Latest Post

Memahami Fungsi SUMIF Pada Excel

Fungsi SUMIF Pada Excel

Selain COUNTIF, fungsi logika lainnya yang umum digunakan adalah fungsi SUMIF. Sesuai dengan fungsi dasarnya yaitu SUM, fungsi SUMIF juga digunakan untuk menjumlahkan data pada range tertentu, hanya saja data yang akan dijumlahkan mengacu pada kondisi tertentu.

Aturan penulisan fungsi SUMIF ini sebagai berikut:

=SUMIF(range kondisi;kondisi;range data)

Agar lebih jelas perhatikan contoh pada tabel berikut ini. Yang ditanyakan pada tabel tersebut bukanlah total laba keseluruhan melainkan total laba hanya untuk barang yang bagus saja serta total laba hanya untuk barang yang rusak saja.


Pada kasus ini, kata BAGUS dan RUSAK merupakan sebuah kondisi yang berada pada range C3 hingga C6. Sementara data yang akan dijumlahkan berada pada range D3 hingga D6. Dengan demikian, sesuai dengan aturan penulisan SUMIF, maka formula untuk menghitung Total Laba Barang Bagus di sel D9 adalah sebagai berikut:

D9=SUMIF(C3:C6;BAGUS;D3:D6)

Sesuai dengan aturan penulisan formula, kata BAGUS bukan merupakan variabel yang dikenali Excel, maka kita perlu menambahkan tanda kutip untuk mengapit kata tersebut, hingga formulanya akan menjadi:

D9=SUMIF(C3:C6;"BAGUS";D3:D6)

Lalu untuk menghitung Total Laba Barang Rusak di sel D10, tentunya Anda tinggal mengganti kata BAGUS menjadi RUSAK, hingga formulanya menjadi:

D10=SUMIF(C3:C6;"RUSAK";D3:D6)

Dan contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini.


 

Aturan Penulisan Formula Dalam Excel

Penulisan Formula Dalam Excel

Ada beberapa aturan penulisan formula Dalam Excel yang harus diketahui dan diperhatikan, terutama jika Anda hendak menuliskan formula dengan cara manual. Berikut ini adalah aturan-aturan penulisan tersebut.

Tanda Sama Dengan

Tanda sama dengan atau “=” merupakan tanda awal dari penulisan formula yang mutlak harus dituliskan jika Anda hendak menggunakan formula apapun. Tanda ini juga bisa digunakan sebagai rujukan ke data pada lokasi lain. Sebagai contoh misalkan sel A1 berisikan data 10. Pada sel A5, jika Anda ketikan tanda “=” (tanpa tanda kutip) yang diikuti dengan penekanan tombol Enter maka sel A5 juga akan berisi data 10.

Tanda Kurung

Tanda kurung atau “( )” digunakan untuk memisah bagian-bagian yang dianggap perlu dalam suatu formula. Penggunaan tanda ini secara garis besar sama dengan penggunaan dalam operasi matematika biasa, tentunya agar perhitungan menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dianalisa.

Dalam kaitannya dengan penulisan fungsi, maka tanda kurung umum digunakan setelah menuliskan nama fungsi-nya, selain itu juga umum digunakan untuk memisahkan satu fungsi dengan fungsi lainnya jika Anda menggunakan multiple fungsi dalam suatu perhitungan.

Berikut ini contoh beberapa penggunaan tanda kurung dalam penulisan formula pada aplikasi Excel:
  • =(A1+A2)*(B1+B2)
  • =SUM(A1:A7)
  • =A1*(SUM(B1:B10))
  • …dst…

Tanda Pemisah Argumen / Variabel

Dalam penerapan formula lanjutan, Anda akan banyak menggunakan banyak argumen ataupun variabel dalam suatu formula. Untuk memisahkan variabel-variabel ini ada dua tanda yang digunakan yaitu tanda koma “,” atau titik-koma “;”. Tanda mana yang harus Anda gunakan? Ini disesuaikan dengan seting regional yang Anda gunakan pada Windows dan Excel:
  • Untuk seting regional Indonesia, maka tanda pemisah variabel yang digunakan adalah titik-koma atau “;”
  • Untuk seting regional selain Indonesia, maka tanda pemisah variabel yang digunakan adalah koma atau “,”

Cara memeriksa seting regional ini pada Windows 7 adalah sebagai berikut:
  • Pastikan aplikasi Excel dalam kondisi tertutup.
  • Start Menu > Control Panel > Region & Language.
  • Pada jendela Region and Language yang ditampilkan, pilih seting regional yang ingin Anda gunakan dengan memilihnya di bagian Format dan klik tombol OK untuk menyetujuinya.


Tanda Kutip / Petik

Tanda kutip atau “ “ digunakan jika Anda hendak menggunakan isi atau data pada sebuah sel untuk digunakan pada formula. Sebagai contoh pada tabel dibawah ini menunjukan formula untuk menghitung jumlah data Jeruk yaitu dengan menggunakan fungsi COUNTIF (penggunaan fungsi ini lebih lanjut dijelaskan pada tulisan yang lain).

Aturan Penulisan Formula Dalam Excel

Jika formula dituliskan tanpa tanda kutip yaitu:

=COUNTIF(B2:B9;Jeruk)

Maka hasilnya adalah 0 karena Excel jelas tidak mengenali data Jeruk tersebut. Namun jika data Jeruk pada formula tersebut kita tambahkan tanda kutip seperti berikut ini:

=COUNTIF(B2:B9;”Jeruk”)

Hasilnya akan keluar yaitu 3 karena dengan ditambahkannya tanda kutip tersebut maka aplikasi Excel akan mengenali data Jeruk tersebut.

Penggunaan tanda kutip ini akan banyak Anda temukan dalam artikel yang lain pada rangkaian artikel ini yang membahas tentang contoh-contoh penggunaan formula secara spesifik.

Gunakan Alamat Sel / Range

Penulisan suatu formula hendaknya selalu merujuk pada alamat sel / range dan jangan merujuk langsung pada isi sel atau datanya, karena hal ini akan membuat formula menjadi statis dan terkunci hanya untuk data tersebut saja. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini.

Pada sel D2 akan diisikan formula untuk menjumlahkan Data 1 dan Data 2. Jika formula langsung merujuk pada isi sel-nya, maka formulanya adalah:

=10+7

Hasilnya tentu saja benar yaitu 17, namun jika Anda salin formula tersebut untuk menjumlahkan baris berikutnya, maka hasilnya tetap 17. Hal ini disebabkan formula menjadi statis atau terkunci hanya untuk menghitung baris yang pertama saja.


Namun jika Anda merujuk pada alamat selnya, yaitu B2 dan C2, maka formulanya akan menjadi:

=B2+C2

Hasilnya tetap 17 namun keuntungannya formula akan bersifat dinamis hingga jika Anda salin formula ke baris berikutnya maka alamat sel akan mengikuti dan menghasilkan nilai yang benar yaitu 11 yang didapat dari formula baru yaitu:

=B3+C3


Pahami baik-baik beragam aturan penulisan formula ini karena salah sedikit saja dalam menempatkan simbol atau mungkin tanda tertentu pada formula akan menyebabkan formula tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.
 

Cara Menuliskan Formula Excel Secara Manual

Menuliskan Formula Excel Secara Manual.
Selain dengan bantuan Function Library, Anda juga dapat menuliskan formula berikut argumen-argumen yang menyertainya secara manual. Cara ini mungkin terlihat lebih sulit tapi pada penerapannya kadang malah lebih mudah dengan cara manual ini dibandingkan dengan menggunakan Function Library. Banyak para praktisi Excel yang malah selalu menuliskan formula dengan cara manual ini, alasannya terutama karena penulisan argumen formula bisa dikustomisasi / divariasikan dengan lebih bebas. Keuntungan lainnya adalah Anda akan lebih mengenal lagi argumen untuk suatu formula tertentu hingga Anda bisa menuliskannya pada sembarang versi Excel tanpa harus mencari tahu terlebih dahulu dimana letak dan bagaimana cara penggunaan tombol-tombol perintah Function Library pada tiap-tiap versi Excel.

Mengingat banyaknya pengguna Excel yang lebih memilih penulisan formula secara manual maka pada beberapa versi Excel yang terakhir (2007 / 2010 / 2013), Microsoft pun memberikan fitur-fitur bantuan untuk mempermudah penulisan formula secara manual ini. Fitur-fitur bantuan ini diantaranya adalah:

  • Intellisense: Fitur ini merupakan sebuah fitur AutoComplete yang akan menjaga penulisan nama fungsi dari kesalahan ketik sekaligus mempercepat Anda dalam menuliskan nama fungsi yang akan digunakan. Sebagai contoh misalkan Anda hendak menggunakan fungsi SUM, maka didalam sel Anda tinggal mengetikan tanda “=” diikuti huruf “S”. Perhatikan bahwa Excel akan menampilkan daftar semua nama fungsi yang berawalan huruf S. Berikutnya dari daftar tersebut Anda tinggal klik-ganda pada nama fungsi SUM untuk memuatnya pada formula bar.
  • Keterangan Penulisan Argumen: Setelah Anda memilih nama fungsi, berikutnya Excel akan memberikan bantuan informasi tentang argumen-argumen untuk fungsi tersebut. Sebagai contoh pada gambar berikut ini, dapat dilihat argumen-argumen yang digunakan pada fungsi VLOOKUP, yaitu lookup value, table_array, dst.
Untuk keseragaman pembahasan sekaligus untuk membantu Anda agar lebih mengenal pola / aturan argumen-argumen pada suatu formula Excel, maka dalam rangkaian artikel ini akan digunakan cara penulisan formula secara manual.
 

Cara Menulis Formula Excel Menggunakan Function Library

Menggunakan Function Library
Pada aplikasi Excel 2010, Function Library bisa Anda temukan pada ribbon didalam tab Formulas. Isinya berupa seperangkat tombol-tombol perintah penggunaan fungsi yang terbagi kedalam beberapa kategori spesifik seperti misalnya fungsi yang berhubungan dengan akunting dan keuangan dimuat dalam kategori Financial, fungsi yang berhubungan dengan operasi matematika dimuat dalam kategori Math & Trig, dan demikian seterusnya.


Untuk menggunakannya, klik pada sel dimana Anda ingin menuliskan hasil perhitungan kemudian klik salah satu tombol yang sesuai pada group Function Library tersebut. Berikutnya pada daftar pilihan fungsi yang ditampilkan, klik pada fungsi yang ingin Anda gunakan.


Kotak dialog Function Arguments kemudian akan ditampilkan dan Anda tinggal mengisikan argumen pada kolom-kolom isian yang telah disediakan didalam kotak dialog tersebut sesuai dengan aturan penulisan formulanya. Argumen-argumen ini akan dibahas di bagian lain dalam rangkaian artikel ini.


Selain tombol-tombol perintah yang spesifik untuk kategori fungsi tertentu, dalam group Function Library ini terdapat beberapa tombol perintah lain yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah penulisan formula, yaitu:
  • Insert Functions: Jika Anda klik maka akan ditampilkan kotak dialog Insert Function yang berisikan seluruh fungsi yang ada berikut kategorinya. Anda tinggal memilih fungsi yang sesuai untuk langsung menggunakannya. Fasilitas pencarian juga disediakan dalam kotak dialog ini untuk membantu Anda mencari fungsi tertentu secara cepat.
  • AutoSum: Tombol ini bisa Anda gunakan untuk menuliskan fungsi-fungsi dasar yang umum digunakan.
  • Recently Used: Berisikan daftar fungsi-fungsi terakhir yang pernah Anda kerjakan.
 

Menggunakan Formula Dalam Excel

Menggunakan formula pada aplikasi Excel sebetulnya mudah, karena yang relatif sulit adalah menentukan komponen-komponen penyusunnya, fungsi yang digunakan, serta argumen yang menyertainya. Untuk menggunakan formula ini Anda tinggal melakukan klik mouse pada sel atau range dimana Anda ingin menempatkan hasil perhitungan. Sebagai contoh, pada tabel dibawah ini tentunya Anda harus melakukan klik mouse pada sel D3 yang akan menyimpan hasil perhitungan dari sel B3 serta sel C3, dan berikutnya Anda tinggal menuliskan formula yang sesuai pada sel D3 tersebut. 

Misalkan saja formula yang akan Anda gunakan pada tabel diatas adalah Harga dikali Jumlah, maka tahapan yang Anda lakukan adalah:
  • Klik sel D3
  • Ketikan tanda =
  • Klik sel B3
  • Ketikan tanda *
  • Klik sel C3
  • Tekan Enter

Hasilnya secara otomatis akan ditampilkan pada sel D3 yaitu 25000.

Formula yang Anda tuliskan bisa dilihat sekaligus dimuat dalam sebuah bar yang dinamakan dengan Formula Bar. Anda tentu mengenal lokasi formula bar ini yang merupakan suatu bar kosong dengan tulisan fx disampingnya serta terletak di bagian atas bidang kerja utama aplikasi Excel.


Jika suatu sel Anda isi dengan data biasa maka isi sel ini akan sama dengan isi pada formula bar, namun jika suatu sel Anda isi dengan formula maka sel akan menampilkan hasil perhitungan dan formula bar akan memuat formulanya. Sebagai contoh, pada gambar berikut ini dapat dilihat bahwa sel D3 menampilkan data 25000 yang merupakan hasil perhitungan, sementara formula bar menampilkan =B3*C3 yang merupakan formula yang digunakan. Jika Anda hendak menyunting formula tersebut maka Anda tinggal meng-klik mouse pada formula bar atau menekan tombol F2 pada keyboard.


Untuk menuliskan formula ini, ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan Function Library serta cara manual.

Penjelasan singkat untuk kedua cara tersebut dapat Anda lihat pada link dibawah ini: 

 

Cara Menyaring Data Text Dengan Filter Pada Excel

Cara menyaring data text dengan menggunakan fungsi filter pada Excel adalah pembahasan lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yaitu "Cara Menggunakan Filter Pada Excel". Tulisan ini lebih memfokuskan dan mendetailkan pemahaman terhadap salah satu hal yang dapat kita lakukan pada fungsi filter di dalam Excel. Salah satunya adalah menyaring data text agar sesuai dengan kriteria yang kita tentukan. Untuk penjelasannya silahkan ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini!

1. Lakukan satu persatu langkah yang di jelaskan di bawah ini !
Kisaran sel 
  1. Pilih kisaran sel yang berisi data alfanumerik. 
    data alfanumerik
  2. Pada tab Beranda, di grup Editing, klik Sort & Filter, lalu klik Filter. 
    Cara Menyaring Data Text Dengan Filter Pada Excel
    filter tool

Tabel 
  • Pastikan bahwa yang aktif adalah sel dalam kolom tabel yang berisi data alfanumerik. 
2. Klik tanda panah di header kolom.
3. Lakukan salah satu dari yang berikut:

Pilih dari daftar nilai teks
  • Dalam daftar nilai teks, memilih atau mengosongkan satu atau lebih nilai teks untuk menyaring. 
Daftar nilai teks bisa sampai 10.000. Jika daftar besar, jelas (Pilih Semua) di bagian atas, kemudian pilih nilai-nilai teks tertentu untuk menyaring.

Tip Untuk membuat menu AutoFilter lebih luas atau lebih, klik dan drag grip di bagian bawah.

Buat kriteria
  1. Arahkan pointer ke Teks Filter dan kemudian klik salah satu perintah operator perbandingan, atau klik Custom Filter. ( catatan:  operator perbandingan yaitu tanda yang digunakan dalam kriteria perbandingan untuk membandingkan dua nilai Operator meliputi: = Sama dengan,> Lebih besar dari <Kurang dari,> = Lebih besar dari atau sama untuk, <= Kurang dari atau sama dengan, dan <> Tidak sama dengan.). Misalnya, untuk menyaring menurut teks yang dimulai dengan karakter tertentu, pilih Begins With, atau untuk menyaring menurut teks yang memiliki karakter tertentu di mana saja dalam teks, pilih Contains
    Menggunakan filter pada Excel
    kriteria Begin With
  2. Pada kotak dialog kustom AutoFilter, di kotak di sebelah kanan, masukkan teks atau pilih nilai teks dari daftar. Misalnya, untuk menyaring menurut teks yang dimulai dengan huruf "B", maka masukkan B, atau untuk menyaring menurut teks yang memiliki kata "Buku" di mana saja dalam teks, masukkan Buku.
    Kotak dialog custom autofilter


      3.  Opsional, menyaring berdasarkan satu kriteria lainnya.

Bagaimana menambahkan satu kriteria lainnya
  • Lakukan salah satu dari yang berikut: 
    • Untuk menyaring kolom tabel atau seleksi sehingga kedua kriteria harus benar, pilih And
    • Untuk menyaring kolom tabel atau seleksi sehingga salah satu atau kedua kriteria bisa benar, pilih Or
  • Dalam entri kedua, pilih operator perbandingan, dan kemudian di kotak di sebelah kanan, masukkan teks atau pilih nilai teks dari daftar.
Demikian penjelasan dari saya tentang bagaimana cara menyaring data text dengan menggunakan filter pada Excel. Jika ada hal yang belum jelas atau belum Anda mengerti, silahkan tuliskan komentar masukan Anda pada kolom komentar yang tersedia di bawah tulisan ini!
 

Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Excel

Hallo sahabat -sahabat semua yang sudah setia berkunjung halaman blog saya ini. Di hari libur weekend ini mumpung aktivitas offline saya tidak terlalu padat maka saya coba untuk mengupdate blog saya dengan artikel-artikel terbaru ( sebenarnya ga baru-baru amat sih hehe ). Tapi bingung juga nih mau membahas topik apa ya ? karena belum ada inspirasi yang masuk kepikiran nih, eh jangan takut walau begitu saya ga kehabisan akal. Daripada ga ada posting lagi, ntar dikiranya blog ini udah ga aktif lagi, padahal kondisi ini karena kesibukan saya dunia nyata. 
Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Excel

Nah sekarang saya coba untuk merefresh aja artikel-artikel tulisan saya tentang Excel lalu saya kumpulin jadi satu posting di blog ini agar sahabat blog dapat juga dengan mudah melihat kembali tulisan-tulisan saya yang dulu. Sayang sekali kalo cuma mengendap di arsip blog ini padahal masih sangat bermanfaat untuk para sahabat blog iyanzone khususnya yang sedang mencari atau sedang ingin mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan microsoft Excel. 

Prinsipnya adalah bagaimana tulisan - tulisan itu dapat juga dimanfaat untuk orang lain dan bermanfaat juga untuk blog ini agar dapat update dengan posting baru. Di posting baru ini yang saya beri judul " Tips Dan Trik Menggunakan Microsoft Excel " adalah lebih bersifat kumpulan atau daftar dari content blog ini yang topiknya tentang Excel. 

Berbagai Tips dan Trik menggunakan Excel adalah sebagai berikut :
Dibawah ini daftar Tips-tips  Menggunakan Excel dengan topik yang lebih specifik namun sebelum Anda mempelajari topik excel yang lebih specifik, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu dasar - dasar dan pengertian istilah yang ada di Excel. Dibawah ini beberapa hal yang bisa Anda pelajari: 
Topik Validasi Data Di Excel
Topik Fungsi Addres Pada Excel 
Topik Menggunakan Conditional Formating di Excel 
Bagaimana menurut Anda, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada hal lain atau pembahasan lain tentang Excel yang belum saya bahas di blog ini, maka sudilah kiranya Anda memberikan masukan tersebut didalam kolom komentar dibawah ini agar menjadi masukan juga buat saya untuk membahasnya dan menambah daftar untuk judul posting blog yang nantinya akan saya tulis lagi. 
 

7 Langkah Mendaftarkan Blog Ke Feedburner

Artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mendaftarkan dan mengaktifkan feedburner di blog/web. Memang terdapat banyak tutorial tentang cara mendaftar ke FeedBurner dimana itu semua tidak akan bekerja tanpa anda mengaktifkannya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut.
  1. Kunjungi www.feedburner.com dan lakukan login dengan account Google atau Gmail anda.
  2. Pada halaman Feedburner Google ini silahkan pada kotak isikan URL blog Anda, misalnya http://iyanzone.blogspot.com/.
    7 Langkah Mendaftarkan Blog Ke Feedburner

  3. Setelah itu feedburner akan melacak alamat feeds anda. Pilih RSS atau Atom terserah anda karena semuanya sama. Jika Feed burner berhasil melacak website anda maka tampilannya seperti gambar di atas tapi jika tidak berhasil maka kemungkinaan akan ada tulisan Recived HTTP error."Not Found" while fetching source feed. kira-kira tampilannya seperti gambar di bawah ini.
    Daftar Feedburner
  4. Untuk mengatasinya silahkan anda baca artikel sebelumnya : Cara mengatasi Recived HTTP error."Not Found" while fetching source feed dalam mendaftarkan blog ke Feed Burner.
  5. Tentukan nama feeds anda kemudian klik next.
    Mendaftarkan blog ke Feedburner
  6. Setelah Klik next. Jika berhasil maka ada pemberitahuan yang menyatakan pembuatan feed Burner anda berhasil. Seperti gambar di bawah ini. Dan ingat atau simpan alamat feed burner anda seperti yang terterah di gambar. Selanjutnya klik Next.

  7. Selanjutnya anda akan diberikan beberapa pilihan, ikuti saja langkah-langkahnya dan klik Next
 

Cara Daftarkan Blog Ke Rss Feedburner

Sebelum saya menjelaskan detil bagaimana cara daftarkan blog ke Rss Feedburner mungkin perlu sedikit saya jelaskan apa sih Feedburner dan apa manfaatnya ?. Bagi anda blogger yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Rss Feedburner namun bagi sobat-sobat para blogger baru informasi ini sangatlah penting untuk Anda pahami, karena ini akan membantu agar apa yang Anda tulis di blog Anda dapat juga bermanffat untuk orang lain. 
Cara Daftarkan Blog Ke Rss Feedburner

Feedburner banyak digunakan oleh para blogger sebagai alat untuk memudahkan pengunjung untuk tetap bisa melihat update dari blog kita melalui email mereka. Dengan menggunakan Feedburner di website atau blog, pengujung blog yang telah berlangganan dan loyal akan mendapatkan pemberitahuan update terbaru dari blog anda yang akan dikirimkan langsung ke email mereka. Hal ini sangatlah penting untuk membantu meningkatkan page view setiap artikel anda dan tentunya akan berpengaruh meningkatkan traffic blog anda. Feedburner akan memeriksa RSS Feed asli dari website/ blog anda secara berkala, bahkan bisa juga dilakukan setting agar setiap terdapat update artikel maka akan otomatis melakukan Ping ke Feedburner.

Berdasarkan penjelasan saya diatas maka pada pembahasan di artikel ini saya mencoba membagi informasi ini untuk para sobat blogger yang sedang membutuhkan atau sedang mencari informasi tentang bagaimana cara daftarkan blog ke Rss Feedburner. Informasi ini sebelumnya saya dapatkan juga melalui mbah google ketika saya juga sedang mencari informasi yang serupa, dengan menggunakan kata kunci " Cara daftarkan blog ke Rss Feedburner" maka saya di rujuk ke alamat http://www.seocips.com/2013/10/cara-daftarkan-blog-ke-rss-feedburner_18.html . Terima kasih saya ucapkan kepada Admin blog atas informasi, karena dengan apa yang ditulis dapat membantu saya dalam mengelola blog saya. Ternyata tidak hanya sampai disitu, sebenarnya google juga mempunyai artikel pembahasan yang serupa tapi tak sama hehe https://support.google.com/feedburner/answer/78465. Yang dimaksud tidak samanya yaitu google membahasnya dengan menggunakan bahasa inggris, jadi jika Anda termasuk kategori skill bahasa inggris yang ala kadarnya, mungkin kurang cocok membacanya karena otak dipaksa kerja double untuk memahami isi pembahasan dari artikel tersebut dan menerjemahkan kata demi kata hehe. Tapi semua pilihan ada pada diri Anda sendiri, yang mana akan Anda baca. Sedangkan saya hanya membagi informasi ini dan memberikan sedikit penjelasan dari apa yang saya telah pahami.  
Untuk detail langkah-langkah bagaimana cara mendaftarkan blog ke Rss Feedburner saya berikan pembahasannya secara terpisah pada artikel saya yang lain dengan judul " 7 Langkah Mendaftarkan Blog Ke Feedburner "
 

Cara Mengelompokan Bidang Tanggal Berdasarkan Hari, Bulan, dan Tahun di Microsoft Excel

Setelah beberapa hari kemarin saya lebih fokus untuk membahas tentang tips-tips blogging, maka untuk tulisan kali ini saya ingin mencoba memberikan lagi informasi mengenai tips dan trik serta cara menggunakan Microsoft Excel. Dalam rutinitas pekerjaan sehari-sehari kita sering dihadapi oleh berbagai permasalahan mengenai pendataan dan bagaimana cara mengolah data tersebut dengan cepat agar dapat segera dianalisa sehingga menjadi sebuah referensi dalam mengambil sebuah keputusan. Nah buat pembaca blog ini yag mungkin kebetulan sedang mengalami hal yang sama maka sudah sepatutnya tulisan ini dibaca. Ada banyak hal yang pastinya bisa kita diskusikan mengenai data-data dalam Excel, namun pada pembahasan ini saya ingin berbagi tips Excel tentang bagaimana cara mengelompokan bidang tanggal berdasarkan hari, bulan dan tahun pada data yang Anda gunakan di Excel yaitu dengan menggunakan pivot table

Untuk membuat laporan tabel pivot - pengelompokan bidang tanggal oleh hari, bulan, kuartal dan tahun, sambil mempraktekannya mari kita membuat laporan tabel pivot.
Kita ambil contoh:

  • Kita memiliki tanggal dalam kolom A dari 1-Jan-2012 hingga 31-Mar-2013
Mengelompokan Bidang Tanggal Berdasarkan Hari, Bulan, dan Tahun di Microsoft Excel
  • Klik Insert Ribbon untuk membuat laporan tabel pivot 
  • Dalam kelompok Tables, klik Pivot Table.
  • Maka kotak dialog berikut ini akan muncul
  • Pilih opsi worksheet yang ada ( existing worksheet ) jika Anda ingin membuat laporan dalam worksheet yang ada, jika tidak klik OK untuk membuat pivot dalam lembar kerja baru.
  • Drag Date ke Rows field & Sales ke Values field.
  • Sekarang Anda perlu untuk mengklik pada setiap sel di kolom A (kolom Tanggal) & klik kanan dan pilih opsi Grup
  • Pilih hari, bulan, Quarters & Tahun seperti ditunjukkan di bawah ini dalam snapshot
  • Klik OK, dan Anda akan melihat penjualan akan dipisahkan per tanggal.
Bagaimana mudahkan mempraktekkannya? Jika Anda punya contoh kasus yang lain maka Anda bisa mencoba dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.
 

Mengatur Validasi Data Excel Dengan Pesan Input

Setelah Anda mendefinisikan aturan validasi untuk data dalam sel, Excel memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan pesan yang akan muncul setiap kali sel yang dipilih. Pesan ini disebut pesan masukan, dan tujuan mereka adalah untuk membantu pengguna memahami informasi apa yang mereka harus masukan dalam sel. Untuk memasukkan pesan validasi input data, ikuti langkah berikut: 
  • Pilih sel yang Anda ingin mendefinisikan pesan. 
  • Pilih opsi Validasi dari menu Data. Excel menampilkan kotak dialog Validasi Data. 
  • Set aturan validasi data yang diinginkan. 
  • Klik pada tab input pesan. (Lihat Gambar 1.) 

Mengatur Validasi Data Excel Dengan Pesan Input
gambar.1 Masukan Pesan tab kotak dialog Validasi Data. 
  • Masukkan pesan di lapangan baik di kotak dialog, seperti yang diinginkan. 
  • Klik pada tombol OK. 

Perhatikan bahwa Excel memungkinkan Anda untuk menentukan baik judul dan tubuh untuk pesan validasi data Anda. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa judul muncul pada baris sendiri dan ditampilkan dalam jenis huruf tebal. Anda dapat menentukan pesan yang Anda inginkan. Ketika nanti pilih sel, pesan validasi data muncul dalam kotak pesan mereka sendiri di dekat sel yang dipilih.

Tip ini  berlaku untuk Microsoft Excel 97, 2000, 2002, dan 2003. 
 

Cara Membuat Validasi Data Dengan Excel

Salah satu alat yang disediakan Excel yang memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa data dalam worksheet Anda adalah dalam batas-batas tertentu, dan karena itu kualitas yang lebih tinggi daripada data yang dicentang. Alat ini disebut sebagai validasi data, dan memungkinkan Anda untuk mengatur batas-batas yang berlaku untuk data Anda.
Sebagai contoh, mari kita asumsikan Anda membuat lembar kerja sederhana untuk menghitung nilai masa depan dari jumlah, dan bahwa untuk melakukannya, Anda perlu masukan dari pengguna (deposito biasa, tingkat suku bunga, dan bulan). Anda mungkin ingin menempatkan batasan pada informasi yang dapat digunakan dalam lembar kerja. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin memastikan pengguna selalu memasuki tingkat bunga antara 2,5% dan 25%.
Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih sel di mana pengguna memasukkan tingkat bunga. 
  • Pilih opsi Validasi dari menu Data. Excel menampilkan kotak dialog Validasi Data. (Lihat Gambar 1.)

Cara Membuat Validasi Data Dengan Excel
  • Gunakan daftar Izinkan drop-down untuk menentukan jenis nomor apa yang ingin Anda tentukan. Dalam hal ini memilih opsi Decimal, menunjukkan Anda ingin pengguna untuk dapat memasukkan nilai desimal. Kotak dialog berubah sedikit sehingga Anda dapat menentukan jenis data yang akan dimasukkan. 
  • Gunakan daftar drop-down data untuk menentukan bagaimana Anda ingin informasi pengguna masuk akan dibandingkan dalam aturan validasi Anda. Anda dapat memilih pengaturan seperti "between" dan "greater than." Dalam hal ini, Anda harus memilih "between" karena Anda ingin menentukan rentang untuk tingkat bunga. 
  • Tentukan nilai minimum yang dapat diterima dan maksimum untuk sel. Dalam kasus contoh ini, minimal harus 0,025 (yang juga dapat dimasukkan sebagai = 2,5%) dan maksimum harus .25 (yang dapat dimasukkan sebagai = 25%). 
  • Klik pada tombol OK. 
Efektif, Anda telah menetapkan aturan validasi yang mengatakan "menerima nilai desimal yang ada di antara 2,5% dan 25%." Jika pengguna mencoba untuk menambahkan informasi ke sel yang berada di luar jangkauan Anda tentukan, mereka diberitahu bahwa mereka telah membuat kesalahan dan nilai yang berbeda harus dimasukkan. 

Tip ini  berlaku untuk Microsoft Excel 97, 2000, 2002, dan 2003. 
 

Tips Blogging , Semua Blogger Wajib Baca

Blogosphere terus berubah, dan dapat melanda untuk mencoba bersaing dengan fitur, peluang dan tantangan dari blogging. Itulah mengapa penting untuk memiliki akses cepat ke tips blogging sederhana yang dapat mengarahkan Anda pada jalan menuju sukses. Apakah Anda baru memulai sebuah blog atau blogger berpengalaman yang ingin tumbuh atau menghasilkan uang dari blog Anda, Anda dapat menemukan tips blogging yang Anda butuhkan di sini untuk membuat Anda pergi ke arah yang benar dan tepat.
Tips Blogging


    Tips Memulai Blog 
    Mulailah blog pertama Anda agar tampak luar biasa. Anda perlu:
    Artikel-artikel berikut akan memberi Anda tips blogging yang cepat dan agar Anda sedikit lebih mudah untuk memulai membuat sebuah blog.
    Tips untuk Membangun Traffic Blog 
    Jika Anda tertarik dalam mengembangkan blog Anda, Anda harus melakukan upaya untuk mengarahkan lalu lintas ke blog Anda. Ikuti tips dalam artikel di bawah ini untuk membangun lalu lintas blog Anda dari pengunjung baru dan pengunjung yang lama agar selalu mengulangi untuk berkunjung ke blog Anda:
    Blogger dapat menguangkan blog mereka melalui:
    Setiap peluang monetisasi membutuhkan investasi waktu yang berbeda dan memberikan hadiah uang yang berbeda. Baca tips di artikel berikut untuk membantu Anda mengembangkan rencana untuk menghasilkan uang dari blog Anda.
    Tips Blogging Lainnya
    Cek dan lihat tips blog lainnya dalam artikel di bawah ini.
    Tips Lainnya Untuk Memulai Blog
    Tips dan Trik Lainnya Untuk Membuat Uang Dari Blog Anda
    • 6 Langkah Mendapatkan Bayaran dari Blogging Job
    • Cara Dapatkan Uang dari Blog Anda ( Tanpa Menggunakan Iklan)
    Tips Lainnya Untuk Mengarahkan Traffic ke Blog Anda
     

    Daftar Direktori Peluang Iklan Untuk Blog

    Berikut ini adalah daftar perusahaan yang menyediakan peluang iklan bagi blogger untuk menghasilkan pendapatan dari blog mereka. Ini adalah dalam urutan abjad.

    Direktori ini dimaksudkan untuk memberikan daftar lengkap peluang iklan untuk blogger, tetapi tidak dimaksudkan untuk menjadi suatu dukungan Tentang Log Web. Lakukan penelitian terlebih dahulu untuk memastikan peluang iklan atau blog monetisasi baru yang tepat bagi Anda dan tujuan blog Anda sebelum Anda melakukan apa pun.
    Daftar Direktori Peluang Iklan Untuk Blog

    Ad Networks
    Adgenta
    AdKnowledge
    AVN Ads
    CrispAds
    DoubleClick
    Fastclick
    Google AdSense
    Industry Brains
    IntelliTXT
    Kontera
    Peak Click
    Pheedo
    RevenuePilot
    Text Link Ads
    Text Link Brokers
    Tribal Fusion
    Value Click
    YesAdvertising

    Affiliate Advertising

    Amazon Associates
    eBay Affiliates
    All Posters Affiliates
    Commission Junction
    Associate Programs
    Affiliates Directory
    Refer-It
     

    5 Tips untuk Meningkatkan Pelanggan Blog Anda

    Mengarahkan lalu lintas ke blog Anda selalu menjadi prioritas utama, tapi bagaimana Anda mengkonversi para pengunjung untuk pembaca setia, yang begitu tertarik pada blog Anda bahwa mereka memilih untuk berlangganan itu? Mari kita hadapi itu, jika konten blog ini muncul dalam seseorang feed reader setiap hari, maka orang tersebut sangat mungkin untuk mengklik dan mengunjungi blog untuk membaca lebih lanjut. Setiap blogger ingin melihat jumlah pengunjung blognya terus tumbuh. Ikuti lima tips sederhana ini untuk meningkatkan jumlah pelanggan RSS feed blog Anda.
    Meningkatkan Pengunjung Blog

    1. Tulis Konten Yang Bermakna
    Tidak ada yang akan ingin kembali ke blog Anda jika konten Anda diperbarui secara sporadis atau dapat dikatakan tidak ada yang asli. Pembaca ingin merasa terhubung dengan Anda. Blogging adalah percakapan dua arah, sehingga menyuntikkan beberapa kepribadian ke konten Anda, menyediakan konten yang berharga dan bermakna bagi pembaca Anda dan mengembangkan percakapan dengan pembaca Anda. Blog yang dapat mencapai tujuan tersebut adalah orang yang akan menemukan pembaca setia yang cenderung berlangganan feed blog ini.

    2. Membuat Mudah untuk Berlangganan 
    Anda punya konten yang besar, sekarang Anda perlu untuk membuatnya semudah mungkin bagi pembaca untuk berlangganan feed blog Anda. Pastikan link langganan Anda diposisikan di lokasi yang sangat terlihat pada setiap halaman di blog Anda. Bagian atas halaman adalah tempat yang bagus untuk icon langganan Anda. Anda juga mungkin ingin menempatkan link langganan antara posting blog Anda

    3. Tanyakan Pembaca untuk Berlangganan 
    Hal ini tidak terlalu agresif untuk meminta pembaca untuk berlangganan. Kadang-kadang pengingat lembut adalah semua yang diperlukan untuk mendorong seseorang untuk berlangganan ke blog Anda. Pertimbangkan termasuk permintaan pada akhir posting blog terbaik mengatakan, "Jika Anda menikmati ini, mengapa tidak berlangganan feed saya?" Tentu saja, menyertakan link ke halaman berlangganan feed Anda untuk membuatnya semudah mungkin bagi pembaca Anda untuk bertindak atas pengingat Anda.

    4. Tawarkan Freebie untuk Pelanggan 
    Sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah pelanggan ke blog Anda adalah untuk menawarkan pelanggan sesuatu yang ekstra seperti hadiah gratis atau informasi tambahan yang bisa membantu mereka. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin mengirim pelanggan ebook gratis yang menyediakan informasi tambahan tentang topik blog Anda atau newsletter gratis. Anda juga bisa mengirim hadiah gratis yang terkait dengan topik blog Anda. Kuncinya adalah untuk menawarkan freebie yang berarti dan bermanfaat bagi pembaca Anda dan memberikan nilai tambah untuk pengalaman mereka di blog Anda.

    5. Promosikan Popularitas Blog Anda dengan Menampilkan Jumlah Pelanggan 
    Setelah blog Anda mulai menghasilkan beberapa pelanggan dan traffic yang layak, Anda harus mempromosikan bahwa kesuksesan bagi pembaca Anda. Misalnya, jika blog Anda memiliki lebih dari 100 pelanggan, menunjukkan angka di blog Anda (Feedburner menyediakan kode untuk melakukan hal ini secara otomatis). Apapun nomor tampaknya penting bagi Anda, setelah Anda mencapai jumlah pelanggan yang sesuai, mulailah untuk mengiklankan popularitas Anda dengan menampilkan di blog Anda. Pengunjung biasanya cenderung melihat nomor itu dan berkata, "Jika 500 orang lain berpikir blog ini cukup baik untuk berlangganan, maka itu harus menjadi baik. Saya lebih baik berlangganan, juga."
     

    Cara Mudah Agar Fan Page Facebook Banyak Like

    Lebih dari 700 juta pengguna Facebook di seluruh dunia dan 30 juta pengguna Facebook di Indonesia,Facebook sebuah situs jejaring sosial paling populer dan paling sering dikunjungi oleh warga planet bumi (wuih bahasanya).Sebuah pangsa besar bagi teman Facebook yang memanfaatkan site social network seperti Facebook untuk berbisnis online .

    Teman FB tentu tahu dong yang namanya "Fans Page" atau bahasa kitanya "Halaman Penggemar", pasti tahuuuu...!Lah wong teman FB ngeklik artikel ini dari judulnya aja udah ketahuan.Kalau belum tahu atau hanya sedikit tahu mengenai apa itu Fan page,saya akan mendefinisikan atau mengartikannya (versi sendiri).Fans Page Facebook adalah halaman penggemar yang disediakan Facebook yang mana penggemar menjadi bagian dari page tersebut karena kesamaan minat.Dengan me-like (gak ada dalam EYD) atau mengklik"Suka", seseorang tersebut otomatis menjadi penggemar dari sebuah page.
    Cara Mudah Agar Fan Page Facebook Banyak Like

    Banyak cara mempromosikan Fan page agar halaman penggemar yang kita miliki di like (di sukai) banyak orang, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar.Dan kali ini saya hanya akan membahas 2 cara, kenapa cuma 2 cara?
    1. Teman Facebook malas promosi fan page dengan cara ini itu.
    2. Cara ini adalah paling efektif, instan dan praktis, karena waktu adalah hal yang berharga bagi teman FB.
    3. Cara ini gratis..tis..tis..tis...tis...dan otomatis.
    Ok, berikut cara-caranya:
    1. Teman FB tinggal klik tombol bagikan yang berwarna biru, itu tuch...tepat di bawah artikel ini. Bagikan artikel ini ke teman-teman di Facebook.
    2. Silahkan tanam link, eh maksudnya tingalkan link "Fan Page" teman FB di kotak komentar.
      • Dengan format:
      • "Hai bro and sista, like fan page ku yach:www.facebook.com/myfanpage....banyak hal baru bisa kamu dapatkan di sini"dan kirim ke 9388 (wkwkwk... becanda).
    3. ."PERHATIKAN APA YANG TERJADI"...hehe2x...kutipan dari kata-kata bapak Mario Teguh,
    Semoga cara mudah, cara malas dan cara praktis ini bisa membuat halaman penggemar kita mendapatkan banyak pengunjung atau penggemar. Dengan meningkatkan jumlah penggemar fan page, kita tidak hanya mendapatkan "banyak jempol" tetapi bagi teman FB yang bertujuan untuk bisnis, bisa mendapatkan "PELANGGAN".
     

    5 Tips Menulis Posting Blog

    Salah satu kunci yang paling penting untuk blogging sukses adalah menyediakan konten yang luar biasa. Ikuti lima tips ini untuk memastikan posting blog Anda tidak hanya mendapatkan membaca tetapi membuat orang ingin datang kembali lagi.
    5 Tips Menulis Posting Blog

    1. Pilih Nada yang tepat untuk Blog Anda
    Setiap blog memiliki target audiens. Sebelum Anda mulai menulis posting blog, tentukan siapa khalayak primer dan sekunder yang Akan raih. Siapa yang akan ingin membaca blog Anda dan mengapa? Apakah mereka mencari informasi profesional dan diskusi atau hanya sekedar mencari kesenangan dengan tertawa? Identifikasi tidak hanya pada tujuan Anda untuk blog Anda, tetapi juga harapan untuk audiens Anda. Kemudian putuskan nada apa yang akan sangat tepat untuk blog Anda, dan menulis dalam nada itu dan gaya konsisten.

     

    Cara Membuat Blog Gratis Dalam 4 Langkah Mudah

    Membuat blog mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan, dan Anda mungkin tidak tahu di mana untuk memulainaya. Sejujurnya, hal ini sangat mudah untuk membuat blog (gratis), dan Anda dapat melakukannya di bawah satu jam dengan mengikuti empat langkah sederhana ini. Apa yang Anda tunggu? Bergabung dengan blogosphere hari ini!
    Langkah 1: Pilih software blogging gratis.
    Baca artikel ini dibawah ini untuk membantu Anda memilih perangkat lunak blog terbaik untuk Anda:
    Cara Membuat Blog Gratis Dalam 4 Langkah Mudah

    Langkah 2: Daftar untuk account dan buat blog Anda.
    Artikel ini dibawah ini menyediakan langkah demi langkah petunjuk untuk membantu Anda memulai sebuah blog dengan salah satu dari dua software blogging gratis yang paling populer - Blogger.com dan Wordpress.com.
     

    Memilih Aplikasi Yang Baik Untuk Blogging

    Mungkin bagi Anda yang baru memulai untuk blogging masih bingung untuk memilih aplikasi yang baik untuk digunakan dalam memulai aktivitas blogging anda, karena berbagai produk aplikasi blogging seperti WordpressBloggerTypePadTumblr,LiveJournal dan yang lainnya sangat sama. Berikut ini adalah enam pertanyaan untuk bertanya pada diri sendiri sebelum Anda memilih perangkat lunak blog Anda yang dapat membantu Anda membuat pilihan terbaik untuk menjadi blogger sukses.

    Memilih Aplikasi Yang Baik Untuk Blogging

    1. Apakah Tujuan Anda untuk Blog Anda ?
     

    11 Tips Membangun Link Gratis

    Membangun Link Gratis dengan 11 Ide Sederhana Ini.

    Incoming link adalah komponen penting dalam membangun sebuah blog yang sukses. Links memberikan blog Anda otoritas lebih di Technorati dan page rank lebih tinggi Google Page Rank. Bersama-sama, mereka dapat membuat peringkat blog Anda lebih menarik bagi pengiklan, yang memungkinkan Anda untuk mengisi tarif iklan yang lebih tinggi. Selain itu, sebagai blog Anda yang tumbuh dalam otoritas dan nomor Anda dari pertumbuhan link yang masuk, peringkat mesin pencari Google Anda akan naik, yang setara dengan lebih banyak lalu lintas ke blog Anda. Dengan lebih banyak lalu lintas datang, maka lebih banyak tayangan iklan, potensi yang lebih besar untuk iklan pay-per-klik untuk benar-benar diklik, dengan sendirinya akan lebih banyak uang untuk Anda.
    11 Tips Membangun Link Gratis

    Cara termudah untuk membuat orang untuk link ke blog Anda dari blog dan website mereka sendiri untuk mempublikasikan konten yang besar. Tentu saja, jika Anda menulis posting yang menarik, berguna dan membantu, orang akan ingin berbicara tentang orang-orang tersebut di posting blog mereka sendiri dan membaginya dengan orang lain. Itu berarti lebih banyak link ke blog Anda!

     

    HIDUP JANGAN TERTIDUR

    Untuk dapat menikmati hidup, hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah menjadi SADAR. Inti kepemimpinan adalah kesadaran. Inti spiritualitas juga adalah kesadaran. Banyak orang yang menjalani hidup ini dalam keadaan “tertidur.” Mereka lahir, tumbuh, menikah, mencari nafkah, membesarkan anak, dan akhirnya meninggal dalam keadaan “tertidur.”
    HIDUP JANGAN TERTIDUR
    Analoginya adalah seperti orang yang terkena hipnotis. Anda tahu di mana menyimpan uang. Anda pun tahu persis nomor pin Anda. Dan Andapun menyerahkan uang Anda pada orang tidak dikenal. Anda tahu, tapi tidak sadar. Karena itu, Anda bergerak bagaikan robot-robot yang dikendalikan orang lain, lingkungan, jabatan, uang, dan harta benda.
     

    Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting

    Tulisan dengan judul apa yang dimaksud dengan hosting sengaja saya buat untuk memberikan informasi kepada pembaca blog ini yang mungkin baru mengenal istilah hosting atau sedang mencari pengertian dari kata hosting ini. Istilah hosting sering kali kita dengar dalam proses pembuatan website dan hosting merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam website. Hosting dapat pula kita samakan dengan sebuah tempat penyimpanan secara online yang berfungsi untuk menyimpan file-file kontent dari sebuah website ataupun beberapa website.
    Apa Yang Dimaksud Dengan Hosting
     
     
    Links : About | Excel Tutorial | Macro VBA | Download| Daftar Isi
    Copyright © 2010. iyanzone - All Rights Reserved
    Support by Teknik AutoCAD Published by Iyan Supriyadi
    Proudly powered by Blogger