan As Boolean
Dim FormMode As String
Dim harga As Double
Const MsgboxTitle = "Daftar Barang"

'=================================================================================
' CCCCC
'=================================================================================
Private Sub CBTAMBAH_Click()
Dim JmlMasuk, JmlKeluar, JmlSisa
    CbLock = True
    Unlok
    TBKode.Value = Empty
    TBNama.Value = Empty
    TBStok.Value = Empty
    FormMode = "Tambah"
End Sub

Private Sub CBBATAL_Click()
    FormMode = "Ready"
    CbLock = False
    Unlok
    RefreshControl
End Sub

Private Sub CBEDIT_Click()
    CbLock = True
    Unlok
    FormMode = "Edit"
End Sub

Private Sub CBOK_Click()
Dim LnBrg As Integer
    If TBKode.Value = Empty Then
        MsgBox "Kode barang masih kosong", vbInformation, MsgboxTitle
        Exit Sub
    End If
    If TBNama.Value = Empty Then
        MsgBox "Nama barang masih kosong", vbInformation, MsgboxTitle
        Exit Sub
    End If
    If FormMode = "Tambah" Then
        LnBrg = SBBRG.Max + 1
    Else
        LnBrg = SBBRG.Value
    End If
    If Not CheckDup(TBKode.Value, "A", LnBrg, FormMode) Then GoTo ErrOk
    With ThisWorkbook.Sheets("DataBarang")
        Application.ScreenUpdating = True
        .Unprotect
        .Range("A" & LnBrg).Value = TBKode.Value
        .Range("B" & LnBrg).Value = TBNama.Value
        .Range("c" & LnBrg).Value = TBStok.Value
        .Range("d" & LnBrg).Value = TBSatuan.Value
        .Range("e" & LnBrg).Value = CBFILTERJENIS.Value
        MsgBox FormMode & " data berhasil", vbInformation, MsgboxTitle
        Simpan = True
        .Protect
        Application.ScreenUpdating = False
    End With
    If FormMode = "Tambah" Then
        Sekrol
        SBBRG.Value = SBBRG.Max
    End If
    CBBATAL_Click
    Exit Sub
ErrOk:
    MsgBox "No ID sudah dipakai", vbCritical, MsgboxTitle
    Exit Sub
End Sub

Private Sub SBBRG_Change()
    RefreshControl
End Sub

Private Sub TBHARGA_Exit(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
    On Error GoTo ErrHarga
    harga = TBHARGA.Value
    TBHARGA.Value = FormatNumber(harga, 0, vbTrue, vbTrue, vbTrue)
    Exit Sub
ErrHarga:
    MsgBox "Hanya Boleh Berisi Angka Saja!", vbOKOnly + vbCritical, MsgboxTitle
    harga = 0
    TBHARGA = FormatNumber(harga, 0, vbTrue, vbTrue, vbTrue)
End Sub

Private Sub TBHARGA_KeyPress(ByVal KeyAscii As MSForms.ReturnInteger)
    If IsNumeric(Chr(KeyAscii)) = False And KeyAscii <> vbKeyBack And KeyAscii <> 44 Then
        KeyAscii = 0
    End If
End Sub

Private Sub TBHARGA_Enter()
    TBHARGA.Value = harga
End Sub

Private Sub CBXKOLFILTER_Change()
    LBFILTER.RowSource = FilterBarang(TBFILTER.Value, CBXKOLFILTER.ListIndex)
End Sub

Private Sub LBFILTER_DblClick(ByVal Cancel As MSForms.ReturnBoolean)
Dim response As VbMsgBoxResult
    If LBFILTER.Value = Null Then Exit Sub
    response = MsgBox("tampilkan data " & LBFILTER.Value & " ??", vbYesNo + vbQuestion, MsgboxTitle)
    If response = vbNo Then Exit Sub
    SBBRG.Value = Application.WorksheetFunction.Match(LBFILTER.Value, ThisWorkbook.Sheets("DataBarang").Range("A:A"), 0)
End Sub

Private Sub TBFILTER_Change()
    LBFILTER.RowSource = FilterBarang(TBFILTER.Value, CBXKOLFILTER.ListIndex)
End Sub

Private Sub UserForm_Activate()
Dim text1 As control
Dim i As Integer
    Application.Calculation = xlCalculationManual
    ThisWorkbook.Activate
    Sheets("DataBarang").Select
    Application.ScreenUpdating = False
    Call Sekrol
    CBXKOLFILTER.Clear
    For i = 1 To 3
        CBXKOLFILTER.AddItem Sheets("DataBarang").Cells(1, i).Value
    Next i
    CBXKOLFILTER.ListIndex = 1
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(2, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(3, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(4, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(5, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(6, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(7, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(8, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(9, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(10, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(11, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(12, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(13, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(14, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(15, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(16, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(17, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(18, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(19, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(20, 1)
        CBFILTERJENIS.AddItem Sheets("DataBarang").Range("K:K").Cells(21, 1)
        CbLock = False
    Call Unlok
    FormMode = "Ready"
    Simpan = False
    Set text1 = Controls.Add("Forms.Label.1", "TT", True)
    text1.Move 12, 360, 420, 12
    text1.Caption = AuthorGen2()
    If SBBRG.Max = 1 Then
        MsgBox "Data masih kosong", vbInformation, MsgboxTitle
        Call CBTAMBAH_Click
        CBBATAL.Enabled = False
        Exit Sub
    End If
    RefreshControl
End Sub

Private Sub UserForm_Terminate()
    Application.Calculation = xlCalculationAutomatic
    Application.ScreenUpdating = True
    ThisWorkbook.Sheets("DataBarang").Range("A" & SBBRG.Value & ":E" & SBBRG.Value).Select
    ThisWorkbook.Sheets("DataBarang").Protect
    If Simpan Then ThisWorkbook.Save
End Sub

'=================================================================================
'                                                                         FFFFFFF
'=================================================================================

Private Function CheckDup(w As Variant, x As String, y As Integer, z As String) As Boolean
Dim TempCD1, TempCD2, RgLook
    On Error GoTo ErrCheckDup
    CheckDup = True
    RgLook = x & "1:" & x & SBBRG.Max
    TempCD1 = Application.WorksheetFunction.CountIf(ThisWorkbook.Sheets("DataBarang").Range(RgLook), w)
    If z = "Tambah" Then
        If TempCD1 > 0 Then CheckDup = False
    ElseIf z = "Edit" Then
        If TempCD1 > 1 Then
            CheckDup = False
        ElseIf TempCD1 = 1 Then
            TempCD2 = Application.WorksheetFunction.Match(w, ThisWorkbook.Sheets("DataBarang").Range(RgLook), 0)
            If TempCD2 <> y Then CheckDup = False
        End If
    End If
    Exit Function
ErrCheckDup:
    MsgBox "ErrCheckDup", vbCritical, MsgboxTitle
    CheckDup = False
End Function

'=================================================================================
' PPPPPPP
'=================================================================================

Private Sub Unlok()
    CBTambah.Enabled = Not CbLock
    CBEdit.Enabled = Not CbLock
    SBBRG.Enabled = Not CbLock
    CBOK.Enabled = CbLock
    CBBATAL.Enabled = CbLock
    TBKode.Locked = Not CbLock
    TBNama.Locked = Not CbLock
    TBStok.Locked = Not CbLock
End Sub

Private Sub Sekrol()
    SBBRG.Max = LastCell(ThisWorkbook.Name, "DataBarang", "A")
    If SBBRG.Max <= 1 Then
        SBBRG.Min = 1
    Else
        SBBRG.Min = 2
    End If
    SBBRG.LargeChange = Round(SBBRG.Max / 5, 0)
End Sub

Private Sub RefreshControl()
Dim JmlMasuk, JmlKeluar, JmlSisa
    With ThisWorkbook.Sheets("DataBarang")
        TBKode.Value = .Cells(SBBRG, 1).Value
        TBNama.Value = .Cells(SBBRG, 2).Value
        TBStok.Value = .Cells(SBBRG, 3).Value
    End With
End Sub

Private Sub CMDTutup_Click()
Unload Me
End Sub

- Tambahkan module1 pada project VBA editor lalu masukan kode dibawah ini; 


- Tambahkan module2 pada project VBA editor lalu masukan kode dibawah ini; 

Option Explicit
Public Function FilterBarang(KeyWord As String, Kolom As Integer) As String
Dim RwCount As Integer
    With ThisWorkbook.Sheets("TabelBarang")
        .Range("A:H").Clear
        .Cells(1, 1).Value = ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Cells(1, Kolom + 1)
        If Kolom < 1 Then
            KeyWord = "*" & KeyWord
        Else
            KeyWord = KeyWord
        End If
        .Cells(2, 1).Value = KeyWord
        With ThisWorkbook.Sheets("Databarang")
            .Unprotect
            If ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Range("A1").CurrentRegion.Rows.Count <= 1 Then
                FilterBarang = "TabelBarang!C2:E2"
                Exit Function
            End If
            .Protect
            If ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Range("A65536").End(xlUp).Row = 1 Then Exit Function
        End With
        ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Unprotect
        ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Range("A1").CurrentRegion.AdvancedFilter Action:=xlFilterCopy, CriteriaRange:=.Range("A1:A2"), CopyToRange:=.Range("C1"), Unique:=False
        ThisWorkbook.Sheets("Databarang").Protect
        RwCount = Application.WorksheetFunction.CountA(.Range("C:C"))
        If RwCount < 2 Then RwCount = 2
        FilterBarang = "TabelBarang!C2:G" & RwCount
    End With
End Function

Public Function LastCell(x, y, z) As Integer
    With Workbooks(x).Sheets(y)
        .Unprotect
        LastCell = .Range(z & "1").CurrentRegion.Rows.Count
        .Protect
    End With
End Function

Public Function BrgDet(x, y)
Dim RgLook
Dim MatchLn
    With ThisWorkbook.Sheets("Databarang")
        .Unprotect
        If .Range("A1").CurrentRegion.Rows.Count <= 1 Then
            BrgDet = Empty
            Exit Function
        End If
        RgLook = "A1:A" & .Range("A1").CurrentRegion.Rows.Count
        MatchLn = Application.WorksheetFunction.Match(x, .Range(RgLook), 0)
        BrgDet = .Range(y & MatchLn).Value
        .Protect
    End With
End Function

Public Function kategori() As Integer
    With ThisWorkbook.Sheets("DataBarang")
        ListIndex = Range("A:H").Select
    End With
End Function

- Agar kode macro VB di atas dapat berjalan sebagaimana mestinya maka tambahkan worksheet baru pada workbook yang aktif lalu rename menjadi TabelBarang. 
- Untuk mencoba hasil dari kode macro tersebut tekal tombol F5 pada keyboard komputer atau laptop Anda. 

Bagaimana mudahkan? ok silahkan Anda mencoba tutorial ini !!! Jika ada yang perlu ditambahkan atau Anda masih merasa kesulitan maka Anda bisa menanyakan ataupun menginformasikan melalu kolom komentar dibawah ini. 
Sebagai bahan untuk latihan Anda juga bisa menggunakan file yang sudah jadi hasil dari tutorial ini dengan mendownload pada link dibawah ini:
 

 

Koleksi Template Kalender Tahunan Excel

Kumpulan template kalender tahunan Excel ini sangat mudah digunakan, mudah menyesuaikan, dan mudah untuk dicetak. Masing-masing dari kalender tahunan termasuk 12 bulan pada satu halaman, dimulai dengan tahun dan bulan pilihan Anda. Anda mudah untuk mengedit kalender tahunan ini dan tidak menggunakan macro. Jika Anda perlu membuat kalender untuk rumah Anda, sekolah, klub, bisnis, atau organisasi lainnya, lihatlah banyak format dan gaya yang dapat Anda download secara gratis dihalaman ini dengan berbagai pilihan format template yang sesuai untuk Anda.

Membuat dan mencetak kalender tahunan Anda sendiri untuk setiap tahun, dimulai dengan bulan atau hari dalam seminggu (Minggu pertama atau Senin-pertama). The XLSX versi baru untuk Excel 2007 atau yang lebih baru adalah tema-diaktifkan, yang berarti bahwa Anda dapat memilih skema warna yang berbeda dengan hanya pergi ke Page Layout> Colors.


"Tidak ada Instalasi, Tidak ada Macro - Hanya Spreadsheet Sederhana"

Kalender ini gratis untuk Anda gunakan secara pribadi ( Berlaku untuk semua download kalender di
halaman ini). Anda dapat mencetak banyak salinan kertas dari kalender ini sejumlah yang Anda butuhkan.
Kalender tahunan (Portrait)
Kalender tahunan abadi ini memungkinkan Anda memasukkan tahun dan bulan dimulai serta memilih hari dalam seminggu sebagai hari pertama.

Anda dapat men-download secara baik Excel 2003, Excel 2007 +, atau OpenOffice.org. Tiga desain lain yang tersedia untuk Excel 2007 atau yang lebih baru.
Download Type Bold Design
Type Bold Design

Type Bold Design  Download for Excel 2007+ (.xlsx & Excel for iPad)











Type Classic Design
Type Classic Design  Download for Excel 2007+ (.xlsx & Excel for iPad)












Type Classic Design  Download 









Kalender tahunan dengan Catatan (Portrait)
Bila Anda menggunakan kalender untuk perencanaan, template ini akan sangat membantu untuk membuat daftar peristiwa penting. Template ini memungkinkan Anda menambahkan tanggal dan deskripsi untuk ulang tahun, peringatan, dll

Type Chamfer Design  Download 


Type Bold Design  Download










Template Kalender Tahunan Dengan Photo
Kalender foto ini sangat menarik. Type kalender ini juga berguna untuk mempromosikan bisnis layanan Anda. Template ini memungkinkan Anda memasukan foto, logo, atau gambar lainnya di atas kalender.
Template ini tersedia dalam empat desain yang berbeda, untuk Excel 2007 atau yang lebih baru. Semuanya adalah tema-diaktifkan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengubah warna.

Type Chamfer Design  Download 


 

Excel Gantt Chart Untuk Menjadwalkan Project

Aplikasi excel gantt chart ini merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting untuk anda dalam mengelolah sebuah project yang dapat membantu penjadwalan tugas-tugas Anda. Gantt chart adalah alat penting untuk setiap manajer proyek. Ini membantu Anda dalam membuat jadwal untuk proyek Anda dan melacak status dari setiap tugas. Ada banyak alat untuk membuat grafik gantt, namun aplikasi ini jauh lebih lengkap dan kompleks dari yang lainnya.

Jika Anda sering menggunakan Excel, Maka Anda pastinya dapat dengan mudah membuat jadwal proyek dan tugas-tugas Anda dengan tidak ada kesulitan sama sekali.

Excel Gantt Chart
Excel Gantt Chart
Untuk kegiatan manajemen proyek yang rumit, Anda mungkin perlu alat seperti Microsoft Project. Tapi, jika Anda ingin membuat jadwal proyek sederhana dengan cepat dan mudah, Anda hanya perlu keterampilan dasar Excel untuk menggunakan template ini (seperti mengetahui bagaimana untuk menyalin dan menyisipkan baris).

Aplikasi Excel ini dengan mudah membuat dan mencetak jadwal proyek menggunakan Excel. Setiap baris dari lembar kerja merupakan tugas yang terpisah. Yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tanggal mulai dan durasi dari setiap tugas.

Untuk menambahkan lebih banyak tugas, Anda hanya cukup mengcopy dan pastekan baris ke baris selanjutnya.
Untuk mengubah rentang tanggal yang ditampilkan di area grafik, Anda hanya cukup geser scroll bar.
Untuk dapat juga melacak status tugas, dan mengedit kolom Lengkap% untuk mengetahui seberapa persen progress dari tiap-tiap tugas yang telah dijadwalkan.

Download Aplikasi Excel Gantt Chart 
Aplikasi yang Anda download adalah versi trial selama 30 hari untuk mengaktivasinya silahkan baca di sini 


 

Aplikasi Excel Untuk Menyusun Jadwal Produksi

Untuk menyusun jadwal produksi ada banyak aplikasi software yang digunakan oleh perusahaan. Dari mulai software yang terintegrasi dengan maximal seperti SAP ataupun software yang terbatas. 

Semua software yang dibutuhkan tersebut pastinya sangatlah mahal tergantung fasilitas yang tersedia, namun dalam kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit aplikasi yang dibuat dengan Excel namun mampu berfungsi untuk menyusun jadwal produksi yang kita inginkan.

Aplikasi Excel

Menyusun Jadwal Produksi

Kegiatan membuat jadwal produksi sangatlah penting untuk dilakukan khusunya pada perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur, hal ini karena akan menentukan bagaimana ketepatan waktu terhadap pengiriman yang dijanjikan. 

Untuk bersaing dengan industri-industri lainnya maka kepuasan pelanggan adalah no 1, dan ini dapat dicapai salah satunya dengan kemampuan perusahaan dalam melakukan ketepatan waktu pengiriman yang sudah dijanjikan.

Biasanya dalam sebuah perusahaan ada sebuah departemen khusus yang bertanggung jawab terhadap pembuatan jadwal ataupun perencanaan produksi yang sering disebut dengan PPC ( Production Planning Control ). 

Orang yang bertanggung jawab sebagai perencanaan produksi ini biasa juga disebut sebagai Planner, dan Planner ini lah yang akan menyusun perencanaan produksi ini.

Nah bagi Anda yang kebetulan bekerja dan bertanggung jawab sebagai Planner dan kesulitan dalam menyusun jadwal produksi yang akan direncanakan, tidak ada salahnya Anda mencoba aplikasi Excel ini yang berfungsi untuk membantu Anda dalam menyusun perencanaan produksi di tempat Anda bekerja.

Aplikasi excel " Production Schedule " ini sudah terformat dan berisi rumus-rumus serta formula-formula yang akan menghitung secara otomatis sehinga mampu menentukan waktu rencana produksi akan dimulai sampai kapan rencana waktu produksi akan selesai dengan memperhitungkan waktu pengiriman yang telah ditentukan. 

Selain itu pada aplikasi excel " Production Schedule " ini juga mampu memberikan tanda ketika perencanaan produksi yang Anda buat akan bermasalah secara kapasitas produksi ataupun waktu yang tersedia, dan aplikasi excel ini akan memberitahukan ke Anda agar Anda merevisi atau me "rescheduling" perencanaan yang sudah Anda buat akan sesuai dengan waktu dan kapasitas yang tersedia di perusahaan Anda bekerja. 

Bagaimana Anda ingin mencobanya ?

Aplikasi excel ini dapat Anda download pada link dibawah ini :

Setelah download untuk Login ke "Aplikasi Production Schedule" masukan password : PPC

Catatan: 
Aplikasi Menyusun Jadwal Produksi yang Anda download adalah versi Trial dengan masa waktu 30 hari. Setelah 30 hari aplikasi ini tidak dapat digunakan kecuali Anda memasukkan kode license untuk mengaktivasinya kembali. Untuk mendapatkan kode aktivasinya, Anda bisa klik link ini: Kode Aktivasi Aplikasi Production Schedule








 

Permintaan Password Aplikasi Persedian Excel

Sudah lama saya tidak update content di blog ini, tahu - tahu sudah ada beberapa comment yang belum sempat saya reply. Saya mohon maaf jika komentar Anda tidak bisa langsung saya reply pada hari itu juga, hal ini bukan berarti saya malas untuk membalasnya. Tetapi hal ini dikarenakan ada beberapa kesibukan yang harus saya jalani pada kehidupan nyata saya. Namun dalam kesempatan kali ini saya mencoba meluangkan waktu saya untuk menulis lagi di blog ini. 

Password Aplikasi Persedian Excel

Tulisan kali ini saya tidak membahas ataupun mencoba membuat tutorial baru tetapi lebih menjelaskan sebuah permintaan maaf yang sekaligus dapat menjawab semua komentar yang rata-rata banyak meminta password kode VBA. Dengan berbagai alasan kebutuhan akan permintaan password kode VBA tersebut, yang pastinya saya melihat permintaan tersebut pastilah kita semua pada dasarnya ingin belajar dan mungkin dapat mengembangkan kembali aplikasi tersebut menjadi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 
Hal ini sangatlah wajar, saya pun merasakan seperti itu ketika mencoba mengembangkan sebuah aplikasi Excel pastinya saya akan mencari tahu kode-kode didalamnya dan akan berusaha mempelajarinya untuk dapat saya kembangkan kembali. Nah oleh karena itu karena inti tujuan awalnya sayamembuat blog ini adalah untuk berbagi semua informasi yang saya ketahui maka tidak akan sungkan juga saya membagi password kode VBA aplikasi persediaan excel ini untuk anda kembangkan. Tapi yang perlu anda ingat untuk membuat  aplikasi ini saya pun mesti memutar otak agar dapat mengembangkannya oleh karena itu jika anda pun berbaik hati dengan saya maka saya akan senang untuk berbagi password aplikasi persedian excel ini dengan anda.
Namun untuk mendapatkannya anda harus memenuhi syarat yang sudah saya tentukan. Setelah saya rasa syarat - syarat yang saya tentukan sudah anda lakukan maka saya akan mengirimkan passwordnya ke email anda. 
Apakah syaratnya ?
Karena tujuannya adaalah berbagi maka saya pun memberikan syaratnya adalah anda bersedia berbagi informasi ini kepada teman-teman lainnya, Caranya : 

  1. Jika Anda punya blog juga maka kamu cukup menulis atau mereview tentang aplikasi ini dengan menyertai link asli dari aplikasi ini yaitu : http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html
  2. Anda cukup berkomentar 3 kali di blog-blog yang berbeda dengan memberikan atau menambahkan link ini http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html di kolom komentar tersebut. 
  3. Anda kirimkan link informasi ini http://iyanzone.blogspot.com/2014/11/membuat-aplikasi-persediaan-pakai-excel.html ke sebuah forum diskusi atau group di sosial media yang berbeda sebanyak 3 kali contohnya pada group yang ada di Facebook, komunitas Google plus atau twitter. Silahkan Anda share informasinya dengan disertai link blog ini. 
Gimana syarat-syaratnya cukup mudah bukan ? saya tidak meminta uang kepada anda. saya hanya meminta anda untuk menshare atau berbagi kepada teman-teman yang lain atas informasi ini, dan syarat ini saya rasa cukup adil. Saya membagi Anda password kode VBA aplikasi excelnya dan anda berbagi juga kepada orang lain tentang aplikasi ini dengan menyertai sumber linknya. 
Setelah anda melakukan syarat-syarat yang sudah saya tentukan maka segera anda berkomentar pada kolom komentar di bawah posting ini dengan memberikan informasi link-linknya kemana anda berbagi informasi ini dan jangan lupa tulis juga email anda karena passwordnya akan saya kirimkan ke email kamu. Jadi jangan buang-buang waktu segera penuhi syarat-syaratnya agar kamu bisa cepat juga mendapatkan passwordnya. 
 

Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA

Ketika dalam database Excel Anda terdiri dari banyak data (baris) dan kemungkinan terjadinya nilai ganda pasti ada, kecuali Anda membatasi atau menolak nilai ganda pada saat pengentrian data.

Akan tetapi jika sudah terlanjur mengentry data dalam jumlah banyak sedangkan Anda hanya menginginkan 1 (satu) nilai atau data yang unik (tidak ada nilai ganda), maka apakah harus mencarinya satu-persatu ??? Saya yakin pasti membutuhkan tingkat kejelian yang sangat tinggi.

Solusi yang paling tepat untuk kasus seperti di atas adalah menggunakan VBA. Dengan menggunakan kode VBA, pekerjaan yang membutuhkan waktu, kejelian, serta kesabaran tersebut, dapat dilakukan dengan sekejap mata.

Sebagai contoh, lihat ilustrasi berikut ini :
Menghapus Nilai Ganda Menggunakan VBA

Dari data tersebut di atas tampak terlihat beberapa data atau nilai yang sama, dan untuk menghapusnya, Anda tinggal memasukkan module berikut ini di jendela VBA Anda.

Option Explicit

Sub HapusDuplikat()

Dim x As Long
Dim LastRow As Long

LastRow = Range("A65536").End(xlUp).Row
For x = LastRow To 1 Step -1
If Application.WorksheetFunction.CountIf(Range("A1:A" & x), Range("A" & x).Text) > 1 Then
Range("A" & x).EntireRow.Delete
End If
Next x

End Sub

Untuk langsung melihat hasilnya, tekan F5 di keyboard Anda, tapi sebelumnya pastikan Macro Excel Anda sedang dalam keadaan aktif (enable)

Catatan :
kode di atas 'hanya' akan menghapus nilai ganda yang terdapat di kolom A saja, artinya jika terdapat nilai ganda di kolom selain A maka kode tersebut tidak akan berhasil, solusinya adalah mengganti huruf "A" dengan huruf lain yang mewakili kolom yang anda inginkan.
Range("A65536") merupakan baris maksimal yang dimiliki oleh Excel versi 2007 ke bawah, jika Anda menggunakan versi 2007 ke atas - ada baiknya Anda menggantinya dengan nilai Range("A1048576")
 

Membuat Aplikasi Persediaan Pakai Excel

Aplikasi Persediaan Excel

Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara menghitung persedian optimum dengan metode EOQ untuk menetukan berapa banyak persediaan yang harus kita kontrol. Namun dalam kontrol persediaan tersebut kita perlu juga mengetahui jumlah keluar dan masuknya persediaan tersebut hal ini agar kita dapat membuat keputusan untuk membuat order kembali. Banyak sekali software yang mampu memberikan fungsi terhadap kontrol persediaan itu namun semuanya dapat Anda gunakan jika Anda membelinya, hal ini mungkin akan menjadi pertimbangan Anda juga. 

Tapi disini saya memberikan sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengontrol persediaan itu secara gratis alias tidak bayar. Aplikasi ini dapat berfungsi untuk mengontrol keluar dan masuknya barang serta membuat laporan-laporan sederhana. Aplikasi ini menggunakan program Excel dengan penambahan kode-kode macro didalamnya untuk melakukan perintah-perintah yang ada didalam kontrol aplikasi ini. Dikarenakan aplikasi persediaan ini dibuat dari Excel maka pastinya dapat dengan mudah Anda gunakan karena tidak perlu menginstal software lainnya sebagai pendukungnya.

Kenapa saya katakan dapat langsung Anda gunakan ? selain tanpa harus instal software pendukung, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan program microsoft excel yang saya yakin pastinya ketika Anda membeli sebuah komputer ataupun laptop didalamnya sudah terinstal program Excel ini ( baik yang bajakan ataupun yang original ). Namun saya tidak membahas soal bajakan atau original karena itu bagian dari privasi Anda. Yang mau saya jelaskan disini lebih pada penggunaan aplikasi persediaan ini saja. 

Pada aplikasi persediaan Excel ini ada beberapa menu yang dapat digunakan, yaitu: 
  • Menu Daftar Barang. 
    • Menu berisi sebuah control berupa form input barang yang berfungsi untuk menambah, menghapus atau mengedit barang yang akan disimpan pada tabel daftar barang. 
      Menu Daftar Barang
      Membuat Aplikasi Persediaan Pakai Excel
      Form Input Barang
  • Menu Mutasi Barang. 
    • Menu ini berisi sebuah control berupa form mutasi barang yang berfungsi untuk melakukan transaksi terhadap keluar dan masuknya barang sehingga akan menghitung sisa barang yang tersedia pada stock jurnal. 
      Menu Mutasi Barang
      Form Mutasi Barang
  • Menu Laporan
    • Menu ini berisi sebuah form yang berfungsi untuk membuat laporan-laporan sederhana mengenai transaksi-transaksi yang sudah dilakukan terhadap persediaan barang. Laporan-laporan ini dapat diatur berdasarkan rentang waktu dan jenis atau tipe barang yang Anda inginkan. 
Menu Laporan Barang
Form Laporan Barang
  • Form About
    • Form ini berfungsi untuk penjelasan detail tetang aplikasi ini. 
Aplikasi ini masih cukup sederhana jika untuk memenuhi kebutuhan Anda yang kompleks, namun sedikitnya sudah bisa untuk mengontrol keluar masuknya barang dan membuat sebuah laporan. 
Contoh dari file Excel hasil Tutorial Membuat Form Login di Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini

Contoh dari file Excel hasil Tutorial Membuat Aplikasi Persediaan di Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini 
 

Langkah-Langkah Membuat Macro Pada Excel

Ada banyak cara, tips dan trik, serta langkah-langkah membuat macro pada Excel. Dengan membuat macro pada Excel maka Anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas di Excel dengan mudah dan cepat. 

Dalam bab ini, saya berikan beberapa tutorial yang terkait dalam membuat macro pada Excel serta mengaplikasikannya pada sebuah tombol atau perintah lain di Excel.

Contoh dibawah adalah bagaimana kita memberikan sebuah perintah kepada suatu tombol yang nantinya akan menjalankan tugas berdasarkan kode macro yang dibuat. Untuk memulainya, kita bisa aktifkan terlebih dahulu Tab Developer yang ada pada lembar kerja Excel kita. 

Langkah 1 Membuat Macro Pada Excel : Aktifkan Developer Tab

Untuk mengaktifkan tab Developer, jalankan langkah-langkah berikut:
  1. Klik kanan di manapun pada Ribbon, dan kemudian klik Customize Ribbon.
    Cara Sederhana Membuat Macro Excel
  2. Di bawah Customize Ribbon, di sisi kanan kotak dialog, pilih tab Utama (jika perlu).
  3. Periksa kotak centang Developer.

  4. Click OK.
  5. Anda dapat menemukan tab Pengembang sebelah tab View.
Lalu langkah selanjutnya yang akan kita lakukan yaitu mengaplikasi macro sederhana pada sebuah tombol perintah didalam buku kerja Excel. 

Langkah 2 Membuat Makro Pada Excel : Buat Command Button

Untuk menempatkan tombol perintah pada lembar kerja Anda, jalankan langkah-langkah berikut.
  1. Pada tab Developer, klik Insert.
  2. Dalam Kontrol kelompok ActiveX, klik Command Button.
  3. Tarik Command Button pada lembar kerja Anda.

Langkah 3 Membuat Makro Pada Excel : Tetapkan Kode Perintah Macro

Untuk menetapkan makro (satu atau lebih baris kode) ke tombol perintah, jalankan langkah-langkah berikut.
  1. Klik kanan CommandButton1 (pastikan Desain Mode dipilih).
  2. Klik View Code.
  3. Tempatkan kursor antara Private Sub CommandButton1_Click () dan End Sub.
  4. Tambahkan baris kode ini. Range("A1").Value = "Hello"Catatan: jendela di sebelah kiri dengan nama Sheet1, Sheet2 dan Sheet3 disebut Project Explorer. Jika proyek Explorer tidak terlihat, klik View, Project Explorer. Untuk menambahkan jendela Kode untuk lembar pertama, klik Sheet1 (Sheet1). 
  5. Tutup Visual Basic Editor.
  6. Klik tombol perintah pada lembar (pastikan Desain Mode terpilih).
Pada kode perintah yang telah kita tetapkan seperti dibawah ini

Private Sub CommandButton1_Click()
Range("A1").Value = "Hello"
End Sub 
Maksudnya adalah memberikan perintah pada tombol yang ketika di klik maka akan memasukkan kata Hello pada cell A1.

Selain contoh sederhana di atas, ada juga beberapa yang mungkin perlu Anda baca tutorial lainnya dibawah ini yang masih terkait dengan cara membuat macro pada Excel. 
 
 

Tutorial Membuat Menu Baru Di Worksheet Menu Bar Excel Dengan Kode Macro VBA

Membuat Menu Baru Di Worksheet Menu Bar Excel

Tutorial kali ini judulnya panjang banget ya ??? hehehe. Saya sendiri juga bingung mau kasih judul yang pendek nya seperti apa ya ???. Begini saya kasih judul seperti ini buk
an tanpa alasan, ini agar Anda yang membaca tutorial ini nantinya bisa lebih tahu maksud atau istilah-isilah yang akan saya jelaskan di tutorial ini. Tapi jika memang Anda masih belum mengerti maksudnya, begini deh saya jelasin dulu sekalian saya kasih screen shoot nya aja ya ?.  Maksud dari menu baru ini adalah bahwa kita akan membuat suatu menu tambahan di dalam worksheet Excel dengan menggunakan kode macro VBA yang tersedia di Excel. Menu baru yang akan kita buat ini sebelumnya tidak tersedia di dalam Excel tapi di tutorial ini kita akan membuatnya sendiri dengan kode VBA Excel dan kata-kata ataupun bahasa yang di tampilkan pada menu baru ini dapat kita sesuaikan berdasarkan kebutuhan kita. Sebagai contoh disini langsung aja deh lihat screenshootnya biar jelas !!! 




















Selain menggunakan kode macro VBA, untuk membuat menu juga bisa kita lakukan melalui perintah yang sudah di sediakan oleh excel sehingga kita dapat membuat custom toolbar sendiri. Namun pada tutorial kali ini saya lebih akan menjelaskan bagaimana caranya membuat menu tambahan ini dengan menggunakan kode macro VBA di Excel.  Prinsip kerja kode macro yang akan kita buat ini yaitu pada saat kita membuka suatu file excel maka secara otomatis akan ditambahkan menu baru pada Worksheet Menu Bar Excel Kita … dan sebaliknya pada saat kita tutup filenya menu-menu tersebut akan menghilang.
Ya pengertian singkatnya menurut saya ada dua macam kontrol yang bisa kita tambahkan yaitu :
  1. Menu yang berupa ControlPopup dan
  2. Menu Item yang berupa ControlButton
Perbedaan keduanya adalah Pada ControlPopup kita dapat menambahkan kontrol-kontrol lain, kontrol-kontrol yang dapat kita tambahkan dapat berupa ControlPopup maupun ControlButton, sedangkan pada ControlButton tidak dapat kita tambahkan kontrol lainnya. 


Sekarang kita akan menambahkan menu baru pada Worksheet Menu Bar …  sebagai contoh kita buat menu yang kita kasih nama “User Menu” yang terdiri atas :

1. SubMenu1, yang berupa ControlPopup , terdiri atas :
  • MenuItem1, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro1
  • MenuItem2, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro2
  • MenuItem3, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro3
2. SubMenu2, yang berupa ControlPopup , terdiri atas :
  • MenuItem4, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro4
  • MenuItem5, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro5
  • SubSubMenu1, yang berupa ControlPopup , terdiri atas :
  • MenuItem6, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro6
  • MenuItem7, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro7
3. MenuItem8, yang berupa ControlButton yang terhubung dengan macro8

Sekarang kita membuat macro Auto_Close terlebih dahulu … kode-kode ini akan dijalankan pada saat WorkBook di Close … berisi kode macro yang berfungsi untuk menghilangkan menu yang dimaksud (yang saya kasik nama “User Menu”) dari Menu Bar. 

Sub Auto_Close()
On Error Resume Next
Application.CommandBars(“Worksheet Menu Bar”).Controls(“ContohMenu”).Delete
End Sub

Kode-kode untuk menyusun menu “User Menu” saya taruh di macro Auto_Open … agar setiap kali dibuka maka otomatis menu “User Menu” juga di load.

Sub Auto_Open()
      Auto_Close
      Set Menu1 = CommandBars(“Worksheet Menu Bar”).Controls.Add(Type:=msoControlPopup, Temporary:=True)
            Menu1.Caption = “&User Menu”
            Menu1.BeginGroup = True
      Set SubMenu1 = Menu1.Controls.Add(Type:=msoControlPopup, Temporary:=True)
            SubMenu1.Caption = “&Input Data″
      Set SubMenu2 = Menu1.Controls.Add(Type:=msoControlPopup, Temporary:=True)      
           SubMenu2.Caption = “&Laporan″
      Set CtrlBtn8 = Menu1.CommandBar.Controls.Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
            With CtrlBtn8
                  .Caption = “&Print”
                  .TooltipText = “Menu Item 8″
                  .Style = msoButtonCaption
                  .OnAction = “macro8″
                  .BeginGroup = True
            End With
      Set Ctrl1 = SubMenu1.CommandBar.Controls _
            .Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
      With Ctrl1      
            .Caption = “&Data Anggota”
            .TooltipText = “MenuItem 1″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro1″
        End With
Set Ctrl2 = SubMenu1.CommandBar.Controls _
            .Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl2
            .Caption = “&Data Nilai”
            .TooltipText = “MenuItem 2″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro2″
         End With
Set Ctrl3 = SubMenu1.CommandBar.Controls _
            .Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl3
            .Caption = “&Data Peminjaman Buku”
            .TooltipText = “MenuItem 3″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro3″
End With
Set Ctrl4 = SubMenu2.CommandBar.Controls _
.Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl4
            .Caption = “&Kas Perpustakaan”
            .TooltipText = “MenuItem 4″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro4″
End With
Set Ctrl5 = SubMenu2.CommandBar.Controls _
.Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl5
            .Caption = “&Nilai Siswa”
            .TooltipText = “MenuItem 5″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro5″
End With
Set SubSubMenu1 = SubMenu2.Controls.Add(Type:=msoControlPopup, Temporary:=True)
SubSubMenu1.Caption = “&Aset Kantor″
Set Ctrl6 = SubSubMenu1.CommandBar.Controls _
.Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl6
            .Caption = “&Komputer”
            .TooltipText = “MenuItem 6″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro6″
End With
Set Ctrl7 = SubSubMenu1.CommandBar.Controls _
.Add(Type:=msoControlButton, ID:=1)
With Ctrl7
            .Caption = “&Printer”
            .TooltipText = “MenuItem 7″
            .Style = msoButtonCaption
            .OnAction = “macro7″
End With
End Sub

Kode-kode macro yang akan dijalankan masing-masing menu adalah sebagai berikut : 

Sub macro1()
UserForm1.Show
End Sub

Sub macro2()
      MsgBox “Jalankan kode menu Dua”, vbInformation, “Menu #2″
End Sub

Sub macro3()
      MsgBox “Jalankan kode menu Tiga”, vbInformation, “Menu #3″
End Sub

Sub macro4()
      MsgBox “Jalankan kode menu Empat”, vbInformation, “Menu #4″
End Sub

Sub macro5()
      MsgBox “Jalankan kode menu Lima”, vbInformation, “Menu #5″
End Sub

Sub macro6()
      MsgBox “Jalankan kode menu Enam”, vbInformation, “Menu #6″
End Sub

Sub macro7()
      MsgBox “Jalankan kode menu Tujuh”, vbInformation, “Menu #7″
End Sub

Sub macro8()
      MsgBox “Jalankan kode Delapan”, vbInformation, “Menu #8″
End Sub

Kode-kode diatas tidak usah dicopy … tapi file Excel hasil contoh tutoril ini di download aja karena ada kodenya lengkap dengan keterangannya juga. Semoga bermanfaat untuk Anda. 


Tertarik dengan tulisan ini, Anda dapat mendownlod gratis di sini 


Contoh dari file Excel hasil Tutorial  Membuat Menu Baru Di Worksheet Menu Bar Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini 



Promo Otomotif


 

Pengertian Kode Macro VBA If Else Di Excel

Pengertian Kode Macro VBA If Else Di Excel 


Kode Macro VBA If  Else Di Excel
Kode macro VBA di Excel berbagai macam tipe dan jenisnya tergantung pada situasi dan kondisi kode macro yang akan digunakan. Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi [macro], sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. 

Dalam penggunaannya seringkali kode macro dari fungsi If dan Else yang sering digunakan. Fungsi IF pada VBA Excel merupakan salah satu dari struktur kontrol, struktur kontrol adalah perintah dengan bentuk (struktur) tertentu yang digunakan untuk mengatur (mengontrol) jalannya program. Fungsi IF Else sangat banyak kegunaannya dalam pemrograman Macro VBA Excel seperti untuk pembuatan Form Login atau bisa juga untuk Validasi TextBox dan masih banyak lagi kegunaannya. 

Ada beberapa cara penulisan untuk menggunakan fungsi If Else di VBA Excel dan informasi ini saya kutip dari www.rumusexcel.com bisa menjadi referensi juga untuk Anda untuk belajar Excel 

IF<kondisi>THEN<buka program>END IF

Penulisan kode di atas jika dijabarkan maka akan mendapatkan suatu logika bila <kondisi> bernilai True maka <buka program >  akan dikerjakan.

IF<kondisi>THEN
  <buka program 1>
ELSE
  <buka program 2>
END IF

Penulisan kode di atas jika dijabarkan maka akan mendapatkan suatu logika bila < kondisi > bernilai True maka <buka program 1> yang akan dikerjakan, tetapi bila <kondisi> bernilai False maka  <buka program 2> yang akan dikerjakan.

IF<kondisi 1>THEN
   <buka program 1> 
  ELSEIF<kondisi 2> THEN
   <buka program 2> 
  ELSE
   <buka program 3>
  END IF 

Penulisan kode di atas jika dijabarkan maka akan mendapatkan suatu logika Bila < kondisi 1>bernilai True maka <buka program 1>  akan dikerjakan, bila < kondisi 2> bernilai True maka <buka program 2>  akan dikerjakan dan bila  < kondisi 1> dan < kondisi 2> bernilai False maka <buka program 3> yang akan di kerjakan.

Contoh sederhana penggunaan IF Else adalah sebagai berikut: 
  1. Buka Aplikasi Microsoft Excel. 
  2. Tekan tombol Alt+F11 untuk menampilkan jendela Microsoft Visual Basic. 
  3. Klik kanan pada Sheet1(Sheet1) pada VBAProject dan pilih view code. 
  4. Kemudian masukkan script dibawah ini: ( lihat contoh pada gambar ) 
Private Sub Worksheet_SelectionChange(ByVal Target As Range)
If Range("A1") = 1 Then
     Range("B1") = "Warna kuning"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 6
ElseIf Range("A1") = 2 Then
     Range("B1") = "warna hijau"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 4
ElseIf Range("A1") = 3 Then
     Range("B1") = "warna merah"
     Range("A1").Interior.ColorIndex = 3
End If
End Sub 
    
     5. Setelah selesai, coba ketikkan angka 1, 2 dan 3 pada Sheet 1 Cell A1 maka hasilnya akan seperti terlihat pada gambar animasi di bawah ini:

       6. Terakhir jika ingin menyimpannya silahkan pilih ekstensi *.xlsm atau *.xlsb.


Tertarik dengan tulisan ini, Anda dapat mendownlod gratis di sini 


Contoh dari file Excel hasil Tutorial  kode If Else di Excel ini dapat Anda downlod gratis di sini 

 

Cara Mudah Memproteksi Cell Yang Berisi Formula Dengan VBA Excel

Proteksi Cell Yang Berisi Formula Dengan VBA Excel

Memproteksi Cell dengan VBA Excel
Apakah Anda pernah merasa ingin memproteksi cell yang telah Anda isi dengan formula di dalam lembar kerja Excel Anda ? Jika pernah, berarti Anda mengalami hal yang sama juga seperti saya. Saya pun pernah mengalami hal ini, saya seringkali memproteksi cell-cell tersebut. Setiap kali saya selesai membuat file Excel yang berisi penuh dengan formula atau rumus maka saya berusaha untuk memproteksinya hal ini saya maksudkan agar formula atau rumus yang sudah saya buat itu tidak teredit atau terhapus oleh saya sendiri atau orang lain baik di sengaja ataupun tidak sengaja.

Bayangkan jika formula atau rumus yang telah kita buat tadi tanpa sengaja teredit ataupun terhapus, padahal ketika kita membuat formula atau rumus tersebut mereka saling terkait antara rumus yang satu dengan rumus yang lainnya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa di dalam Excel sebuah formula bisa terdiri dari beberapa argumen dan referensi cell lainnya maka jika salah satu cell referensi tersebut terhapus atau teredit maka akan mengakibatkan formula pada cell inti akan memunculkan argumen yang salah bahkan bisa menimbulkan kerusakan pada rumus atau formula tersebut. Jika formula atau rumus yang telah kita buat itu banyak maka akan sangat melelahkan sekali untuk memperbaikinya, karena kita harus cek satu persatu link atau referensi cell yang berhubungan dengan formula yang rusak tersebut untuk mencari tahu bagian mana yang menyebabkan formula kita rusak. 

Jika sudah begini kejadiannya maka akan sangat membuang waktu kita untuk menyusun kembali formula - formula tersebut dalam lembar kerja Excel kita. Untuk menjaga formula yang telah saya buat biasanya jika saya rasa formula yang saya buat itu sudah benar dan sudah sesuai dengan yang diharapkan maka saya akan memproteksinya namun dulu saya melakukannya secara manual dan satu persatu. Waduh ...... sangat melelahkan sekali. ya bagi Anda yang sering bermain dengan formula ataupun rumus pastinya Ada pun bisa membayangkan hal ini ....... melelahkan bukan ?

Setelah mengalami itu akhirnya saya mencoba untuk mengutak - atik bagaimana caranya agar saya bisa memproteksi cell-cell yang sudah saya isi dengan formula ataupun rumus itu dengan cepat menggunakan kode VBA pada worksheet Excel. Hasilnya ternyata fantastis, sekarang berapapun banyaknya formula ataupun rumus yang sudah dibuat dalam berapapun banyak lembar kerja di file Excel tersebut maka saya akan sangat dengan mudah memproteksi secara otomatis. Hal ini saya lakukan dengan menambahkan kode VBA pada file Excel tersebut. 

Dengan pengalaman itu maka sekarang saya ingin memberikan informasi tersebut agar dapat berguna dan bermanfaat juga untuk Anda. Bagaimana caranya ? Caranya mudah kok. Untuk menjadikan lembar kerja terproteksi, Anda cukup menambahkan atau gunakan kode VBA berikut di ThisWorkbook

Private Sub Workbook_SheetSelectionChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target As Range)
Dim A As Range
For Each A In Target.Cells
If A.HasFormula Then
ActiveSheet.Protect
Exit Sub
Else
ActiveSheet.Unprotect
End If
Next A
End Sub


Contoh dari file Excel hasil Tutorial Cara Mudah Memproteksi Cell ini dapat Anda download gratis di sini 

 
 
Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
Proudly powered by Blogger